Contoh Spanduk Warung Sembako agar Jualan Makin Ramai

Contoh spanduk warung sembako (Foto: 123rf.com dan Pinterest)
Contoh spanduk warung sembako (Foto: 123rf.com dan Pinterest)

Bisa dibilang, spanduk adalah salah satu ciri khas dari warung sembako. Hampir semua warung sembako memasang spanduk. Biasanya, seseorang bisa mengenali dengan cepat suatu warung sembako karena ada spanduk di depannya. Spanduk umumnya berisi tulisan dan gambar yang mencerminkan warung sembako.

Jika kamu sedang mencari ide spanduk untuk warung sembako milikmu, kamu sudah mampir di tempat yang benar. Soalnya, di sini akan dibahas mengenai contoh spanduk warung sembako yang baik.

Kenapa contoh spanduk warung sembako harus dibuat dengan baik?

Ini agar pemasangan spanduk di warung sembako bisa bermanfaat maksimal. Dengan begitu, spanduk tersebut juga membantu dalam keberhasilan usaha. Tapi sebelum itu, mari mengulas dulu apa itu spanduk dan kenapa berperan penting dalam keberhasilan usaha. 

Pentingnya Spanduk Warung Sembako

Pentingnya spanduk warung sembako
Pentingnya spanduk warung sembako (Foto: Pinterest)

Spanduk warung sembako adalah media informasi dengan ukuran besar membentang. Tujuan pemasangan spanduk adalah agar warung dikenali.

Isi dari warung sembako adalah informasi mengenai warung tersebut. Misalnya, pemilik, barang yang dijual, jam buka toko, dan alamat. Karena itu, bisa dibilang, spanduk warung sembako adalah media promosi yang efektif.

Warung sembako biasanya menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Barang yang dijual di warung sembako antara lain, minyak goreng, beras, gula, garam, susu, gas elpiji, telur ayam, tepung, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menjual satu jenis sembako atau memilih menjual semua jenis barang kebutuhan pokok ini. Untuk memberi informasi kamu membuka warung sembako khusus beras saja, telur saja, atau semua barang sembako, bisa kamu lakukan lewat spanduk.

Kelebihan spanduk warung sembako

Dibanding media promosi lain seperti flyer, x-banner, atau iklan di media sosial, pemasangan spanduk adalah yang paling pas untuk warung sembako.  Dalam menjalankan usaha, kamu perlu menjaga pengeluaran promosi agar tetap sasaran.

Selain efektif sebagai media promosi, spanduk biasanya menjadi sarana promosi warung makan karena proses pembuatannya tidak rumit. Kamu cukup pergi ke percetakan untuk membuat spanduk.

Penempatan spanduk juga fleksibel, di bagian depan atau samping warung makan yang dilewati oleh masyarakat umum. Selain itu, spanduk juga bisa dilihat berulang-ulang, sehingga biaya pembuatan dan pembaruannya tidak terlalu besar

Unsur dalam spanduk warung sembako

Dalam spanduk warung sembako, kamu perlu mencantumkan beberapa keterangan ini di dalamnya:

- Ada keterangan warung sembako

- Ada nama warung sembako

- Ada informasi tertulis barang yang dijual

- Ada gambar yang mendukung atau sebagai pengganti tulisan, untuk menginformasikan barang dagangan

- Ada alamat warung sembako 

Contoh Spanduk Warung Sembako

Contoh Spanduk Warung Sembako yang memiliki komposisi tulisan dan gambar seimbang

Contoh spanduk warung sembako
Contoh spanduk warung sembako

Download contoh spanduk warung sembako di sini! 

Contoh spanduk warung sembako

Contoh spanduk warung sembako
Contoh spanduk warung sembako

Cara Membuat spanduk warung sembako yang baik

Spanduk warung sembako terbagi dari dua bagian. Pertama, berdasarkan dimensinya seperti ukuran, pemilihan warna, pemilihan jenis tulisan. Kedua, berdasarkan konten atau isi spanduk. Kedua bagian ini harus dipertimbangkan baik-baik saat membuat spanduk. Yuk, membahas lebih dalam cara pembuatan spanduk sembako ini.

1. Menentukan ukuran

Spanduk biasanya memiliki beberapa jenis rasio ukuran yang berfungsi agar spanduk tidak terlalu panjang atau tidak terlalu lebar. Tapi, panjang atau lebarnya spanduk harus disesuaikan dengan warungnya. Beberapa ukuran spanduk:

- 2 x 1 meter

- 3 x 1 meter

- 4,5 x 2 meter

- 5 x 1 meter

2. Memilih warna spanduk

Salah satu tips dalam desain warung makan yaitu menggunakan warna terang untuk menarik perhatian. Kamu bisa menggunakan 3 sampai 5 warna. Tetapi, pastikan warna yang digunakan senada atau tidak bertabrakan.

3. Memilih jenis huruf

Pilihlah jenis huruf yang sederhana untuk spanduk agar tulisan di spanduk terbaca dengan jelas. Apalagi, jika ingin agar spanduk bisa dibaca dari jalan raya, maka pemilihan jenis tulisan adalah penting.

4. Memilih tempat memasang spanduk

Sisi warung makan untuk memasang spanduk juga perlu dipertimbangkan dengan baik. Bagian mana dari warung makan yang mudah terlihat dari jalan. Ini agar spanduk dapat dibaca oleh orang yang sedang melewati.

5. Menjelaskan jenis usaha warung sembako ke dalam spanduk

Di spanduk, sebaiknya kamu ikut memasukkan keterangan usaha. Misalnya, Warung Beras Pak Ali, Warung Sembako, Toko Kelontong Bu Har, dan lain sebagainya.

6. Mencantumkan jenis barang dagangan yang dijual di spanduk warung sembako

Kamu mungkin ingin mencantumkan semua jenis barang dagangan yang kamu jual. Tetapi, hindari yang seperti ini. Spanduk warung sembako sebaiknya hanya mencantumkan beberapa jenis dagangan saja yang pasti akan selalu ada di warung. Barang yang lain bisa diwakilkan dengan gambar.

7. Memilih gambar untuk spanduk

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, gambar juga bisa menjadi pengganti tulisan di spanduk. Pilihlah gambar sesuai barang yang dijual di warung milikmu.

8. Ruang kosong di spanduk warung sembako

Spanduk biasanya dilihat secara sekilas saja oleh konsumen. Dengan tampilan informasi yang jelas, maka konsumen tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mampir ke warung. Penggunaan tulisan dan gambar yang terlalu ramai menyebabkan informasi di spanduk tidak terlihat jelas. 

Kesimpulan

Peluang bisnis warung sembako bisa dibilang menarik. Dengan menjual barang kebutuhan sehari-hari, umumnya tidak terlalu sulit mencari konsumen. Hanya saja, banyak warung sembako di mana-mana. Agar warung terlihat oleh orang-orang, maka diperlukan sarana memperkenalkannya, yaitu dengan spanduk warung sembako.

Dengan memasang spanduk warung sembako, orang-orang tahu apa yang kamu jual. Misalnya kamu menjual minyak goreng dan telur, maka orang-orang tahu harus ke mana saat membutuhkan telur dan minyak goreng. Sebaliknya, orang-orang yang tidak akan mencari tepung di bisnis warung sembako ini.

Contoh warung sembako di atas bisa kamu tiru untuk membuat spanduk sendiri. Yang sebelumnya harus kamu pastikan terlebih dahulu yaitu menentukan besaran spanduk dan rencana di mana pemasangannya. Jangan lupa untuk memilih warna, jenis tulisan, atau gambar yang menarik tetapi mudah dikenali.

Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan isi dari spanduk warung sembako tersebut. Jangan sampai isi dari spanduk terlalu ramai agar masyarakat mudah mendapatkan informasinya.

Nah, ini semua adalah cara membuat spanduk sembako yang baik. Selamat mencoba!