Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Cara membuat laporan keuangan di excel yang bisa kamu tiru dengan mudah (Foto:123rf.com)
Cara membuat laporan keuangan di excel yang bisa kamu tiru dengan mudah (Foto:123rf.com)

Laporan keuangan tidak selalu harus dilakukan dengan cara yang rumit. Ada cara membuat laporan keuangan sederhana di excel dengan sederhana dan mudah dilakukan. Dengan cara membuat laporan keuangan di excel, selain tidak membutuhkan biaya khusus, kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya untuk perkembang usaha ke depan.

Tidak bisa dipungkiri setiap pebisnis pastilah membutuhkan laporan keuangan untuk menilai performa usahanya. Laporan keuangan identik dengan catatan laba rugi yang bisa menggambarkan perusahaan kamu untung atau merugi. Laporan keuangan juga bisa memberikan banyak manfaat lain. 

Manfaat Laporan Keuangan 

Laporan keuangan sama pentingnya dengan membesarkan usaha itu sendiri. Walau banyak manfaatnya, namun banyak pebisnis yang melewatkannya karena khawatir dengan susahnya membuat laporan keuangan. Apalagi untuk usaha kecil, di mana banyak pemilik ikut mengambil tugas semua bagian, pekerjaan ini menjadi salah satu tugas yang cukup sulit dilakukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya kamu bisa membuat laporan keuangan sederhana dengan aplikasi Microsoft Excel. Walau sederhana, namun laporan keuangan yang kamu buat sudah memadai untuk menggambarkan kondisi perusahaan. 

Kelebihan Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Excel

Kelebihan membuat laporan keuangan di excel
Kelebihan membuat laporan keuangan di excel 

Membuat laporan keuangan di Excel memiliki banyak kelebihan ketimbang membuat manual. Ini karena Excel adalah software pengolah angka. Kamu tidak perlu pusing membuat tabel karena bentuk tampilan Excel sudah berupa tabel. Kamu hanya perlu teliti dan mengingat beberapa rumus dan fungsi di Excel. Tapi tenang saja, rumus membuat laporan keuangan sederhana tidak banyak dan mudah diingat. 

Karena itu, membuat laporan keuangan dengan Excel tidak serumit yang kamu pikirkan. Semakin kamu menjadikan pencatatan keuangan sebagai kebiasaan, kamu juga dapat makin mahir mengoperasikan Excel untuk membuat laporan keuangan lebih kompleks dan lengkap. 

Jenis Laporan Keuangan yang Dapat Dibuat di Excel

Sebelum melangkah lebih jauh, mari menengok lebih dalam mengenai laporan keuangan. Ada beberapa jenis laporan keuangan yang bisa kamu buat dengan bantuan Excel. Antara lain:

a. Laporan laba rugi

Dari laporan keuangan ini, kamu bisa mengetahui apakah perusahaan kamu sedang untung atau rugi.

b. Laporan neraca

Di laporan neraca, kamu bisa melihat kondisi aset perusahaan. Di akhir perhitungan neraca, modal (ekuitas) dan utang (kewajiban) harus sama jumlahnya. Gabungan antara permodalan dan kewajiban ini menjadi aset perusahaan kamu. 

c. Laporan arus kas

Laporan keuangan ini menggambarkan aliran uang masuk atau keluar di perusahaan. Laporan ini memperlihatkan kondisi penjualan, operasional, dan kesehatan perputaran uang. Arus kas harus dipertahankan tetap positif untuk menjaga kelangsungan usaha. 

Keunggulan Excel dalam Membuat Laporan Keuangan

Membuat laporan keuangan dengan excel memiliki banyak keuntungan. Sebab, excel tidak hanya sebagai perangkat lunak pengolah angka, antara lain:

- Excel memiliki fitur mengedit, menghitung, mengurutkan, menganalisa, serta meringkas data angka.

- Excel juga memiliki fitur aritmatika sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah logika dan matematika. Misalnya mencari rata-rata, median, penjumlahan, dan sebagainya.

- Perangkat lunak ini juga dapat melakukan penyortiran berdasarkan abjad atau nilai terendah atau nilai tertinggi. Membuat tampilan tabel, grafik, atau diagram berdasarkan data yang ada.

- Excel juga dapat menampung data yang sangat banyak, dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam satu lembar kerja. 

- Memiliki fitur template untuk mempermudah pembuatan lembar kerja laporan keuangan. 

- Memiliki fitur yang lebih canggih seperti pivot table yang dapat menampung sumber data asal

- Bisa menghemat waktu pembuatan laporan keuangan

- Mengurangi kecenderungan kesalahan hitung karena dapat dilakukan otomatis

Rumus Sederhana dalam Excel

rumus excel
Ilustrasi rumus excel

Dalam membuat pencatatan keuangan di Excel, ada beberapa rumus umum yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat penghitungan. Beberapa rumus ini antara lain perkalian, pertambahan, dan pengurangan. 

Perkalian

Kamu bisa memulai penghitungan dengan tanda sama dengan “=” sebelum memulai rumus. Lalu, tanda perkalian bisa dilakukan dengan tanda bintang “*”. 

Angka yang kamu masukkan dalam materi perkalian adalah nomor cell dari angka yang dimaksud di Excel misalnya A6 atau B12 atau L14. Gabungkan dua cell dengan tanda “*” untuk mendapatkan hasil perkalian.

Tanda perkalian ini bisa kamu gunakan di Laporan Keuangan Arus Kas. Misalnya, saat menghitung total harga yang dibayarkan pembeli dengan mengalikan jumlah barang yang dibeli dan harga per satuan. 

Rumus total harga barang yaitu, =cell jumlah barang yang dimaksud*cell harga per satuan.

Penjumlahan

Untuk memulai penjumlahan, kamu harus memulai proses penghitungan dengan tanda “=”. Sedangkan tanda jumlah bisa menggunakan tanda “+”. Jika item yang harus dijumlahkan ada banyak dan berada di kolom yang sama, kamu bisa memasukkan rumus “=sum”. Atau, untuk lebih praktis, kamu bisa langsung mengklik lambang sum “∑” yang biasanya sudah tertera di sebelah kanan atas lembaran Excel.

Penjumlahan ini berguna untuk menghitung total nilai uang masuk dalam periode satu bulan atau total nilai pengeluaran dalam periode satu bulan. Dengan fungsi ini, kamu bisa mendapatkan secara cepat, total nilai pemasukan dan pengeluaran perusahaan. 

Pengurangan

Fungsi pengurangan juga adalah yang paling banyak digunakan dalam laporan keuangan. Proses penghitungan dimulai dengan “=”, sedangkan fungsi pengurangan dapat dilakukan dengan lambang “-“. 

Kamu bisa menggunakan fungsi pengurangan ini saat membutuhkannya. Misalnya saat menghitung sisa saldo perusahaan dengan menghitung selisih debit dengan kredit. Atau saat menghitung Laporan Keuangan Laba-Rugi dengan mengurangi pendapatan dengan beban. 

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana di Excel

Cara membuat laporan keuangan di excel
Cara membuat laporan keuangan di excel

1. Buka lembaran baru di Excel.

2. Buatlah judul lembaran baru ini.

Misalnya, “Laporan Arus Kas Masuk CV Maju Bersama”. Ini artinya, lembaran yang digunakan hanya untuk mencatatkan transaksi terkait arus kas saja. Jangan lupa cantumkan periode pencatatan. Biasanya, pencatatan dikelompokkan setiap bulan, sehingga mencatat transaksi dari tanggal 1 hingga 30/31. 

3. Cantumkan nama untuk setiap kolom.

Ambil contoh:- Kolom A3 untuk tanggal transaksi - Kolom B3 untuk Keterangan transaksi yang dilakukan- Kolom C3 untuk jumlah item yang dijual- Kolom D3 untuk harga satuan per item- Kolom E3 untuk total nilai penjualan

4. Masukkan (entri) data sesuai tanggal transaksi.

Semisal, kamu menjual 2 pasang sepatu kepada satu pembeli pada 11 Februari 2022. Maka, penulisan yang dilakukan:

- Kolom A4 ditulis 11 Februari 2022

- Kolom B4 dituliskan penjualan sepatu

- Kolom C4 dituliskan “2”, yaitu 2 pasang sepatu

- Kolom D4 dituliskan harga per sepatu, semisal Rp 90.000

- Kolom E4 untuk menghitung total harga barang yang terjual dengan perkalian antara =C4*D4. Nanti, akan muncul angka 180.000.Kamu bisa melakukan rumus yang sama untuk beberapa baris ke bawah, hanya dengan melakukan “drag” mouse (tetikus). Sehingga, kamu bisa mendapatkan total dari penghitungan dengan mudah dan cepat. 

Baca juga: 

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

5 Contoh Pembukuan Keuangan, Lengkap dengan Cara Membuatnya

6 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha

Menggunakan Templat Laporan Keuangan di Excel

Microsoft Excel menyediakan templat juga laporan keuangan. Kelebihannya, kamu tidak perlu lagi repot-repot membuat kolom. Templat ini juga sudah dilengkapi dengan rumus, sehingga kamu hanya perlu mengisi setiap cell dengan angka-angka yang sesuai. 

Misalnya, Excel sudah menyediakan templat Laporan Arus Kas dengan bentuk standar umum. Dalam templat ini, Excel sudah mencantumkan kolom untuk saldo kas, penerimaan kas, pengeluaran kas di setiap bulan. 

Untuk templat lainnya, kamu hanya perlu mencari di Excel. Jangan lupa sambungkan laptop atau komputer kamu dengan internet untuk mengeksplorasi lebih banyak templat yang bisa diunduh dari Microsoft Excel. 

Demikian cara mudah untuk membuat laporan keuangan sederhana di Microsoft Excel. Kamu bisa melihat, dengan berbagai kemudahan yang ada, membuat laporan keuangan di Excel tidak lebih rumit dengan membuat laporan keuangan secara manual. Jadi, jangan tunda-tunda membuka Excel agar laporan keuangan kamu terlihat rapi dan profesional. Selamat mencoba!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store