Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Pengertian Promosi, Jenis, dan Medianya

Pengertian promosi, tujuan, dan contohnya (Foto:123rf.com)
Pengertian promosi, tujuan, dan contohnya (Foto:123rf.com)

Kalau mendengar istilah promosi, kamu mungkin memikirkan tentang kenaikan jabatan seseorang di perusahaan. Namun, dalam perdagangan, pengertian promosi berbeda sama sekali. Promosi dalam perdagangan identik dengan pemasaran (marketing).

Promosi dalam garis besarnya merupakan bagian dari pemasaran. Tapi dalam pemasaran, ada komponen lain selain promosi (promotion), yaitu produk (product), tempat (place), juga harga (price).

Promosi penjualan ini ditujukan untuk mendorong penjualan baik oleh penjual individu maupun perusahaan. Tapi, sebelum mencari tahu bagaimana promosi bisa melakukan peningkatan penjualan, kamu perlu tahu dulu berbagai pengertian promosi. Dengan begitu, kamu juga bisa mengenali promosi seperti apa yang cocok kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan dari usahamu.

Pengertian promosi dari asal katanya

Pengertian promosi dari para ahli
Pengertian promosi dari para ahli

Promosi berasal dari kata berbahasa Latin, promovere yang artinya untuk bergerak maju atau untuk berkontribusi kepada pertumbuhan.

Dalam Bahasa Inggris, promosi artinya promote, yaitu mengembangkan atau meningkatkan. Jika diartikan dalam istilah dagang, maka promosi ini bertujuan untuk mengembangkan usaha atau meningkatkan omset dagang.

Promosi didefinisikan sebagai alat pemasaran yang digunakan oleh penjual untuk berinteraksi dengan konsumennya. Alat ini secara kolektif dikenal dengan istilah bauran promosi (promotional mix) yang meliputi penjualan secara personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan publikasi. 

Tujuan promosi, selain meningkatkan penjualan, juga berguna menjaga kesetiaan konsumen kepada produk tersebut. Berbagai tujuannya antara lain:

  • Memperkenalkan produk
  • Menyebarkan informasi produk kepada pasar potensial
  • Membedakan produk dengan pesaing
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Menjaga kesetiaan pelanggan lama dengan cara mengingatkan
  • Membentuk citra di mata konsumen
  • Mengubah tingkah laku konsumen menjadi ingin membeli atau mempertimbangkan pembelian
  • Meningkatkan penjualan
  • Mendorong perbaikan produk dan diversifikasi produk lain

Pengertian promosi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, promosi adalah perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya), atau reklame. Contoh dari kalimat promosi seperti: Promosi pariwisata hendaknya dilakukan secara intensif dan terus menerus. Ini artinya, perkenalan atau reklame mengenai pariwisata hendaknya dilakukan secara intensif dan terus menerus.

KBBI juga mencatat arti promosi dagang, yaitu kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yang bersifat persuasif. Sedangkan promosi domestik, yaitu promosi untuk meningkatkan arus wisatawan dalam negeri.

Dengan begitu, pengertian kata mempromosikan adalah mempropagandakan atau memperkenalkan (suatu usaha dan sebagainya), dalam rangka menunjang. Sementara promosi produksi barang yang dihasilkan di dalam negeri perlu didirikan pusat-pusat pameran dagang.

Pengertian promosi menurut para ahli

Pengertian promosi dati para ahli
Pengertian promosi dati para ahli

1. Pengertian promosi menurut Sadono Sukirno

Promosi merupakan aktivitas pengenalan produk agar konsumen menyukai dan kemudian membelinya.

2. Pengertian promosi menurut Indriyo Gitosudarmo

Promosi adalah merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka, dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

3. Pengertian promosi menurut Widyaningtyas Sistaningrum

Promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau di masa mendatang.

4. Pengertian promosi menurut Fandy Tjiptono

Promosi merupakan elemen bauran pemasaran yang berfokus pada upaya menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan kembali konsumen akan merek dan produk perusahaan. Tujuan dari promosi yaitu menginformasikan (informing), mempengaruhi dan membujuk (persuading), serta mengingatkan (reminding) pelanggan mengenai perusahaan dan bauran pemasarannya.

5. Pengertian promosi menurut Agus Hermawan

Promosi merupakan komponen prioritas dari kegiatan pemasaran yang bertujuan memberikan informasi kepada konsumen dan membujuk konsumen untuk melakukan pembelian.

6. Pengertian promosi menurut Rambat Lupiyoadi

Promosi merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran. Kegiatan promosi bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, tetapi juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian suatu produk.

7. Pengertian promosi menurut Michael Ray

Promosi adalah koordinasi dari seluruh upaya yang dimulai dari pihak penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau memperkenalkan suatu gagasan.

8. Pengertian promosi menurut Kotler, Philip, dan Amstrong

Promosi adalah aktivitas yang berfungsi untuk meyakinkan pelanggan dengan memperlihatkan produk atau jasa tertentu, sehingga dapat membujuk pelanggan untuk membelinya.

9. Pengertian promosi menurut Boone dan Kurtz

Promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

10. Pengertian promosi menurut Bilson Simamora, Marketing and Research Center

Promosi adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), dan mengingatkan (to remind) pasar sasaran tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.

Pengertian promosi secara umum

Dari penjelasan di atas, kamu bisa melihat ada beberapa poin penting dalam promosi

  • Promosi dilakukan oleh pihak penjual atau perusahaan yang memproduksi suatu barang atau jasa
  • Promosi merupakan bagian dari pemasaran.
  • Adanya perkenalan suatu produk atau jasa.
  • Adanya target konsumen, baik konsumen aktual maupun potensial.
  • Adanya komunikasi kepada konsumen
  • Tujuan promosi yaitu memperkenalkan, mempengaruhi, dan membujuk konsumen
  • Tujuan komunikasi promosi adalah agar konsumen mau membeli produk atau jasa yang sudah ditawarkan.

Jadi, bisa dibilang, promosi adalah bagian dari pemasaran yang dilakukan oleh pihak penjual untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada konsumen yang ada maupun potensial dengan tujuan memperkenalkan, mempengaruhi, dan membujuk konsumen agar mau membeli produk dan jasa yang ditawarkan.

Bauran Promosi

Promosi memang identik dengan dana yang disediakan. Banyak orang yang bilang, semakin besar dananya, semakin baik pula promosinya. Namun, promosi bukan sekadar mengenai dana yang besar. Di zaman digital ini, bauran promosi juga bisa berbiaya lebih murah sehingga bisa dilakukan oleh usaha rumah tangga atau usaha kecil.

Bauran promosi atau promotional mix adalah berbagai alat promosi yang dikendalikan oleh perusahaan atau pihak penjual untuk mencapai sasaran yaitu konsumen. Banyak yang digunakan sebagai bauran promosi. Namun, bauran ini biasanya dikelompokkan menjadi lima cara:

1. Periklanan (advertising). Iklan merupakan komunikasi non-personal mengenai suatu produk, jasa, atau ide. Iklan ini identic dengan pemaparan atau presentasi produk kepada publik yang disertai dengan dramatisasi pesan.

2. Promosi penjualan (sales promotion). Promosi penjualan adalah cara agar konsumen bisa memiliki pengalaman dengan produk atau jasa tersebut, misalnya dengan menggunakan alat peraga, lewat pameran, atau dengan tawaran diskon.

3. Penjualan secara personal (personal selling). Penjualan personal ini melibatkan pertemuan tatap muka antara penjual dengan pembeli, agar konsumen tertarik membeli produk tersebut. Berbeda dengan iklan, penjualan secara personal ini bersifat interaktif dengan konsumen. Dengan begitu, pemasar atau pihak marketing segera mengetahui apa kebutuhan konsumen dan bagaimana menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan produk atau jasa yang dimilikinya.

4. Pemasaran langsung (direct marketing). Pemasaran langsung melibatkan komunikasi langsung dengan konsumen untuk memperoleh respons konsumen secara langsung. Salah satunya dengan cara menelpon konsumen untuk memperkenalkan produk dan membujuknya untuk membeli.

5. Publikasi, melalui public relation atau humas. Bagian publikasi bertujuan menjaga citra perusahaan dan menjaga relasi dengan masyarakat. Bagian humas atau public relation yang baik dapat meningkatkan kredibilitas penjual atau perusahaan, sehingga konsumen menjadi lebih percaya akan produk-produk atau jasa yang ditawarkan dibanding penjual lain.

Media promosi

Saat ini, media promosi semakin berkembang. Dulu, promosi hanya bisa dilakukan lewat iklan di televisi atau radio yang membutuhkan biaya besar. Tetapi di zaman digital, promosi bisa dilakukan dengan media digital, sehingga biaya promosi menjadi lebih murah dan luas. Berbagai media promosi saat ini antara lain:  

  • Melalui iklan
  • Melalui email
  • Melalui pembicaraan seperti menelpon konsumen atau melakukan tatap muka
  • Melalui pesan singkat (SMS)
  • Melalui media sosial

Kesimpulan

Promosi merupakan bagian penting dalam pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Promosi bisa diartikan sebagai kegiatan menginformasikan produk kepada konsumen dengan maksud memperkenalkan atau mengingatkan kembali produk tersebut. Dengan menjabarkan mengenai keunggulan atau dilengkapi dengan alat peraga, diharapkan konsumen mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Jangan khawatir promosi memakan bujet besar. Di masa kini, promosi bisa dilakukan dengan cara yang lebih beragam, seperti dengan teknologi digital, sehingga biaya promosi lebih terjangkau. Kamu juga bisa melengkapi kesiapan promosi dengan berbagai alatnya seperti mempersiapkan kartu nama bisnis, membuat poster yang menarik untuk promosi di media sosial, atau memilih banner untuk usahamu. Sukses ya, promosinya!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store