10 Contoh Spanduk Jualan agar Usaha Makin Laris

Contoh spanduk jualan yang bisa bikin laris (Foto:123rf.com)
Contoh spanduk jualan yang bisa bikin laris (Foto:123rf.com)

Ada banyak cara untuk mempromosikan barang jualan kamu. Salah satunya dengan spanduk. Lewat spanduk, kamu bisa memperkenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Banyak orang tidak sadar, sebenarnya spanduk merupakan salah satu media promosi. Kebanyakan orang mengira, spanduk hanyalah sebagai informasi identitas warung atau toko. Padahal, dengan informasi tersebut, kamu jadi tahu produk atau jasa apa yang ditawarkan. Ketika kamu mencari produk serupa, kemungkinan besar kamu akan mendatangi toko tersebut dan membeli di sana.

Promosi sendiri berfungsi untuk memperkenalkan produk dan mempengaruhi orang untuk melakukan pembelian. Lewat berbagai contoh spanduk untuk jualan di bawah ini, kamu bisa melihat, spanduk merupakan media promosi yang efektif untuk menarik pelanggan. Kelebihan spanduk lainnya adalah dapat dibuat dengan harga terjangkau dan memiliki daya tahan lama.

Jika ingin mencari ide contoh spanduk untuk jualan yang cocok untuk usaha kamu, simak tulisan ini sampai habis ya. Sebelumnya, ketahui dulu apa sih spanduk, bagaimana ciri-cirinya, dan fungsinya.

Apa itu spanduk?

Spanduk adalah media promosi berupa kain terbentang dengan informasi di dalamnya. Informasi ini bisa berupa tulisan yang dikombinasikan dengan gambar. Baik tulisan dan gambar yang dicantumkan haruslah ringkas dan mewakili apa yang kamu jual.

Spanduk untuk berjualan memiliki sedikit perbedaan dengan spanduk biasa. Itu karena spanduk yang dipakai untuk promosi harus menarik perhatian. Karena itu, desain di dalamnya pun dipikirkan masak-masak. Misalnya, pemilihan warna dipilih agar sesuai dengan citra toko atau menarik perhatian banyak orang. Jika kamu memiliki usaha berjualan produk fashion, kemungkinan besar kamu menggunakan spanduk dengan warna pastel yang lembut ketimbang warna ngejreng.

Ukuran spanduk beragam tergantung pada lokasi digantungkan. Spanduk yang kamu temui umumnya berukuran 80 x 200 cm. Namun, banyak yang memasang spanduk lebih kecil atau lebih besar. Spanduk yang dipasang di ruang terbuka lebih luas bisa memiliki ukurang 150 x 300 cm.

Spanduk dipasang di berbagai lokasi strategis. Lokasi ini adalah di luar ruangan, di depan toko, di pagar, di pinggir jalan, atau diikat di antara pohon. Spanduk harus mudah terlihat oleh orang-orang yang lewat, tetapi jangan sampai mengganggu ketertiban dan keindahan ruang publik.

Karena dipasang di luar ruangan, bahan baku spanduk harus memiliki daya tahan yang baik. Saat ini, banyak bahan spanduk yang ditawarkan. Kamu bisa memilih bahan sesuai dengan bujet kamu. Bahan flexy adalah bahan yang banyak digunakan untuk spanduk masa kini. Ada banyak bahan flexy yang memungkinkan kamu meletakkan spanduk di luar ruangan tanpa khawatir cepat luntur atau rusak. Bahan kain juga masih banyak digunakan dan memiliki daya tahan kuat juga. Kamu bisa melihatnya untuk spanduk warung pecel lele, bubur, atau warung makanan lainnya.

Fungsi Spanduk untuk Jualan

Fungsi spanduk untuk jualan
Fungsi spanduk untuk jualan

Dengan berbagai fitur yang dimiliki spanduk, kamu bisa melihat ada sejumlah fungsi dari spanduk:

- Sebagai media memberikan Informasi

Di spanduk, kamu bisa memberikan berbagai informasi, mulai dari nama toko kamu, barang yang kamu jual, jasa yang ditawarkan, nomor kontak aktif, alamat, serta harga dari produk kamu. Namun, perlu diingat, informasi ini haruslah ringkas, dengan kalimat pendek, dengan didukung gambar yang jelas, sehingga mudah dipahami orang banyak yang melihatnya.

- Sebagai media promosi

Seperti sudah disebutkan di atas, spanduk adalah media untuk mengenalkan produk yang kamu tawarkan, sehingga orang membeli produk dan menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

- Sebagai pembangun kredibilitas

Spanduk bisa membantu kamu membangun identitas usaha kamu, sehingga orang-orang mengenali toko dan produk yang kamu tawarkan. Spanduk bisa membantu kamu meningkatkan kredibilitas usaha yang kamu jalankan, sehingga orang-orang lebih yakin untuk mendatangi tokomu.

Contoh Spanduk Jualan

Kamu sudah mengetahui apa saja ciri-ciri spanduk dan fungsinya. Berikut contoh-contoh spanduk untuk jualan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai ide kamu membuat spanduk.  

1. Contoh spanduk berjualan makanan ringan

Contoh spanduk makanan ringan (Foto:Pinterest)
Contoh spanduk makanan ringan (Foto:Pinterest)

Ada banyak jenis makanan ringan yang menjadi favorit banyak orang. Karena itu, pastikan usaha makanan ringan kamu diketahui orang dengan memasang spanduk. Cantumkan juga di spanduk jika kamu menerima pesanan pembuatan makanan ringan secara khusus beserta nomor kontak kamu.

2. Contoh spanduk berjualan makanan kekinian

Contoh spanduk jualan makanan
Contoh spanduk jualan makanan (Foto: Pinterest)

Makanan kekinian umumnya belum terlalu dikenal oleh orang banyak karena biasanya mengikuti tren terbaru. Karena itu, kamu bisa memperkenalkan jenis makanan yang ditawarkan di spanduk. Tentunya dengan foto yang menarik, ya. Kamu bisa memberikan kisaran harga makanan karena orang banyak juga belum punya gambaran kisaran harga untuk jenis makanan yang kamu tawarkan.

3. Contoh spanduk jualan untuk warung

Contoh spanduk warung
Contoh spanduk warung (Foto:Pinterest)

Warung adalah tempat makanan yang sering dicari orang karena berasumsi harga makanannya terjangkau. Agar warung makan milikmu dikenali banyak orang, jangan lupa pasang spanduk ya. Apalagi kalau kamu punya menu makanan yang jadi jagoan kamu atau layanan khusus bungkus untuk partai besar.

4. Contoh spanduk jualan sembako

contoh spanduk jualan sembako
contoh spanduk jualan sembako (Foto:Pinterest)

Toko sembako menawarkan banyak barang kebutuhan sehari-hari. Spanduk untuk toko sembako bisa menjadi media promosi bahwa barang sembako yang ditawarkan lengkap aneka jenis, Semakin lengkap tokonya, ditawarkan dengan harga terjangkau, dan berkualitas baik, pengunjung pasti banyak yang datang ke tokomu.

5. Contoh spanduk untuk berjualan jasa fotografi

Contoh spanduk jualan fotografi
Contoh spanduk jualan fotografi (Foto:Pinterest)

Bisnis fotografi makin dibutuhkan saat ini, terutama untuk tampilan profesional. Meskipun banyak orang bisa mengambil foto sendiri dengan peralatan yang beragam, tetapi kebutuhan akan fotografer juga tetap ada untuk pelaku usaha yang membutuhkan foto berkualitas.

6.  Contoh spanduk untuk toko fashion

Contoh spanduk fashion
Contoh spanduk fashion (Foto:Pinterest)

Spanduk adalah media paling efektif memperkenalkan produk fashion yang kamu tawarkan. Jangan khawatir jika pesaingmu banyak. Kamu juga bisa mencantumkan diskon jika ada di spanduk. Siapa sih yang tidak suka dengan produk fashion berkualitas dengan harga diskon?

7. Contoh spanduk untuk toko kosmetik

Contoh spanduk kosmetik
Contoh spanduk kosmetik (Foto:Pinterest)

Mulai dari remaja hingga orang tua kini kegandrungan produk kosmetik. Memasang spanduk bisa membantu kamu memperkenalkan produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa memasang foto sejumlah produk dengan brand paling hits untuk menarik pelanggan.

8. Contoh spanduk untuk jual pulsa telepon, token listrik, dsb

Contoh spanduk jualan pulsa
Contoh spanduk jualan pulsa (Foto: Pinterest)

Pastikan orang-orang tahu kamu menjajakan berbagai kebutuhan pulsa dan data lewat spanduk yang dipasang. Kamu juga bisa memberi informasi bahwa toko pulsamu menyediakan layanan lain juga seperti membantu pembayaran listrik PLN dan PDAM.

9. Contoh spanduk untuk berjualan jasa laundry

Contoh spanduk jasa laundry (Foto: Pinterest)
Contoh spanduk jasa laundry (Foto: Pinterest)

Di tengah kesibukan, saat ini, makin banyak orang membutuhkan jasa laundry. Jika kamu memiliki usaha laundry, cantumkan juga berbagai keunggulan layanan kamu di spanduk. Misalnya, layanan satu hari beres.

10. Contoh spanduk berjualan minuman kekinian

Contoh spanduk berjualan minuman
Contoh spanduk berjualan minuman (Foto: Pinterest)

Produk minuman kekinian semakin banyak, tetapi memiliki makin banyak penggemar. Karena itu, pastikan memasang foto yang menarik di spanduk usaha minuman milikmu. Kamu juga bisa mencantumkan harga produk untuk mendorong orang yang melihat melakukan pembelian.

Kesimpulan

Spanduk adalah media promosi yang efektif digunakan untuk kamu berjualan. Selain itu, biaya pembuatannya termasuk terjangkau. Spanduk bisa digunakan untuk memperkenalkan identitas toko serta produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa menggunakan spanduk untuk aneka usaha, mulai dari menjual produk makanan ringan, minuman kekinian, hingga jasa laundry. Pastikan kamu mencantumkan mencantumkan berbagai informasi secara ringkas agar mudah dibaca oleh orang yang sedang lewat sekalipun. 

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store