Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Cara Menentukan Sasaran Promosi yang Efektif

Cara menentukan sasaran promosi yang efektif (Foto:123rf.com)
Cara menentukan sasaran promosi yang efektif (Foto:123rf.com)

Untuk meningkatkan penjualan, pemilik usaha dapat melakukan promosi. Namun, promosi tidak bisa dilakukan seadanya dan harus dilakukan dengan benar. Salah satunya adalah dengan menentukan sasaran promosi yang sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Menentukan sasaran promosi adalah hal penting yang perlu dipikirkan masak-masak oleh pemilik usaha. Jika kamu sudah mengeluarkan sejumlah biaya untuk melakukan promosi, pastilah ingin promosi tersebut menghasilkan penjualan.

Karena itu, sasaran promosi harus ditentukan di awal. Ini karena sasaran promosi juga akan mempengaruhi isi atau konten promosi atau media untuk meluncurkannya. Ini juga akan mempengaruhi besaran biaya yang akan kamu keluarkan untuk proses promosi.

Saat ini, media promosi beragam dan disertai persaingan yang berat. Karena itu, promosi harus dilakukan secara efektif. Menentukan sasaran promosi dapat membantu kamu menjalankan promosi yang efektif, baik efektif membidik pembeli maupun dalam pengeluaran biaya.  

Untuk melakukan promosi dengan baik, pastikan kamu mengetahui dulu mengenai seluk beluk mengenai promosi, lalu menentukan sasaran promosi.

Apa itu promosi dan sasaran promosi?

Promosi adalah upaya dari pemilik produk atau jasa untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas dengan tujuan menarik para calon konsumen untuk membelinya. Jadi, promosi tak selalu langsung bertujuan menjadi pembelian, tetapi juga mengenalkan produk lebih dulu kepada masyarakat.

Sedangkan sasaran promosi adalah kelompok masyarakat atau audiens yang menjadi target promosi yang diharapkan tergerak melakukan pembelian setelah mengenal atau ditawarkan suatu produk. Ini alasannya, menentukan sasaran promosi adalah penting karena kamu harus membidik calon pembeli yang sesuai dengan produk yang ditawarkan.  

Kelompok masyarakat yang bisa menjadi sasaran promosi antara lain:

- Masyarakat konsumen barang atau jasa yang diharapkan membeli atau menggunakan produk tersebut

- Konsumen yang masih menggunakan produk tersebut

- Para distributor atau agen yang menjual barang dan jasa

- Para pedagang kecil yang langsung berhubungan dengan konsumen

Kenapa sasaran promosi itu penting?

Pentingnya menentukan sasaran promosi
Pentingnya menentukan sasaran promosi

Promosi yang baik adalah yang tepat sasaran. Tanpa sasaran yang jelas, promosi tidak bisa sampai kepada tujuannya. Kamu mungkin berpikir, tujuan dari promosi adalah mengundang pembeli. Tetapi, tujuan promosi lebih luas lagi. Sejumlah tujuan promosi yaitu:

1. Memberikan informasi produk

Promosi berisi tentang informasi lengkap dari suatu produk, mulai dari kegunaan, fungsi, fitur, dan keunggulan dibanding kompetitor. Tujuan ini bisa kamu capai jika berhasil mencapai sasaran promosi, misalnya kepada masyarakat yang mencari produk dengan fungsi tertentu, tetapi belum mengenal produkmu.

2 Menjangkau konsumen

Promosi dapat membantu mengenalkan produk sehingga mencapai konsumen yang disasar. Apalagi, dengan digital marketing seperti saat ini, promosi bisa dilakukan secara lebih luas lagi.

3. Membangun kesadaran akan merek (brand awareness)

Promosi membantu produk kamu dikenal oleh masyarakat. Dengan isi konten promosi yang menarik, brand kamu bisa jadi pilihan konsumen karena mudah diingat atau memberi kesan. Tujuan ini bisa kamu dapatkan jika promosi yang kamu lakukan tepat sasaran.  

4. Mengedukasi konsumen

Bukan hanya mengenalkan produk dan brand, promosi juga menjadi cara mengedukasi konsumen seputar produk kamu. Lewat promosi, kamu berkesempatan mengenalkan manfaat dan kegunaan produk kamu, sehingga mendorong kebutuhan konsumen.  

4. Mendatangkan pembeli

Salah satu manfaat promosi yang tepat sasaran adalah mendatangkan pembeli. Promosi dilakukan dengan cara mempengaruhi konsumen sehingga mendorong pembelian.

5. Menjaga loyalitas konsumen

Dengan promosi berkelanjutan, kamu juga bisa sekaligus menjaga loyalitas konsumen. Dengan persaingan yang tinggi, konsumen saat ini perlu diingatkan akan adanya suatu produk agar menjadi petimbangan saat melakukan pembelian.

Cara menentukan sasaran promosi yang efektif

Cara menentukan sasaran promosi yang efektif
Cara menentukan sasaran promosi yang efektif

Ada banyak cara menentukan sasaran promosi. Kamu bisa menggunakan sejumlah strategi untuk mempermudah menemukan sasaran promosi.

1. Dengan melihat faktor demografi

Kamu bisa menentukan sasaran promosi dengan melihat demografi calon konsumen. Demografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai kependudukan. Aspek dalam demografi antara lain, usia, jenis kelamin, status keluarga, hingga jumlah anak.

Demografi dapat membantu kamu menentukan sasaran promosi. Misalnya, ketika kamu menjual peralatan hobi memancing, kamu bisa membidik calon konsumen pria dan berusia 30 tahun ke atas. Jika kamu berniat memasarkan T-shirt dengan kata-kata kekinian, kamu bisa membidik calon konsumen pria maupun wanita dengan usia remaja hingga awal 30-an.

2. Menentukan geografi

Sasaran promosi dengan mempertimbangkan geografi juga menjadi hal penting dilakukan. Segmen geografi artinya kamu menggunakan kawasan atau wilayah untuk menentukan sasaran promosi. Sasaran promosi berdasarkan geografi ini akan mempengaruhi media promosi kamu.

Misalnya, jika kamu menjual alat pertanian, kamu bisa membidik daerah dengan potensi pertanian. Sasaran produk kamu mungkin adalah pemilik lahan maupun pekerjanya. Namun, untuk menyasar para petani, kemungkinan kamu harus menggunakan media promosi secara bertemu langsung daripada memasarkannya lewat media elektronik karena membutuhkan demonstrasi produk secara langsung.

3. Berdasarkan psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai pengalaman pada manusia, baik itu panca indra, pikiran, perilaku, maupun perasaan. Menentukan sasaran promosi dengan mempertimbangkan psikologis menjadi hal yang berkembang dalam promosi modern. Kamu bisa melihat, sejumlah iklan yang tidak menunjukkan produknya secara langsung, tetapi melancarkan konten yang menyentuh. Perasaan menyentuh ini turut membangun kebutuhan masyarakat akan produk tertentu.  

Kamu bisa meluncurkan promosi mengenai asuransi jiwa kepada pria yang membangun keluarga muda. Iklan dari asuransi jiwa yang menyentuh dapat membangun kesadaran pria berkeluarga untuk memiliki produk asuransi jiwa agar dapat menjaga kesehatan keuangan keluarganya dalam jangka panjang.

Bagaimana memperkuat efektivitas mencapai sasaran promosi?

Setelah kamu menemukan tujuan sasaran dari promosi, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya untuk memperkuat pemasaran yang kamu lancarkan. Berikut cara memperkuat langkah pemasaran yang kamu lakukan:

1. Menentukan media promosi

Menentukan media promosi dapat membantu kamu menjangkau sasaran promosi dengan efektif. Media promosi bisa dilakukan lewat offline maupun media digital.

Media promosi offline antara lain:

- event bisnis
- seminar
- menyebar kartu nama
- menyebar brosur, flyer, atau katalog
- menyebar sampling
- membuat spanduk, baliho, dan banner

Media promos online antara lain:

- media sosial
- marketplace atau e-commerce
- Google ads
- mengirimkan email promosi
- forum online

Misalnya, ketika kamu memasarkan produk T-shirt kekinian, sebaiknya kamu tidak menggunakan media promosi televisi. Selain berbiaya besar, promosi kamu bisa tidak tepat sasaran. Belakangan, para pengguna T-shirt dengan corak kekinian adalah remaja yang lebih sedikit meluangkan waktu menonton televisi. Jadi, jika kamu membidik calon konsumen anak muda, kamu bisa menggunakan media sosial untuk media promosi.

2. Menentukan besarnya insentif dan syarat partisipasi

Promosi akan lebih menarik ketika kamu menyertakan besaran insentif. Tentu dengan syarat dan ketentuannya. Pastikan kamu jujur dalam memberikan promosi agar tidak kehilangan kepercayaan dari konsumen.

3. Menentukan waktu promosi yang tepat

Agar promosi tepat sasaran, maka kamu perlu menentukan waktu promosi. Penentuan waktu ini adalah asumsi audiens lebih banyak menggunakan media informasi tertentu di hari atau jam tertentu. Menurut Sprout Social, waktu terbaik memposting di Facebook adalah Selasa, Rabu, dan Jumat pada pukul 9 pagi hingga jam 1 siang. Sedangkan hari terburuk adalah Sabtu.

Jadi, jika kamu berniat memposting penawaran baru di Facebook, upayakan melakukannya di Selasa, Rabu, atau Jumat mulai dari pagi hari. Saat audiens lebih tinggi, kamu bisa lebih banyak menggaet calon konsumen. Sebisa mungkin hindari memposting penawaran baru di hari Sabtu karena umumnya konsumen sudah punya keputusan pembelian di hari Sabtu dan lebih sedikit menggunakan media sosial.

Kesimpulan

Menentukan sasaran promosi adalah hal pertama yang harus kamu siapkan dalam pemasaran. Kamu harus menentukan target pasar kamu dengan masak-masak agar promosi yang kamu lakukan bisa berjalan efektif dan membuahkan hasil berupa peningkatan penjualan.

Kamu bisa menentukan sasaran promosi kamu dengan mempertimbangkan faktor demografi, geografi, atau psikologi. Jika kamu ingin melancarkan promosi dan mendapat perhatian lebih banyak audiens, kamu perlu melanjutkannya dengan menentukan media promosi yang benar dan mencari  waktu-waktu terbaik untuk promosi. Selamat mencoba!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store