Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Contoh Template Katalog Produk yang Menarik dan Tidak Membosankan

Template katalog produk yang menarik (Foto:123rf.com)
Template katalog produk yang menarik (Foto:123rf.com)

Katalog produk mungkin sarana promosi yang paling disukai konsumen. Soalnya, katalog dapat menunjukkan informasi produk dengan cukup lengkap, sehingga konsumen bisa merasakan sensasi belanja tanpa langsung berada di toko.

Karena itu, katalog harus dibuat dengan baik dan membuat nyaman konsumen saat melihatnya. Untuk memudahkan pembuatannya, kamu bisa mengandalkan template katalog produk.

Kenapa harus membuat dengan template katalog produk? Ini karena membuat katalog produk membutuhkan skill yang mumpuni. Misalnya kemampuan mengoperasikan software desain dan daya kreativitas tinggi agar katalog tidak monoton.

Apalagi jika kamu ingin membuat katalog sendiri agar lebih sesuai dengan keinginanmu. Persiapan membuat katalog mulai dari mengambil foto produk hingga membuat desain katalog yang sulit akan membuat kamu pusing. Belum lagi, katalog harus diupdate secara berkala agar informasi di dalamnya ikut terbarukan.

Nah, template katalog produk membuat desain katalog yang kamu bikin sudah tersusun rapi. Simak terus artikel ini agar kamu tau template katalog produk yang bisa kamu gunakan agar lebih percaya diri saat membagikan katalog produk kepada konsumen.  

Template katalog produk yang menarik

1. Flipsnack

Kamu bosan dengan jenuhnya proses kopi-paste saat membuat katalog produk? Nah, kamu bisa membuat proses ini lebih cepat dengan template katalog produk dari Flipsnack. 

Flipsnack menyediakan berbagai template gratis yang bisa diedit. Mulai dari template katalog produk pehiasan, gorceries, elektronik, fashion, interior, buku, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu bsia menemukan template katalog produk yang menyesuaiakan momen, misalnya katalog produk untuk Cyber Monday atau Natal.  

Flipsnack memberikan template katalog sampai 8 halaman. Perlu diingat, satu halaman depan akan menjadi sampul katalog. Manfaatkan katalog ini untuk mempromosikan berbagai produkmu.

Template katalog produk untuk produk perhiasan

Template katalog produk perhiasan
Template katalog produk perhiasan

Template katalog produk untuk produk perhiasan dari Flipsnack menghadirkan warna katalog yang lembut tapi elegan. Tersedia banyak ukuran frame yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan berbagai foto produkmu. Kamu bisa download katalog produk di sini!

Template katalog produk untuk toko elektronik

Contoh katalog produk elektronik
Contoh katalog produk elektronik

Ada beberapa template katalog produk untuk toko elektronik. Ini salah satunya. Jumlah dalam katalog memang tidak terlalu banyak karena biasanya, produk elektronik membutuhkan space lebih besar untuk deskripsi produk. Kamu bisa download katalog di sini!

Template katalog produk untuk groceries

Template katalog produk groceries
Template katalog produk groceries

Jika kamu memiliki toko yang menjual barang-barang bahan makanan, kamu juga bisa menggunakan template ini. Produk kebutuhan sehari-hari biasanya sangat beragam dan mudah dikenali konsumen. Karena itu, template ini mengutamakan jumlah produk yang dapat terpampang di katalog. Kamu bisa download katalog produk di sini!

Template katalog produk untuk produk fashion

Ruang untuk produk fashion di template ini cukup banyak. Kamu bisa memasukkan produk unggulan di frame yang sangat besar dengan deskripsi lebih panjang. Kamu juga bisa memasukkan pilihan produk lainnya di frame yang lebih kecil. Kamu bisa temukan contoh katalog produk fashion di sini!

2. Canva

Siapa yang tidak kenal Canva? Aplikasi Canva digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari membuat poster, presentasi, edit foto dan masih banyak lagi. Canva juga menyediakan template katalog produk. Ada banyak template gratis. Jika kamu merupakan pelanggan Canva Pro, maka template yang disediakan lebih banyak lagi.

Cara membuat katalog adalah mendownload aplikasi Canva terlebih dahulu. Create desain dengan mencari katalog. Kamu bisa menggunakan katalog dengan gambar yang sudah disediakan atau menambah halaman baru untuk katalog. Canva memiliki lebih dari 2.300 rekomendasi katalog yang bisa kamu edit langsung di aplikasi tersebut. Kamu bisa gonta-ganti tampilan katalog secara berkala agar tidak membosankan.

Template katalog produk satu halaman

Template katalog produk satu halaman
Template katalog produk satu halaman

Template katalog produk di Canva banyak yang menyuguhkan katalog satu halaman. Jika katalog satu halaman sudah cukup untuk produk yang kamu tawarkan, kamu bisa menggunakan template ini. Apalagi, Canva memiliki ribuan template yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa menambah halaman baru dan menambahkannya dengan kreativitas kamu. Tenang saja, Canva sudah menyiapkan pilihan warna halaman agar tetap memiliki desain senada. Manfaatkan juga berbagai fitur di dalamnya untuk mengedit template, mulai dari frame foto sampai edit teks. Kamu bisa pakai template-nya di sini!

Template katalog produk dua halaman

Template katalog produk furniture dari Canva ini berisikan dari dua halaman katalog. Kamu bisa memasukkan beberapa produk andalan kamu dalam template ini. Jika kurang, kamu bisa menambahkan lagi beberapa halaman kosong untuk menambah katalogmu. Cek contoh katalog produknya di sini!

Template katalog produk enam halaman

Terkadang, di dalam katalog, tak melulu berisi gambar produk dan harga. Terkadang, kamu juga perlu menjelaskan sedikit mengenai perusahaan atau value yang kamu ingin konsumen tahu. Katalog ini menyediakan tempat untuk kamu bercerita mengenai value atau produk.

Nah, statement seperti ini bisa membuat konsumen lebih mengenali produk yang kita tawarkan. Untuk menambahkan tempat untuk menyajikan lebih banyak produk, kamu bisa memilih menambah halaman baru. Ini katalog produk yang bisa kamu tiru.

3. Id.postermywall

Jika katalog yang kamu buat sederhana, kamu bisa memilih template katalog di id.postermywall. Kamu juga bisa mengedit langsung di website. Nanti, kamu tinggal mengedit tulisan atau gambar dengan fitur elemen. Untuk mendapatkan template katalog, kamu bisa membuka website id.postermywall, lalu pilih katalog. Di sana kamu akan menemukan banyak template untuk katalog produk.

Template katalog produk untuk salon kecantikan

Template katalog produk kecantikan
Template katalog produk kecantikan

Template katalog dari postermywall hanya satu halaman. Tapi, kamu bisa mengeditnya dengan mudah. Kamu bisa menambahkan gambar lain, mengedit teks, serta menambahkan QR code di katalog kamu. Ini link template produk yang bisa kamu contoh. 

Template katalog produk groceries

Kamu pasti pernah melihat katalog produk grosir di minimarket. Postermywall menyediakan juga template seperti ini. Kamu bisa mengubah warna latar, mengganti gambar, dan mengedit tulisan di template ini. Cek template-nya di sini!

Tips membuat katalog

Meski template memudahkan pembuatan katalog, kamu masih perlu mengingat beberapa hal dalam menyusun katalog. Ada beberapa unsur yang harus kamu perhatikan dalam membuat katalog.

- Jangan lupakan membuat kategori produk dalam katalog. Kamu bisa membuatnya berdasarkan alfabet atau menempatkan gambar secara berdekatan dari kategori yang sama. Penyusunan dalam kategori akan memudahkan kamu dan konsumen mencari suatu produk di katalog tersebut.

- Sejumlah gambar membutuhkan deskripsi keunggulan produk. Tuliskan deskripsi secara ringkas dan jelas.

- Kamu mungkin mau memasukkan banyak informasi untuk produk tersebut. Tetapi, pilihlah beberapa informasi yang penting untuk dimasukkan. Beberapa informasi yang bisa kamu masukkan antara lain dimensi, ukuran, pilihan warna, berat, dan bahan baku pembuatnya.

- Harga dan diskon. Harga dan diskon adalah salah satu deskripsi yang paling dicari oleh konsumen. Jika kamu memberikan diskon, kamu bisa tetap menyertakan harga awalnya untuk menambah daya tarik bagi konsumen.

- Sertakan informasi lengkap mengenai kontak perusahaan. Bagaimana konsumen bisa mengontak kembali toko atau perusahaan adalah hal yang penting. Jangan lewatkan memasukkan informasi nomor yang dapat dihubungi, nomor whatsapp, alamat email, website, dan media sosial.

Kesimpulan

Demikian berbagai contoh template katalog produk yang bisa kamu gunakan. Jika memiliki bujet lebih, kamu juga bisa memilih layanan premium dari aplikasi.

Jika kamu ingin lebih mudah mencari template katalog produk, kamu bisa mencarinya dari aplikasi Buku Mitra dari Bukalapak. Cara membuatnya tidak sulit karena hanya memasukkan informasi produk dan foto. Pembuatannya pun dan gratis. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi Buku Mitra.

Selain membuat katalog produk, kamu juga bisa mencatat media promosi lainnya seperti katalog, kartu nama bisnis, serta mencatatkan transaksi bisnis harian. Selamat mencoba!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store