Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Contoh Media Promosi Online untuk Bantu Bisnis Berkembang

Contoh Media Promosi Online untuk Bantu Bisnis Berkembang (Foto:123rf.com)
Contoh Media Promosi Online untuk Bantu Bisnis Berkembang (Foto:123rf.com)

Melakukan promosi kini semakin mudah dengan banyaknya platform digital atau media online. Kamu bisa melihat berbagai media sosial sebagai contoh media promosi online dewasa ini. Kekuatan dari media promosi online ini mampu mendukung bisnis lebih berkembang dalam waktu relatif singkat.

Modal yang dibutuhkan dalam memanfaatkan media promosi online pun terbilang cukup terjangkau. Langkah untuk melakukannya pun cukup mudah. Kamu bahkan bisa melakukannya sendiri. Di samping itu, kamu bisa mendapatkan data dari promosi yang dilakukan dengan lebih akurat.

Manfaat Media Promosi Online

Menggunakan media promosi dengan baik dan bijaksana pun wajib kamu lakukan saat menjalankan bisnis. Berikut manfaat dari media promosi online yang bisa kamu dapatkan:

1. Meningkatkan value 

Penggunaan media promosi akan berikan nilai tambah sebuah brand. Calon pelanggan pun akan lebih percaya sebelum membeli atau bertansaksi.

2. Menyebarkan informasi

Pelanggan tentunya butuh informasi singkat tentang produk yang dipasarkan. Informasi ini pun bisa diberikan langsung melalui media promosi online tersebut.

3. Mengingatkan kembali tentang produk

Pelanggan mungkin akan lupa tentang sesuatu yang mereka pernah beli sebelumnya. Pasalnya, sudah makin banyak bisnis yang muncul dan berkembang dewasa ini. Karena itu, kamu perlu media promosi online untuk mengingatkan mereka tentang produk yang dipasarkan.

4. Menarik pelanggan baru

Menggunakan media promosi juga jadi cara untuk menarik pelanggan baru. Karena itu, cobalah buat konten media promosi yang menarik dan informatif.

5. Menambah transaksi

Sebagian media promosi akan membuat kamu mengeluarkan modal. Namun, percayalah bahwa pengeluaran tersebut akan berbalik menjadi keuntungan. Asal promosi online yang kamu lakukan tepat, transaksi yang akan terjadi juga pastinya banyak.

Baca juga: 15 Contoh Kartu Nama Bisnis Makanan

Jenis Media Promosi Online

Pastikan kamu tahu jenis media promosi online dan karakteristik dalam pemakaiannya. Lalu, apa saja yang bisa kamu manfaatkan? Berikut contoh media promosi online:

1. Facebook

Sebagai media sosial terbesar di dunia, Facebook menjadi media promosi online yang paling ampuh. Demografi pengguna Facebook pun terbilang sangat beragam. Kamu bisa menemukan orang yang sudah memasuki masa pensiun hingga remaja yang masih mengenyam pendidikan.

Penggunaan Facebook pun terbilang sangat massive untuk banyak kebutuhan. Salah satunya adalah bisnis online. Facebook menyediakan ecommerce di dalam situs dan aplikasinya.

Terlebih lagi, Facebook juga juga jadi wadah komunitas untuk bertugas informasi. Kamu bisa membuat konten menarik dan informatif untuk bisa disukai oleh banyak orang.

2. Instagram

Media sosial ini pun jadi media promosi online yang cukup efektif. Pasalnya, pengguna Instagram mayoritas adalah generasi X dan Z. Pastinya cocok untuk bisnis online yang kamu jalankan saat ini.

Serupa dengan Facebook, Instagram juga penyediakan fitur marketplace untuk memasarkan produk jualan. Adapun fitur ads untuk mendongkrak promosi bisnis kamu.

Sebagai media promosi, Instagram menawarkan konten dengan nilai estetik yang tinggi sekaligus info menarik di dalamnya. Tugas kamu untuk memproduksi konten terbaik supaya lebih banyak orang mau melihat promosi yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Membuat Katalog Produk yang Menarik

3. Twitter

Media sosial lain yang juga contoh media promosi yang bagus adalah Twitter. Platform media sosial ini membuat kamu berbagi teks, foto, video, serta link website. Kamu pun bisa membuat tweet bersambung atau thread.

Pastikan kamu membagikan info yang berguna supaya orang tertarik untuk membacanya. Sambil menyampaikan informasi, kamu bisa sisipkan produk dagangan. Kamu pun bisa memberikan link toko online di marketplace.

Twitter pun memberikan fitur retweet dan love untuk membagikan post ke orang lain. Dengan begitu, promosi kamu bisa lebih luas.

4. Blog

Banyak orang mengira blog dan blogger sudah ketinggalan zaman. Namun, blog masih jadi contoh media promosi online yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, setiap orang mencari apa pun di mesin pencarian.

Para blogger pun sudah menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk tampil di halaman pertama Google. Produk yang kamu promosikan pun berpotensi untuk diklik dan dibaca oleh banyak orang. Dari blog tersebut, bisa menyisipkan link toko online atau website pribadi kamu.

5. Youtube

Youtube juga jadi situs yan paling banyak dikunjungi oleh banyak orang dari segala usia. Konten yang dihadirkan di dalamnya pun sangat beragam. Kamu bisa mendapatkan konten tips, rekomendasi, interview, hingga tutorial.

Youtube pun sudah memiliki fitur short video yang menampilkan video singkat dari banyak akun. Para pelaku bisnis pun sudah banyak yang merambah dunia Youtube untuk memasarkan produknya.

6. Email Marketing

Media promosi yang juga bisa dicoba adalah email marketing. Contoh media promosi ini wajib dilakukan mengingat semua orang memiliki email dan kebanyakan terhubung di smartphone mereka. Jadi, kamu bisa langsung memberikan konten promosi di email mereka.

Berbeda dengan penggunaan media sosial, kamu bisa langsung memberikan konten hard sale dalam email marketing. Tampilkan penawaran yang sedang kamu jalankan di dalam kontennya.

Baca juga: 7 Contoh Kartu Nama Olshop yang Bisa Kamu Tiru

7. Marketplace

Ingin menjual produk secara langsung? Cobalah memasukkan produk kamu ke dalam marketplace seperti Bukalapak. Situs jual-beli ini sangat membantu pelaku bisnis untuk memasarkan produk yang dijual. Di sisi lain, para pelanggan pun bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan lebih mudah.

Kamu bisa membuat toko online di marketplace tanpa biaya. Marketplace pun memberikan fitur ads untuk membuat toko online kamu bisa dicari lebih mudah. Dengan begitu, produk kamu pun berpotensi untuk dibeli oleh banyak orang.

Itulah contoh media promosi untuk yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan bisnsis. Jangan lupa selalu catat semua pengeluaran bisnis dan kebutuhan untuk melakukan promosi online dengan baik. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi BukuMitra yang akan memudahkan kamu untuk melakukannya. Donwload sekarang di App Store!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store