
Saat memulai bisnis menjual produk frozen food, kamu perlu alat promosi. Salah satu alat promosi yang bisa kamu gunakan yaitu katalog. Alat promosi katalog dapat membantu kamu dalam pemasaran.
Katalog berasal dari bahasa Latin catalogus, yang artinya daftar barang atau benda yang disusun untuk tujuan tertentu. Mudahnya, katalog berisi daftar koleksi barang yang akan dijual. Katalog produk frozen food memudahkan konsumen memilih produk yang diinginkan.
Katalog frozen food memiliki informasi yang berguna bagi pelanggan, antara lain gambar, harga, dan pilihan produk. Dalam produk frozen food, perlu dimasukkan juga informasi lain, yaitu tanggal kadaluarsa dari produk. Ini penting untuk menghindari masalah di masa mendatang dengan konsumen.
Jika kamu ingin memulai berjualan produk frozen food, simak tulisan ini ya untuk mengetahui bagaimana mengisi katalog produk frozen food agar menarik bagi pembeli. Namun sebelumnya, simak dulu tips memulai bisnis frozen food.
Cara Memulai Bisnis Frozen Food

Sebelum memulai bisnis frozen food, kamu perlu membuat persiapan yang matang. Nantinya, ini berhubungan juga dengan katalog produk frozen food. Jangan sampai, isi dari katalog kamu tidak sesuai dengan kenyataan.
Ada banyak alasan seseorang membuka usaha frozen food. Kelebihan bisnis frozen food antara lain, barang yang tidak mudah rusak atau basi. Dengan begitu, risiko kehilangan modal karena barang rusak kecil.
Selain itu, sumber penyedia produknya banyak. Kamu bisa mengambil produk dari produsen besar, pihak ketiga yaitu produsen rumahan, atau membuat produk sendiri. Hal ini memungkinkan kamu mencari produk dengan harga sesuai dengan budget dan menjualnya dengan margin yang kamu inginkan.
Kelebihan bisnis frozen food adalah permintaan konsumen yang tinggi. Penikmat produk frozen food datang dari anak-anak hingga dewasa. Penyajiannya yang mudah dan praktis adalah kelebihan lainnya. Apalagi jika rasanya enak, pastilah makin banyak peminatnya.
Namun, perlu diingat, bisnis frozen food memiliki persaingan yang ketat. Kebutuhan modal yang relatif terjangkau dan berbagai kelebihannya, menjadikan bisnis berjualan produk frozen food disukai banyak konsumen. Dengan banyaknya penyedia produk, konsumen juga dengan mudah berpindah produk dan penjual.
Karena itu, katalog frozen food bisa berguna untuk turut menjaga kesetiaan konsumen, bahkan mencari konsumen baru. Konsumen pasti lebih memilih produk dengan informasinya mudah didapatkan.
Manfaat membuat katalog produk frozen food antara lain:
-
Membangun merek
Kamu bisa membangun merek kamu lewat pembuatan katalog frozen food. Menggunakan merek bisa mendorong rasa percaya dan kredibilitas kamu di depan konsumen. Gunakan merek yang simpel tetapi mudah diingat konsumen. Sebaiknya, merek yang kamu gunakan berhubungan dengan makanan atau dengan ciri khas kamu.
-
Sebagai media promosi
Salah satu keuntungan dari membuat katalog adalah membuat kamu dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begitu, kamu bisa memperluas jangkauan pasar. Baik katalog versi cetak maupun digital bisa membantu kamu dalam menjangkau konsumen.
-
Sebagai media informasi
Dalam katalog, kamu menyertakan berbagai informasi penting. Misalnya nama produk, rasa, isian, harga, hingga tanggal kadaluarsa. Adanya informasi penting ini bisa memicu konsumen untuk membeli produk kamu.
Pilihan Produk dalam Katalog Frozen Food

Nugget
Nugget adalah produk yang wajib kamu masukkan ke katalog frozen food. Nugget adalah produk makanan beku yang banyak macamnya. Permintaan makanan olahan ini pun banyak. Anak-anak dan dewasa bisa menikmati nugget.
Banyak rumah tangga menyimpan stok nugget di kulkas karena merupakan makanan yang paling mudah disajikan dan tidak cepat rusak. Apalagi untuk kalangan pekerja yang sibuk, nugget adalah pilihan makanan yang mudah dipilih. Tinggal goreng sebentar, siap disajikan.
Nugget juga banyak variannya, yaitu dari sayur dan daging. Kamu bisa mendapatkan produk dari berbagai sumber. Misalnya, membeli nugget bermerek sudah terkenal dan banyak variannya. Kelebihan produk nugget ini adalah memiliki rasa dan kualitas yang sudah terjamin.
Sumber lain yaitu membeli nugget homemade dari pihak ketiga. Nah, untuk ini, kamu harus memastikan, pemasok produk ini memiliki kualitas yang baik dan rasa yang konsisten. Pilihan lainnya yaitu membuat nugget sendiri agar mendapatkan produk dengan harga sesuai.
Bakso
Bakso merupakan panganan yang bisa kamu masukkan ke dalam katalog frozen food. Bahkan, kamu bisa membuat section khusus untuk bakso-baksoan di katalog karena banyak ragamnya. Sebut saja, bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, bakso keju.
Permintaan akan bakso juga tinggi. Bakso merupakan makanan yang mudah menjadi teman untuk makanan apapun. Karena itu, kamu tidak perlu khawatir, bakso kamu tidak laris.
Kelebihan menjual produk bakso adalah harga yang relatif terjangkau dan tidak mudah basi. Dengan begitu, risiko kehilangan modal karena barang rusak, lebih kecil.
Sosis
Sosis juga produk yang bisa kamu masukkan dalam katalog frozen food. Varian sosis cukup banyak, sehingga kamu bisa memasukkan beberapa varian dalam katalog. Beberapa bahan dasar dari sosis yaitu sosis sapi dan sosis ayam.
Permintaan akan sosis juga tinggi karena penggunaannya banyak seperti bakso. Karena itu, banyak konsumen yang menyimpan stok sosis di rumah mereka. Peminat sosis juga dari semua kalangan, yaitu dari anak-anak dan dewasa.
Siomay
Tak diragukan lagi, siomay juga perlu masukkan ke daftar katalog frozen food kamu. Siomay merupakan panganan dengan bahan dasar ikan yang dipadukan dengan sedikit sayuran. Namun, saat ini, banyak juga yang menyediakan siomay isi daging ayam. Rasanya yang kenyal dan gurih membuat siomay banyak peminatnya.
Produk siomay cukup banyak penyedianya. Produsen unggas besar juga mengeluarkan produk siomay yang kualitas dan rasanya sudah terjamin. Kamu juga bisa membeli siomay dari pihak ketiga asalkan sudah yakin dengan kualitas dan rasanya.
Tempura
Tempura merupakan salah satu produk yang bisa kamu masukkan dalam katalog frozen food. Sajian makanan khas Jepang ini populer Indonesia. Tempura merupakan sajian udang yang dibalur dengan tepung. Cita rasa gurih dan renyah membuat tempura banyak peminatnya.
Ini menjadikan menjual tempura memberikan untung menjanjikan. Peminatnya datang dari kalangan anak-anak dan dewasa. Makanan ini juga mudah dipadupadankan dengan makanan lain.
Untuk menjual frozen food tempura, kamu bisa membuat sendiri. Kamu juga membelinya dari pihak ketiga asalkan sudah mengetahui kualitasnya. Harga jual tempura juga beragam sesuai porsi, sehingga bisa disesuaikan dengan biaya produksi dan margin keuntungan yang diinginkan.
Kesimpulan
Dalam memulai bisnis frozen food, kamu perlu alat promosi yang menarik. Salah satunya adalah katalog. Katalog produk frozen food dapat membantu kamu dalam pemasaran. Ini karena dalam katalog, banyak informasi penting mengenai produk, sehingga mendorong pembelian oleh konsumen. Ada banyak produk yang bisa kamu masukkan dalam katalog kamu. Misalnya bakso, nugget, sosis, tempura, dan siomay. Kamu bisa menambahkan berbagai produk lainnya.
Jangan lupa share atau bagikan katalog kamu ke lingkungan sekitar. Jika membuat katalog digital, ini bahkan bisa kamu bagikan ke konsumen lebih luas lagi lewat media sosial. Sukses terus jualannya!