Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Nota Kontan, Pengertian dan Fungsinya

Pengertian nota kontan yang perlu kamu ketahui (Foto:1234rf.com)
Pengertian nota kontan yang perlu kamu ketahui (Foto:1234rf.com)

Untuk kamu yang sedang mengelola toko, maka kamu harus tahu pengertian nota kontan. Sebab, nota kontan adalah salah satu bukti transaksi yang penting bagi kelangsungan usaha dagang. Setiap jual-beli dengan pembeli, kamu sebaiknya memberikan bukti transaksi, salah satunya nota kontan ini.   

Nota kontan atau lebih sering dikenal dengan istilah bon kontan, dikeluarkan oleh pemilik usaha atau toko kepada pelanggannya. Nota kontan digunakan oleh toko kecil hingga supermarket. Nota kontan menjadi salah satu jenis dari 4 jenis nota.

Ada empat jenis nota tersebut adalah  nota kontan, nota kredit, nota penjualan, dan nota debit. Namun, artikel ini akan lebih fokus pada pengertian nota kontan sebagai bukti pembelian yang sering digunakan dalam transaksi dagang sehari-hari. Yuk, berkenalan lebih dalam dengan apa itu nota kontan, apa fungsinya, dan bagaimana bentuknya.

Apa itu Nota Kontan?

Pengertian nota kontan
Pengertian nota kontan

Nota kontan atau bon kontan adalah bukti transaksi pembayaran yang diberikan dari penjual kepada pembeli ketika terjadi pembelian kontan atau langsung. Jadi, pembayaran secara kontan atau tunai dan langsung oleh pembeli adalah karakteristik transaksi yang perlu disertai nota kontan. 

Nota kontan biasanya dibuat dengan kertas dan secara manual. Tetapi, belakangan, nota kontan juga dibuat dengan komputer dan diprint atau cetak agar lebih mudah dibuat dan dibaca. Saat ini nota kontan juga dibuat dengan digital untuk menghindari kerusakan. Nota kontan biasanya dibuat dua rangkap. Rangkap pertama untuk pembeli, sedangkan rangkap kedua untuk penjual. 

Bagi pembeli, adanya nota kontan akan memberikan kenyamanan. Nota kontan dapat menjadi bukti yang sah bahwa telah terjadi pembayaran dan menjadi dokumen legal jika terjadi masalah di masa mendatang. Ambil contoh, ketika pembeli harus melakukan retur atau mengembalikan produk karena kerusakan di masa garansi, nota kontan menjadi bukti bahwa sebelumnya produk tersebut benar dibeli di toko tersebut.  Dengan kenyamanan, kemungkinan besar pembeli akan datang kembali ke toko 

Bagi penjual, nota kontan diperlukan untuk pengecekan ulang di gudang. Ini karena dalam nota kontan, terdapat penjelasan mengenai produk yang terjual, jumlah barang, harga per satuan, serta total harga keseluruhan.

Di dalam nota kontan biasanya sekaligus tertera jenis barang yang dibeli, jumlah barang, harga per satuan dan total harga. Nota kontan juga menunjukkan, barang-barang yang dibeli ini sudah lunas dibayar, dan ditandatangani oleh pemilik toko. 

Ini yang membedakan nota kontan dengan kuitansi. Kuitansi juga merupakan salah satu bukti pembayaran. Tetapi jika kamu memperhatikan kuitansi sederhana, umumnya hanya tertera keterangan sejumlah uang yang sudah dibayarkan. Kuitansi tidak menyertakan keterangan jenis barang yang dibeli, jumlah barang yang dibeli, harga per satuan, maupun total harga. 

Fungsi Nota Kontan

Fungsi nota kontan
Fungsi nota kontan

Nota kontan memiliki peran dan penting bagi transaksi jual beli antara pemilik usaha dan pembeli. Berikut sejumlah fungsinya bagi transaksi perdagangan. 

• Sebagai alat bukti yang sah telah ada pembayaran dalam transaksi

• Sebagai dokumen untuk pengecekan penjualan bagi penjual 

• Menyimpan informasi penting penjualan karena adanya keterangan jenis barang yang terjual, jumlah barang, harga per satuan, serta total harga yang harus dibayar

Hal-hal yang Harus Ada dalam Nota Kontan

Untuk menjadi bukti yang sah terjadi jual beli dan pembayaran, nota kontan harus menyertakan keterangan lengkap. Tetapi, semua keterangan ini dijelaskan secara singkat dan jelas. Beberapa hal yang harus tertera dalam nota kontan yaitu:

• Nama toko atau pemilik usaha, beserta alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi

• Nomor nota

• Tanggal transaksi

• Jenis barang yang dibeli

• Jumlah barang yang dibeli

• Harga barang per satuan

• Total harga barang (kurangkan jika ada diskon dan tambahkan jika ada pajak)

• Tanda tangan penjual yang menerima uang

• Stempel toko lunas jika diperlukan

Cara Membuat Nota Kontan yang Mudah

Nota kontan dapat dibuat di atas kertas. Kamu akan mudah menemukan buku nota umum di berbagai toko alat tulis. Kamu hanya perlu menuliskan jenis barang, jumlah barang, dan menghitung total harga, serta membubuhi tanda tangan di atas kertas. Kamu juga bisa membuat nota kontan sendiri dengan cara memesan buku nota yang disertai identitas toko. 

Cara lain membuat nota kontan dengan Microsoft excel. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. 

1. Buatlah judul nota kontan dengan huruf besar agar terlihat jelas dan tidak mudah terselip dengan dokumen penjualan lainnya.

2. Di bawah judul besar, masukkan nama toko secara lengkap dan singkat di sebelah kanan atas. Ini diperlukan jika pembeli harus datang kembali ke toko.

3. Masukkan tanggal transaksi dan nomor nota di sebelah kiri atas atau sejajar dengan nama toko.

4. Membuat beberapa kolom sejajar:

- Kolom 1: jumlah barang

- Kolom 2: jenis barang

- Kolom 3: harga barang

- Kolom 4: jumlah harga barang per jenis

5. Di bawah kolom 4, jumlahkan semua harga total barang. 

6. Masukkan diskon sebagai pengurang, jika ada

7. Tanda tangan penerima uang

Contoh Nota Kontan

Demikian pengertian dan cara membuat nota kontan. Nota kontan sangat penting bagi transaksi bisnis dan jual beli baik untuk penjual maupun pembeli. Nota kontan bagi pembeli memberi kenyamanan karena sebagai bukti pembayaran. Bagi penjual, membantu pengecekan ulang barang di gudang dan kebutuhan pencatatan penjualan di buku kas. Jangan lupa menyimpan nota kontan dengan baik.

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store