Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Pengertian Poster Digital, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian poster digital (Foto:123rf.com)
Pengertian poster digital (Foto:123rf.com)

Media digital menjadi jalan pemasaran yang praktis, murah, dan efisien saat ini. Apalagi jika kamu seorang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pembuatan poster digital bisa menjadi pilihan kamu yang mempunyai budget pemasaran terbatas. Apa itu poster digital? 

Keuntungan poster digital

Media pemasaran yang baik dapat membantu meningkatkan penjualan. Ada sejumlah media pemasaran. Antara lain baliho (billboard), poster, video, dan spanduk. Dari berbagai media ini, poster menjadi cara pemasaran yang mudah dan tidak memakan banyak biaya. Berbeda dengan poster konvensional yang harus dicetak, poster digital disebarkan dengan media digital juga sehingga tidak memerlukan biaya cetak.

Penggunaan poster digital sebagai pemasaran membawa manfaat lebih besar lagi di masa kini. Sebab, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat, 89% penduduk Indonesia sudah menggunakan ponsel pintar atau smartphone. Ini artinya, sebanyak 167.000 juta penduduk Indonesia bisa mengakses media digital, baik itu berupa foto digital, poster digital, dan video.

Artinya juga ada pasar yang besar jika kamu bisa membagikan poster digital kamu kepada orang-orang yang sudah memiliki smartphone, komputer, dan perangkat digital lain. Apalagi saat ini makin banyak orang berbelanja online lewat media sosial dan e-commerce. Nah, poster digital ini bisa kamu bagikan di media sosial atau website sendiri.

Baca juga: Contoh Media Promosi Online untuk Bantu Bisnis Berkembang

Pengertian poster digital

Menurut Desain Grafis Indonesia (DGI), poster adalah karya desain grafis berisi gambar dan huruf yang diaplikasikan di media cetak dengan fungsi memberikan informasi. Tujuannya adalah menarik perhatian terhadap informasi yang dicantumkan dalam poster tersebut.

Sedangkan poster digital adalah karya desain grafis berisi gambar dan huruf yang dibuat dengan komputer, atau dibuat dengan manual lalu dipindai (scan) atau difoto agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah mempercepat, mempermudah dan mengurangi biaya pencetakan.  Jika poster cetak mempertimbangkan mengenai ukuran, sedangkan poster digital mempertimbangkan ukuran dan resolusi gambar.

Kelebihan lainnya, poster digital ini bisa disimpan dan dibagikan hasilnya lewat media sosial, whatsapp, dan perangkat teknologi lainnya.

Unsur poster digital

-          Mengandung gambar

-          Mengandung tulisan

-          Memiliki pilihan warna mencolok

-          Memiliki pesan

-          Bersifat mengajak

-          Berwujud digital

-          Dapat disimpan dan dibagi hasilnya lewat media sosial, whatsapp, aplikasi lain, dan perangkat teknologi lainnya.

Secara mudahnya, ada dua poin yang mempengaruhi poster digital, yaitu menarik perhatian dan memiliki kekuatan visual dalam penyajiannya.

Sebagian orang memerlukan warna yang kuat dan menarik untuk menarik perhatian. Sedangkan yang lainnya lebih cenderung membuat poster dengan warna simple tetapi memiliki pesan menarik. Tidak ada yang salah dalam memilih tampilan poster. Hanya saja, pembuatan poster perlu dipikirkan juga masak-masak agar dapat mengenai target konsumen.

Jenis poster digital berdasarkan isinya

Jenis poster digital berdasarkan isinya
Jenis poster digital berdasarkan isinya

 

1. Poster niaga

Poster niaga dibuat terkait kegiatan niaga atau perdagangan. Poster jenis ini bisa digunakan untuk mempromosikan produk, menawarkan barang atau jasa, sampai mengumumkan promo.

2. Poster kegiatan

Poster ini memberikan informasi akan adanya kegiatan yang akan digelar. Di dalam poster, cantumkan hari, tanggal, waktu, lokasi acara, syarat dan ketentuan mengikuti acara. Dalam poster ini juga dapat dicantumkan, tema, penampil atau pembicara, dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

3. Poster pendidikan

Poster ini berisi informasi terkait pengetahuan atau bertujuan memotivasi pembaca.

4. Poster Layanan Masyarakat

Poster ini bertujuan memberikan informasi terkait pelayanan masyarakat. Karena menjangkau masyarakat luas, poster ini sebaiknya dibuat dengan isi yang mudah dipahami.

5. Poster karya seni

Poster ini biasanya merupakan ekspresi karya seni dari pembuat poster. Pesan dari poster ini beragam sesuai dengan tujuan pembuat poster dan bisa mendapat pemahaman berbeda dari pembacanya.

Baca juga: Jenis-Jenis Media Promosi untuk Bantu Tingkatkan Penjualan

Jenis poster digital berdasarkan tujuannya

1. Poster komersil

Sama seperti poster niaga, poster ini bertujuan memasarkan produk atau jasa tertentu dan digunakan untuk kepentingan komersil.

2. Poster afirmasi

Poster ini berfungsi untuk mengajak dan memberikan motivasi pembacanya. Poster ini biasanya berisikan tulisan atau kutipan yang menginspirasi

3. Poster propaganda

Hampir mirip seperti poster afirmasi, poster propaganda bertujuan mengobarkan semangat pembacanya. Poster propaganda umumnya menggunakan lebih banyak ruang untuk gambar dengan warna keseluruhan mencolok

4. Poster kampanye

Poster ini bertujuan mencari simpati dari publik. Biasanya, poster ini memuat foto seseorang atau logo tertentu dari kelompok masyarakat tertentu. Poster kampanye ini biasanya muncul jelang masa pemilihan umum.

5. Poster penerangan

Poster ini bertujuan memberi imbauan kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan tertentu atau tidak melakukan perbuatan tertentu.

Manfaat poster digital untuk UMKM

Manfaat poster digital untuk UMKM
Manfaat poster digital untuk UMKM

 

Setelah mengetahui pengertian poster digital, kamu perlu tahu mengenai manfaat membuat poster digital untuk usaha kecil.

1. Bersifat serbaguna

Poster digital banyak dimanfaatkan UMKM karena sifatnya serbaguna. Kamu bisa menggunakannya untuk mengenalkan dan mempromosikan produk kamu, mengedukasi, atau mengajak mengikuti kegiatan sosial atau event tertentu.

2. Biaya terjangkau

Membuat poster digital juga tidak membutuhkan dana besar. Kamu bisa membuatnya dengan cara manual lalu difoto atau dipindai (scan) untuk mendapatkan wujud digital. 

3. Efek jangkauan luas

Poster yang dibagikan lewat jalur digital dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki akses perangkat digital. Kamu bisa membagikannya lewat media sosial, media pesan, atau toko online yang banyak dilirik banyak orang saat ini.

Itu tadi pengertian poster digital, jenis-jenisnya, dan manfaatnya bagi usaha kamu. Semoga dengan membuat poster digital usaha kamu makin laris dan dikenal masyarakat. Selamat mencoba!

Baca juga: Mengenal Media Promosi Beserta Fungsi dan Jenisnya

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store