Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel dan Cara Mudah Membuatnya 

Contoh laporan keuangan sederhana excel yang bisa mudah ditiru (Foto:123rf.com)
Contoh laporan keuangan sederhana excel yang bisa mudah ditiru (Foto:123rf.com)

Jika kamu sedang menjalankan usaha, membuat laporan keuangan adalah hal penting. Meskipun dibuat dengan sederhana, laporan keuangan dapat menunjukkan kondisi keuangan perusahaan. Untuk mempermudah kamu, ikuti contoh laporan keuangan sederhana excel berikut ini.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari laporan keuangan. Dengan laporan keuangan, kamu bisa melihat apakah perusahaan mencatatkan untung atau rugi. Atau bagaimana kondisi arus kas perusahaan, yang menjaga kamu tetap bisa membayar kewajiban utang kepada pemasok atau bank.

Laporan keuangan merupakan dokumen yang penting bagi perusahaan. Berbekal laporan keuangan, kamu juga bisa membuat prediksi mengenai usaha kamu ke depan dan mengambil langkah-langkah yang lebih tepat untuk pengembangan usaha.

Alasan Menggunakan Laporan Keuangan dengan Excel

Sebagai pemilik usaha, kamu mungkin sedang menjalankan semua tugas perusahaan sendirian, mulai dari pemilihan bahan baku, pembuatan produk, pemasaran, pengemasan, sampai penjualan. Akhirnya, membuat laporan keuangan selalu terlewat. Padahal, membuat laporan keuangan adalah hal penting yang juga harus kamu prioritaskan.

Untuk kondisi ini, kamu cukup membuat laporan keuangan sederhana. Kamu bisa membuatnya sendiri dan tanpa bantuan akuntan profesional yang akan menyedot lebih banyak biaya perusahaan.

Agar lebih mudah, kamu bisa membuatnya dengan bantuan komputer, yaitu dengan Microsoft Excel. Jangan takut gaptek, karena pembukuan keuangan dengan Excel bisa dilakukan dengan sederhana, tetapi memadai untuk melihat kondisi keuangan riil perusahaan.

Keunggulan Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

Keunggulan laporan keuangan excel
Keunggulan membuat laporan keuangan dengan excel 

Banyak orang enggan membuat laporan keuangan karena khawatir dengan ribetnya proses pembuatan. Padahal, kamu bisa terbantu jika membuat laporan keuangan sederhana dengan Excel. Excel memiliki banyak fitur bantuan untuk memudahkan kamu membuat laporan keuangan.

Berbagai keunggulan Excel antara lain:

1. Sebagai perangkat lunak pengolah angka. Secara rinci, fungsi Excel juga meliputi mengedit, menghitung, mengurutkan, menganalisa, serta meringkas data angka

2. Memiliki fitur aritmatika sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah logika dan matematika. Misalnya mencari rata-rata, median, penjumlahan, dan sebagainya

3. Dapat melakukan penyortiran berdasarkan abjad atau nilai terendah atau nilai tertinggi

4. Membuat tampilan tabel, grafik, atau diagram berdasarkan data yang ada.

5. Dapat menampung data yang sangat banyak, 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam satu lembar kerja

6. Memiliki fitur yang lebih canggih seperti pivot table yang dapat menampung sumber data asal

7. Menghemat waktu pembuatan laporan keuangan

8. Mengurangi kecenderungan kesalahan hitung karena dapat dilakukan otomatis

9. Memiliki fitur templat untuk mempermudah pembuatan lembar kerja laporan keuangan

Jenis Laporan Keuangan yang Dapat Dibuat di Excel

Dengan bantuan Microsoft Excel, kamu bisa membuat berbagai jenis laporan keuangan sederhana. Antara lain:

1. Laporan arus kas. 

Laporan keuangan arus kas menggambarkan aliran uang masuk atau keluar di perusahaan. Laporan ini memperlihatkan kondisi penjualan, operasional, dan kesehatan perputaran uang. Arus kas harus dipertahankan tetap positif untuk menjaga kelangsungan usaha.

Laporan keuangan arus kas sebaiknya dibuat terpisah antara kas masuk dan kas keluar. Setelah periode berakhir yaitu di akhir bulan, kamu bisa menggabungkannya di buku kas utama. Berikut contoh buku kas utama

2. Laporan laba rugi. 

Dari laporan keuangan ini, kamu bisa mengetahui apakah perusahaan kamu sedang untung atau rugi. Laporan keuangan laba rugi akan memperlihatkan keuntungan yang kamu dapatkan. Biasanya, laporan keuangan ini yang akan membantu membuat keputusan mengenai langkah pengembangan usaha ke depan. Jika kamu mengalami rugi, maka kamu bisa menyiapkan strategi mendorong angka penjualan lebih tinggi atau menghemat pengeluaran (efisiensi).

3. Laporan Neraca

Neraca memperlihatkan kondisi aset perusahaan atau mencari jumlah aset (aktiva). Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat kondisi aset sekarang.

1.  Dengan melihat aset lancar dan aset tidak lancar

Gabungan aset lancar dan aset tidak lancar akan menjadi jumlah aset keseluruhan yang kamu miliki. Secara mudahnya, aset lancar adalah aset yang mudah dicairkan ketika ada kebutuhan perusahaan. Misalnya kas dan setara kas, deposito bank, serta piutang dagang. Sedangkan Aset tidak lancar adalah aset yang cukup sulit dicairkan atau membutuhkan waktu cukup lama untuk menjualnya. Misalnya, aset tanah dan bangunan, aset uang muka, dan sebagainya.

2. Dengan melihat utang (liabilitas) dan modal (ekuitas)

Cara lainnya adalah menghitung kewajiban utang ditambah modal yang kamu setorkan sebagai jumlah aset keseluruhan. Yang masuk dalam kewajiban antara lain utang bank, utang dari pihak ketiga, utang pembayaran sewa, biaya yang masih harus dibayar, sampai uang muka pelanggan. Sedangkan yang termasuk ekuitas yaitu uang yang kamu setorkan untuk menjalankan usaha ini tetapi bukan dari utang. 

Cara Membuat dan Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel

Cara membuat laporan keuangan excel
Cara membuat laporan keuangan excel

1. Menyusun laporan keuangan secara langsung di lembar kerja

Kamu bisa menyusun laporan keuangan langsung di lembar kerja baru, menuliskan kolom-kolom, dan melakukan penghitungan dengan rumus sederhana.

2. Membuka template di Excel

Sebenarnya, Excel sudah menyediakan lembar kerja untuk laporan keuangan. Kamu tinggal mencari template yang disediakan sehingga tidak perlu repot-repot lagi memasukkan nama di kolom atau membuat rumus penghitungan karena di lembar kerja template semuanya sudah disediakan.

Tips untuk template di Excel, biasanya di kolom-kolom angka disediakan dalam mata uang dollar AS ($). Kamu bisa menggantinya dengan memilih rupiah dengan cara mengklik fitur Accounting >> Memilih Rupiah. Atau dengan klik kanan >> pilih format cell >> accounting >> rupiah.

Kamu bisa melihat lebih banyak contoh laporan keuangan yang dibuat secara langsung di lembar kerja atau dengan menggunakan template.

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas dengan Excel

 

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi dengan Excel

Contoh Laporan Keuangan Neraca dengan Excel

Contoh Laporan Keuangan Laba/Rugi dengan Excel 

Kesimpulan

Laporan keuangan merupakan dokumen penting bagi perusahaan. Membuat laporan keuangan bisa dilakukan dengan sederhana dan mudah dengan bantuan Microsoft Excel. Untuk itu kamu perlu melihat dan mempelajari contoh laporan keuangan sederhana excel yang sudah dijelaskan di atas.

Kamu tidak perlu membuat laporan keuangan yang rumit. Yang penting adalah mudah dibaca dan dipahami.  Apalagi Microsoft Excel sudah menyediakan template yang sesuai dengan standar pembuatan laporan keuangan secara umum.

Semakin kamu menjadikan pencatatan keuangan sebagai kebiasaan, kamu juga dapat makin mahir mengoperasikan Excel untuk membuat laporan keuangan lebih kompleks dan lengkap. Sukses terus ya bisnisnya!