
Ada banyak cara untuk melakukan promosi. Apalagi sekarang zamannya digital, promosi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih luas. Promosi ini penting kamu lakukan agar produk laris di pasaran.
Selain menyiapkan produk yang berkualitas, kamu juga perlu promosi yang baik untuk memperkenalkan produk kamu kepada khalayak. Tanpa promosi, produk kamu tidak akan dikenal banyak orang. Promosi berkelanjutan juga akan mengingatkan pelanggan akan produkmu. Di berbagai kesempatan, promosi juga bisa membuat produk kamu lebih menarik dibanding kompetitor.
Untuk mencari tahu contoh promosi produk, baca artikel ini sampai habis. Kamu bisa menggunakan berbagai contoh ini di berbagai kesempatan untuk menarik perhatian konsumen. Sebelumnya, yuk cari tahu dulu apa itu promosi dan apa pentingnya kalimat promosi.
Pentingnya promosi produk bagi bisnis

Promosi memiliki banyak fungsi. Promosi bisa mendorong awareness atau kesadaran masyarakat luas terhadap produk kamu, mengingatkan mereka akan brand kamu, serta mempengaruhi pembeli untuk melakukan pembelian.
Untuk membuat promosi kamu lebih efektif, kalimat promosi juga penting diperhatikan.
Tips promosi produk yang bisa kamu gunakan:
- Menimbulkan fear of missing out (FOMO). Tidak ada yang suka merasa ketinggalan. Salah satu langkah promosi yang bisa kamu lakukan adalah mendorong urgensi. Kamu bisa menggunakan kalimat promosi “beli sekarang juga”, “persediaan terbatas” “hampir habis” “hanya hari ini” untuk mendorong urgensi untuk belanja.
- Menggunakan kata-kata konkret. Ketika kamu memberikan promo yang cukup besar, konsumen juga akan menimbang kesungguhan dari promo tersebut. Cantumkan syarat dan ketentuan agar konsumen dapat mempertimbangkan promo yang kamu berikan.
- Menyusun kalimat secara ringkas. Umumnya konsumen membaca kalimat promosi secara sekilas. Karena itu, utamakan kalimat ringkas agar konsumen segera memahami promo yang kamu sampaikan.
- Menggunakan gaya percakapan dan kalimat aktif. Gaya percakapan akan membuat konsumen lebih mudah memahami tawaran promosi. Sedangkan kalimat aktif lebih efektif untuk mendorong dan mempengaruhi.
Contoh promosi produk

Setelah kamu mengetahui berbagai pentingnya promosi, kamu bisa menerapkan berbagai contoh promosi produk di berbagai kesempatan. Jangan lupa kenali struktur keuangan kamu dan struktur barang stok sebelum memberikan promosi.
1. Contoh promosi dengan diskon atau sale
Cantumkan kata diskon dan promosi kamu akan mendapat perhatian. Konsumen selalu suka kata diskon atau sale. Pemberian diskon ini memberi manfaat menarik perhatian pelanggan baru dan menjaga loyalitas pelanggan lama. Kamu juga bisa meningkatkan penjualan saat musim penjualan sedang turun.
Namun, strategi harga yang kamu berikan haruslah dengan perhitungan masak-masak. Kamu tidak perlu menerapkan diskon setiap hari. Jangan juga memberikan diskon jika kamu tidak mengetahui struktur harga barang-barang pasokan kamu. Jangan sampai, pemberian diskon malah membuat usaha kamu buntung.
Berikut promosi dengan kata diskon, sale, atau potongan harga:
- Masukkan kode ini untuk mendapatkan diskon 20%
- Diskon Rp 75.000 untuk pembelian pertama
- Diskon 50% khusus varian rasa keju manis dan balado pedas
- Weekend sale! Diskon up to 70%
- Daftar member sekarang, dapatkan diskon seterusnya 10%
-
Pertama kali belanja di e-commerce? Dapatkan diskon 25%.
2. Contoh promosi gratisan
Selain diskon, konsumen suka gratisan. Barang gratis ini bisa berupa barang yang sama dengan yang dibeli, barang yang sama tetapi dengan seri atau varian yang berbeda, atau dengan barang yang berbeda sama sekali dengan barang yang dibeli pelanggan. Pastikan kamu mencantumkan kata “gratis” di media promosi kamu. Cantumkan juga syarat dan ketentuan untuk mendapatkan barang gratisan ini.
Berikut promosi dengan kata gratis atau free:
- Dapatkan tumbler gratis, setiap pembelian minimal Rp 300.000
- Setiap pembelian shampoo varian black shine 200 ml, dapatkan gratis conditioner
- Buy 1 get 1 untuk semua produk ukuran large!
- Beli 1 gratis 1 untuk pembayaran dengan kartu debit!
- Beli 2 gratis 1, gratis untuk produk dengan produk terendah
-
Setiap pembelian Rp 100.000, dapatkan free voucher sampai Rp 25.000 untuk pembelian berikutnya.
3. Contoh promosi ongkos kirim
Tak bisa dipungkiri, ongkos kirim menjadi pertimbangan pembelian saat ini. Jika memunginkan memberikan diskon, kamu bisa memberikan diskon ongkos kirim untuk para pelanggan. Gratis atau diskon ongkos kirim bisa mendorong konsumen merealisasikan belanja.
- Gratis ongkos kirim ke semua tempat, khusus tanggal 30!
- Gratis ongkos kirim ke Jabodetabek
- Potongan ongkos kirim Rp 15.000 untuk semua pengiriman
- Belanja minimal Rp 120.000, dapatkan gratis ongkir
-
Cek kupon gratis ongkir, untuk hari ini saja!
4. Contoh promosi cuci gudang
Promosi cuci gudang memberikan kesan ada diskon gila-gilaan sedang berlangsung. Namun, kamu tetap harus menghitung untung-rugi dari pemberian promosi cuci gudang ini ya. Kamu bisa memberikan promo cuci gudang untuk barang atau produk yang sudah tidak kamu produksi lagi.
- Hanya 7 hari, diskon cuci gudang semua produk!
- Cuci gudang! Diskon sampai 80% untuk semua produk
- Persediaan terbatas, cuci gudang untuk semua produk!
- Cuci gudang barang branded. Persediaan terbatas!
-
Cuci gudang hanya 7 hari, diskon gila-gilaan!
5. Contoh promosi saat hari raya
Hari raya juga identik dengan kebiasaan belanja konsumen yang lebih tinggi. Pastikan kamu tidak ketinggalan memberikan promo hari raya untuk menarik perhatian konsumen. Promosi di hari raya bisa dengan menggabungkan berbagai promosi lainnya, misalnya diskon harga produk, diskon ongkos kirim, atau pemberian hadiah spesial.
Berikut promosi saat hari raya:
- Lebaran Sale! Dapatkan diskon semua produk 10%-70%!
- Meriahkan kebahagiaan natal dengan diskon sampai 50% all item!
- Merdeka belanja! Dapatkan diskon untuk produk anak-anak di hari kemerdekaan!
- Chinese New Year Staycation! Dapatkan paket menarik termasuk afternoon Chinese tea, breakfast, dan set menu dinner.
-
New year dinner! All you can eat buffet mulai Rp 300.000 nett/person!
6. Contoh promosi untuk pelanggan setia
Pelanggan setiap patut diapresiasi. Jika kamu memiliki program diskon, kamu bisa memberikan keunggulan ini untuk para pelanggan setia. Kamu bisa mengidentifikasi pelanggan setia kamu dengan program membership.
- Dapatkan berbagai keuntungan eksklusif dengan menjadi member.
- Belanja Rp 100.000 dapatkan 1 poin senilai Rp 2.500. Kumpulkan dan tukarkan poin untuk belanja lebih hemat sampai 100%.
- Dapatkan penawaran spesial untuk rayakan bulan spesialmu
- Gratis ongkir dengan pembelian minimal Rp 1.000.000, khusus member.
-
Dapatkan kesempatan memenangkan undian berhadiah menarik, khusus anggota!
7. Contoh promosi dengan cashback
Cashback merupakan promosi dengan memberikan uang kembalian kepada pelanggan. Belakangan ini, cashback menjadi promo andalan yang dicari saat berbelanja di toko online atau di e-commerce. Kendati jumlahnya tidak besar, konsumen juga bisa memilih berbelanja dari suatu toko dibanding toko lainnya karena keuntungan cashback ini. Jadikan program cashback menjadi salah satu promosimu.
- Beli Samsung Galaxy seri terbaru. Dapatkan cashback Rp 200.000, free powerbank!
- Bayar pakai e-wallet sekarang juga, dapatkan cashback sampai 50%!
- Year end promo! Cashback sampai Rp 500.000. Syarat dan ketentuan, berlaku!
- Belanja pertama kali lewat aplikasi, dapatkan cashback tambahan 50%.
- Buruan dapatkan voucher cashback sampai dengan 50%, selama Bulan September!
-
Masukkan kode voucher, langsung cashback Rp 50.000!
8. Contoh promosi diskon share di media sosial
Saat ini, kamu bisa memanfaatkan promosi untuk menghasilkan promosi yang lebih luas. Kamu bisa memberikan diskon untuk siapapun yang berbagi informasi mengenai produkmu (share) di media sosial. Banyak orang memang senang membagikan momen membeli produk atau menggunakan jasa tertentu dan dibagikan di media sosial, apalagi jika mereka mendapatkan keuntungan langsung seperti promo saat melakukannya. Berikut contoh promosi diskon share di media sosial:
- Share momen makan kenyang kamu di instastory IG dengan mention @MakanKenyang dan hashtag #MakanKenyang. Dapatkan diskon sampai Rp 20.000 per menu.
- Dapatkan giveaway menarik, mention 3 teman kamu dan follow akun kami!
- Special offer untuk kamu pengguna produk kami. Foto produk kami yang kalian gunakan, share di media sosial kamu. Jangan lupa tag kami!
-
Follow semua media sosial kami, share postingan diskon ini ke salah satu sosmed kamu, tunjukkan bukti ke sales counter. Dapatkan diskon langsung 15%!
Kesimpulan
Sebagai pelaku usaha, kamu perlu melakukan promosi agar produk kamu bisa dikenal masyarakat banyak. Promosi juga bisa membuat produk kamu terlihat lebih unggul dibanding kompetitor. Ada berbaca contoh promosi produk, misalnya dengan memberi diskon, hadiah gratis, sampai keuntungan bagi orang yang membagikan tentang produk kamu di media sosialnya.
Namun, promosi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Alih-alih menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan, usaha kamu bisa buntung tanpa hitungan yang jelas. Pastikan kamu sudah memperhatikan kondisi keuangan, struktur harga produk, persediaan barang stok sebelum meluncurkan program promosi kamu. Promosi jadi lebih mudah, bukan?