Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Mengenal Katalog Produk, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian katalog produk (Foto:123rf.com)
Pengertian katalog produk (Foto:123rf.com)

Saat mendatangi minimarket, kamu biasanya menemukan dengan mudah lembaran tipis dekat kasir berisikan gambar-gambar barang yang dijual di minimarket tersebut. Lembaran ini berwarna dan menarik perhatian karena ada harga ikut dicantumkan, dan ada diskonnya juga!

Lembaran yang sedang kamu lihat itu adalah katalog produk. Melihat isi katalog produk sama seperti sedang menyusuri isi toko tetapi lewat selembar kertas saja. Kamu bisa menemukan dengan mudah barang yang disusun di katalog karena dibuat secara per kelompok. Misalnya, kelompok makanan dan minuman, kelompok produk perawatan tubuh, atau kelompok perlengkapan bayi.

Begitu juga jika kamu mendatangi toko umumnya. Biasanya, di bagian depan disediakan katalog produk. Anggaplah kamu sedang berjalan-jalan ke toko furniture, maka kamu akan menemukan katalog agak tebal, menyerupai buku berisikan produk dan ukuran berbagai perabot yang disediakan.

Mungkin dalam katalog furniture tidak dicantumkan harga. Tetapi, melihat gambar akan memudahkan kamu menemukan barang yang kamu perlukan. Kamu tinggal mencari tahu harga produk yang kamu inginkan tersebut. Mungkin tidak jarang, kamu memutuskan pembelian setelah melihat katalog produk.

Mendorong pembelian produk adalah salah satu fungsi katalog produk. Sebagai media pemasaran yang efektif, katalog memiliki banyak fungsi yang dapat membantu penjual dan pembeli. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai katalog produk, baca sampai akhir, ya.

Pengertian Katalog Produk

Pengertian katalog produk
Pengertian katalog produk

Katalog berasal dari bahasa Latin yaitu catalogus. Artinya, daftar barang atau benda yang disusun secara rapi. Penyusunan ini bisa sesuai alfabet atau dengan pengelompokkan lainnya. Dalam usaha perdagangan, daftar barang yang disusun adalah produk yang dijual.

Jadi bisa dibilang, katalog produk merupakan susunan daftar barang atau jasa milik penjual sehingga memungkinkan pembacanya mengetahui produk yang tersedia dan dengan mudah menemukan barang yang ditujunya.

Biasanya, katalog produk memiliki gambar yang lebih mencolok dibandingkan informasi lainnya. Dengan begitu, pembaca katalog produk bisa menemukan lebih cepat barang yang dibutuhkan dibanding harus membaca satu persatu isi katalog.

Fungsi Katalog Produk

Bagi penjual:

- Menjadi media pemasaran produk yang praktis dan efektif. Dengan mencantumkan informasi yang memadai, calon pembeli mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan membuat keputusan selanjutnya.

- Menekan biaya promosi. Ketimbang menempatkan sales atau tenaga pemasar di banyak area yang memakan banyak biaya, suatu perusahaan atau toko dapat menempatkan katalog di banyak tempat yang strategis.

- Mendorong penjualan tenaga pemasar. Dengan adanya katalog, tenaga pemasar juga lebih mudah menemukan barang dan memberi penjelasan kepada calon pembeli, sehingga berpeluang meraih penjualan lebih baik.

Bagi konsumen:

- Memudahkan konsumen menemukan produk yang dicarinya. Dengan pengkategorian produk disertai dengan pencantuman informasi dengan jelas baik fungsi sekaligus harganya, kamu akan mudah menemukan keterangan produk tersebut.

- Meyakinkan pembelian produk tertentu. Dengan membaca informasi yang tertera, pembeli dapat memutuskan pembelian atas produk tertentu sesuai dengan fungsi produk yang dia butuhkan dan harga sesuai budgetnya.

- Sebagai perbandingan harga. Katalog produk umumnya menampilkan harga dan menjadi dasar pertimbangan calon pembeli dalam membeli dari toko satu dan toko lainnya.

Isi Katalog Produk

Isi katalog produk
Isi katalog produk

Setiap katalog memberikan informasi yang cukup mengenai produknya. Namun, tak semua katalog memuat semuanya karena disesuaikan dengan keperluan promosinya. Semakin sensitif informasi dari produk tersebut, maka penekanan informasi produk

- Gambar barang

Katalog produk biasanya hadir dengan gambar berwarna. Selain gambar barang mudah ditemukan, adanya gambar juga lebih menarik perhatian sehingga mendorong seseorang memperhatikan katalog produk. Namun, tidak sedikit katalog produk hadir dalam warna hitam-putih. Katalog tidak berwarna juga memiliki fungsi yang sama dengan katalog berwarna asalkan memiliki gambar yang jelas dan tidak buram.   

- Nama barang

Setiap barang dalam katalog produk harus disertai dengan nama jenis barang yang jelas, nama produk, atau disertai dengan seri produk. Pembuatan katalog bisa dikelompokkan berdasarkan jenis barang atau brand namanya.

- Harga barang

Harga adalah hal yang diperhatikan dalam katalog produk. Karena itu, harga sebaiknya dibuat dengan huruf lebih besar dibanding lainnya. Jika kamu memberikan diskon untuk produk tersebut, jangan lupa cantumkan harga lama yang lebih mahal, sehingga konsumen dapat melihat perbedaan harga tersebut.

Tapi, tidak semua katalog produk mencantumkan harga.Katalog produk dengan produk high-end biasanya tidak mencantumkan harga dalam katalog. Ini karena pembeli produk biasanya dari kalangan atas yang tidak sensitif dengan harga. Pembeli di kelas ini biasanya membutuhkan informasi mengenai mutu dan fungsi produk. Karena itu, dalam katalog produk high-end, lebih diperlukan penjelasan mengenai kandungan di dalam produk, bahan pembuat produk, atau fitur yang cukup banyak dan canggih.

- Penjelasan fungsi produk

Untuk produk sehari-hari, penjelasan fungsi produk bisa dilewatkan. Jikalau ada, penjelasan fungsi produk biasanya dicantumkan secara ringkas dan padat pada katalog produk. Tetapi, penjelasan fungsi produk bisa dibuat lebih panjang untuk produk dengan fitur baru, produk yang tidak awam digunakan semua orang, atau produk yang membutuhkan kemampuan khusus dalam penggunaannya.

- Data perusahaan

Pencantuman nama perusahaan juga sama pentingnya dengan informasi produk. Misalnya, nama toko, nomor telepon agar pelanggan bisa menghubungi, alamat, email, dan website perusahaan. Di masa digital ini, kamu juga bisa mencantumkan nama akun media sosial atau akun di media toko online (e-commerce).

- Kalimat promosi

Katalog produk merupakan cara praktis berkomunikasi dengan pelanggan. Karena itu, kamu juga bisa mencantumkan pernyataan yang menjadi unggulan perusahaan atau toko kamu sebagai kalimat promosi. Tapi, pernyataan ini harus dilakukan dengan lugas dan singkat.

Misalnya, mencantumkan pernyataan: Jaminan Barang Original! Kalimat ini menunjukkan bahwa toko kamu hanya menjual barang-barang original. Toko yang menjual barang original akan mendapat kepercayaan dari pembeli dibanding toko yang tidak memberi informasi keaslian barang yang dijualnya.

Jenis katalog

1. Katalog printing atau cetak

Katalog printing atau cetak memiliki banyak kelebihan. Misalnya lebih nyaman dilihat, mudah disimpan dan dibaca dalam waktu lama. Katalog cetak juga bisa dibaca di manapun.

Hanya saja, katalog cetak mudah rusak atau mudah hilang jika tidak disimpan dengan baik. Katalog cetak yang dibagikan tidak tepat sasaran juga malah dapat menyebabkan biaya pemasaran menjadi lebih mahal.

2. Katalog digital

Seiring dengan perkembangan teknologi, katalog juga disebarkan dengan media digital. Kelebihan penyebaran dengan cara digital adalah lebih murah karena tidak memerlukan biaya mencetak. Selain itu, katalog digital mudah diserbar dan menjangkau pasar lebih luas. Katalog digital juga mudah disimpan di perangkat elektronik.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, kamu bisa melihat katalog memberikan banyak manfaat baik bagi penjual dan pembeli. Sebagai sarana media promosi, katalog membawa manfaat pemasaran yang efektif bagi penjual. Konsumen pun merasakan fungsinya yang secara praktis memberikan informasi produk. Mendatang, jika tokomu membutuhkan pemasaran yang praktis dan efektif, kamu bisa mencoba membuat katalog sebagai pilihan. 

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store