Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Contoh Spanduk Warung Makan yang Menarik Pembeli

Contoh spanduk warung makan (Foto: Pinterest)
Contoh spanduk warung makan (Foto: Pinterest)

Warung makan adalah bisnis yang paling banyak dijalankan. Ini karena bisnis makanan tidak pernah mati, selalu saja ada pembelinya. Jadi wajar saja, bisnis warung makan ada di mana-mana. Ada ayam geprek, mie bakso, masakan Padang, sampai jajanan ngehits asal Korea Selatan Tteoboki.

Untuk membedakan dengan yang lainnya, pemilik perlu memasang spanduk warung makan di tempatnya. Ibaratnya, spanduk ini adalah identitas warung. Desain spanduk makanan pun harus menarik, konsumen tahu bahwa tempat tersebut merupakan warung makan dan apa saja yang dijualnya.

Jangan sepelekan spanduk warung makan. Dari spanduk, berpeluang terbuka jalur promosi lainnya. Tidak sedikit orang memilih makan di suatu tempat setelah melihat informasi di spanduknya. Jika makan di tempat tersebut memuaskan, pastilah dia bersedia mempromosikannya tanpa diminta kepada keluarga, teman, atau tetangganya.

Cara membuat dan contoh spaduk warung makan yang menarik

Spanduk warung makan (Foto: Pinterest)
Spanduk warung makan (Foto: Pinterest)

Ternyata, spanduk warung makan itu memiliki peran penting, bukan? Simak terus tulisan ini, supaya kamu tahu, bagaimana sih, desain spanduk warung makan yang baik agar pengunjung tergerak mengunjungi geraimu?

Menentukan ukuran spanduk warung makan

Sebelum membuat desain spanduk warung makan, kamu harus menentukan dulu ukurannya. Sesuaikan dengan warung makan milikmu. Jangan terlalu besar hingga menutupi warung makan, jangan juga terlalu kecil agar dapat dilihat dengan jelas oleh orang yang melewatinya.

Perlu kamu ingat, ukuran spanduk warung makan juga akan menentukan informasi di dalamnya. Jika menggunakan spanduk ukuran kecil, informasi yang dimasukkan harus singkat. Sedangkan spanduk yang besar dapat memuat informasi yang lebih banyak. 

Ukuran spanduk yang biasanya digunakan untuk warung makan:

  • 2 x 1 meter
  • 160 cm x 50 cm 
  • 3 x 1,5 meter
  • 4,5 x 2 meter

 

Memilih warna untuk spanduk warung makan

Langkah pertama membuat desain spanduk warung makan adalah menentukan warna spanduk. Meski tidak disadari, warna turut berpengaruh kepada orang yang melihatnya. Salah satu tips dalam desain warung makan yaitu menggunakan warna terang untuk menarik perhatian. Warna merah atau oranye sering digunakan karena menstimulasi rasa energik dan urgensi. Kamu bisa menggunakan 3 sampai 5 warna. Tetapi, pastikan warna yang digunakan senada atau tidak bertabrakan.

Memilih jenis huruf

Jenis huruf mempengaruhi mudah atau tidaknya informasi dibaca. Saat mendesain spanduk warung makan, gunakan desain yang mudah dibaca. Beberapa jenis font yang bisa digunakan antara lain: 

- Arial Black. Ini adalah jenis tulisan yang paling umum digunakan untuk spanduk

- Huruf San Serif juga populer digunakan. Family Serif seperti Times New Roman, Helvetica, Nova, Futura, Calibri, dan Swiss 721, cocok digunakan untuk spanduk yang sempit

- Copper Black adalah Jenis huruf yang cocok untuk spanduk yang tidak terlalu besar 

- Bernard MT Condensed terlihat klasik tetapi tetap terlihat jelas dari jauh

- Bazooka. Jenis huruf ini cenderung besar dan mudah dilihat dari jauh. 

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Memasukkan keterangan warung makan di spanduk

Nah, untuk konten spanduk warung makan, jangan lupa menuliskan bisnis ini, supaya orang tahu kalau tempat tersebut adalah warung makan. Kamu bisa menuliskan  kata-kata warung makan, warung nasi, rumah makan, atau jenis makanannya saat membuat desain warung makan.

Contohnya: Warung bakso Mas Nur, Soto Lamongan, Warung Nasi Bu Inah, Masakan Pontianak Alung, Masakan Padang Bagindo, Saung Makan Kang Kabayan. Kamu bisa cek contoh spanduknya di sini!

Menentukan Nama Warung Makan

Nama menjadi identitas warung makan milikmu. Banyak orang menggunakan namanya sendiri untuk nama usaha. Jika kamu bingung memilih nama untuk warung makan, coba beberapa cara ini:

- Nama singkat tetapi unik

- Mudah diucapkan

- Belum pernah dipakai secara luas

- Memiliki makna yang baik

- Mencerminkan produk yang dijual

- Mencerminkan ciri khas pemilik rumah makan

- Mencerminkan asal makanan

Misalnya: Warung Makan Piring Besar, Warung Makan Barokah, Warung Makan Didin Kumis, Warung Makan Enake, Warung Makan Oishii, Masakan Nusantara Abah Ganteng. 

Cantumkan nama makanan yang dijual di spanduk warung makan

Spanduk warung makan sudah harus mencerminkan nama makanan yang dijual untuk memudahkan konsumen mencari tahu apa yang dijual. Tapi, bukan berarti buku menu dipindahkan ke spanduk, ya. Tampilkan beberapa menu saja yang menjadi ciri khas masakan yang disajikan tertulis di spanduk.

Misalnya, penjual nasi goreng umumnya menjual menu kwetiau dan mi goreng. Cantumkan beberapa jenis makanan ini di spanduk warung makan. 

Misalnya: Nasi Goreng Abah Asep, menjual juga kewtiau goreng, kwetiau rebus, mi goreng, mi godog, capcay, dsb. 

Memilih gambar yang menarik

Gambar untuk spanduk perlu mencerminkan makanan yang kamu jual. Jangan memasukan gambar mie bakso jika warung makananmu tidak menjualnya. Gunakan gambar ilustrasi yang bisa dipahami saat terlihat dari jauh. Gambar juga bisa digunakan sebagai media informasi yang tidak bisa ditulis. Oh, iya, gambar pun harus disesuaikan dengan tulisan yang sudah ada di spanduk, agar tidak terlalu ramai

Mencantumkan harga di spanduk warung makan

Harga merupakan bahan pertimbangan penting juga bagi konsumen. Jangan sampai, masuk ke warung makan tetapi boncos karena harga makanan di atas perkiraan. Karena itu, mencantumkan harga bisa menjadi pendorong konsumen membuat keputusan membeli. Tetapi, mencantumkan harga bukan hal wajib di spanduk. Mengingat, harga bisa naik turun. Kamu tidak mungkin mengganti spanduk ketika harga makanan yang kamu jual naik, bukan? Pastikan kamu akan menggunakan harga tersebut untuk jangka panjang jika ingin mencantumkan harga di spanduk.

Mencantumkan alamat di spanduk warung makan

Mencantumkan alamat juga penting di spanduk. Ini agar orang yang pernah datang, mengingat lokasi warung makan ini lagi ketika ingin kembali. Tulislah alamat di bagian bawah spanduk. Meski dengan tulisan yang lebih kecil dibanding keterangan makanan, alamat harus bisa terbaca dengan jelas.

Mempertimbangkan negative space

Negative space atau ruang kosong juga perlu diperhitungan saat membuat desain spanduk warung makanan. Adanya ruang kosong membantu agar spanduk tidak terlalu ramai. Dengan begitu, informasi di dalamnya mudah dibaca. 

Menyertakan gambar, logo, atau slogan lucu dan unik 

Nah, untuk menghindari desain warung makan yang monoton, kamu bisa memasukkan gambar atau slogan yang lucu. Tetapi, elemen ini tetap harus diperhitungkan agar mudah dibaca dan tidak menutup informasi yang penting lainnya. Kamu bisa cek banyak contoh spanduk warung makan di sini!

Kesimpulan

Demikian cara membuat desain spanduk warung makan yang menarik. Jangan lupa mencantumkan informasi yang penting untuk memperkenalkan bisnismu lewat spanduk. Spanduk untuk warung makanan sendiri memiliki banyak fungsi dan manfaat. Antara lain: 

  • Sebagai media informasi karena memberikan informasi yang cepat, ringkas, dan jelas
  • Sebagai media promosi karena dapat memperkenalkan bisnis dan jualan dengan spanduk
  • Sebagai dekorasi karena spanduk menambah daya tarik warung makan
  • Sebagai penunjuk arah, karena spanduk adalah sarana informasi yang mudah dikenali masyarakat

Dengan banyaknya manfaat ini, jangan lewatkan membuat spanduk untuk usaha warung makanmu agar promosi bisnismu terus berjalan. Selamat mencoba! 

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store