Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

20 Contoh Kalimat Promosi yang Bisa Bikin Bisnis Online Makin Rame

Contoh kalimat promosi yang bikin jualan online makin laku (Foto:123rf.com)
Contoh kalimat promosi yang bikin jualan online makin laku (Foto:123rf.com)

Setiap penjual toko online pasti ingin meraih kesuksesan. Salah satunya adalah produknya laris di pasaran. Tapi di luar itu, kamu pasti tidak ingin barang hanya terjual satu kali saja. Kamu juga tentunya ingin konsumen senantiasa setia memakai produknya, baik karena simpatik atau merasa membutuhkan produk tersebut.

Keinginan kamu bisa dilakukan dengan cara promosi yang baik. Lewat promosi dan kalimat promosi yang baik, konsumen mendapat informasi dengan jelas mengenai produk tersebut, bahkan diingatkan ketika belum membutuhkan, sehingga terjadi pembelian berkesinambungan.

Promosi pun tidak bisa dilakukan sekadarnya agar dilihat konsumen. Dengan tingginya persaingan di bisnis online, kamu bisa melihat, persaingan bukan hanya seputar produk tetapi juga untuk menyajikan promosi yang menarik.

Saat ini, biaya promosi semakin tinggi. Bagi perusahaan besar, tentu biaya promosi tidak menjadi beban berat. Tetapi, bagi usaha kecil, biaya promosi harus digunakan seefisien mungkin agar segera berbuah menjadi penjualan. Karena itu, kamu perlu menerapkan strategi-strategi promosi agar efisien mendorong nilai penjualan. Salah satunya dengan kalimat promosi yang efektif dan tepat sasaran kepada konsumen.

Sebelum mencari tahu kalimat-kalimat promosi seperti apa sih yang dapat mengena kepada konsumen dan bagaimana cara membuatnya, kamu perlu lebih dulu tahu apa itu promosi dan tujuannya untuk bisnis online.

Apa itu promosi?

Pengertian promosi
Pengertian promosi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), promosi adalah perkenalan. Ini berarti, promosi sedang terjadi saat kamu mengenalkan produk baru yang belum dikenal oleh konsumen.

Rhenald Kasali menyampaikan lebih luas mengenai promosi. Promosi adalah bauran komunikasi pemasaran. Di dalamnya ada periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan publisitas (publicity and public relation).

Dalam kegiatan promosi, pengenalan produk akan disampaikan lewat berbagai media, mulai dari gambar, video, tatap muka, bahkan teks. Ini artinya, ketika kamu menempatkan iklan di media cetak, kamu sedang melakukan promosi. Ketika kamu menulis kalimat promosi mengenai suatu produk di media sehingga dilihat oleh publik, kamu juga sedang melakukan promosi.

Promosi sangat penting dilakukan oleh setiap bisnis apapun, baik bisnis dalam skala kecil maupun besar. Tanpa adanya promosi ini, bisnis online tidak akan berjalan. Melakukan promosi dapat mempengaruhi hasil penjualan suatu produk dan akhirnya berdampak pada kinerja perusahaan keseluruhan. Untuk berbagai perusahaan yang tinggi akan persaingan, promosi menjadi hal sangat penting untuk tetap dekat dengan konsumen.

Kenapa promosi itu penting?

Promosi memiliki berbagai tujuan. Bukan hanya mendorong pembelian, tetapi juga untuk mendorong konsumen setia pada produk yang kamu tawarkan. Berikut sejumlah manfaat promosi bagi bisnis online:

1. Memberikan informasi produk

Promosi berisi tentang informasi lengkap dari suatu produk, mulai dari kegunaan, fungsi, fitur, dan keunggulan dibanding kompetitor.

2. Menjangkau konsumen

Promosi dapat membantu mengenalkan produk kepada konsumen sehingga mencapai target konsumen. Apalagi, dengan digital marketing seperti saat ini, promosi bisa dilakukan secara lebih luas lagi.

3. Membangun kesadaran akan merek (brand awareness)

Promosi membantu produk kamu dikenal oleh masyarakat. Dengan isi konten promosi yang menarik, brand kamu bisa jadi pilihan konsumen karena mudah diingat atau memberi kesan.

4. Mengedukasi konsumen

Bukan hanya mengenalkan produk dan brand, promosi juga menjadi cara mengedukasi konsumen seputar produk kamu. Lewat promosi, kamu berkesempatan mengenalkan manfaat dan kegunaan produk kamu, sehingga mendorong kebutuhan konsumen.

4. Mendatangkan Pembeli

Salah satu manfaat promosi yang terpenting adalah mendatangkan pembeli. Promosi dilakukan dengan cara mempengaruhi konsumen sehingga mendorong pembelian.

5. Menjaga loyalitas konsumen

Dengan promosi berkelanjutan, kamu juga bisa sekaligus menjaga loyalitas konsumen. Dengan persaingan yang tinggi, konsumen saat ini perlu diingatkan akan adanya suatu produk agar menjadi petimbangan saat melakukan pembelian.

Kenapa harus menggunakan kalimat promosi?

Saat ini, media promosi semakin beragam. Dulu, media promosi terbatas. Iklan media elektronik memang menjangkau masyarakat luas dan efisien mengenalkan produk pada konsumen. Tetapi, pemasaran dengan iklan di televisi dan radio sangat mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh produsen-produsen besar.

Biaya promosi lebih murah bisa dilakukan lewat media cetak. Itu pun untuk promosi di koran dan majalah nasional, harus merogoh dana besar. Beberapa media cetak yang bisa hemat budget antara lain brosur dan flyer. Biaya promosi paling murah adalah informasi dari mulut ke mulut, seperti rekomendasi teman dan rekomendasi tetangga. Tetapi, jangkauan promosi ini terbatas.

Untunglah, saat ini teknologi berkembang. Biaya promosi menjadi lebih hemat jika bisa memanfaatkan media sosial, aplikasi ngobrol, dan toko online (e-commerce) tempat kamu berjualan. Kamu hanya perlu gadget yang digunakan sehari-hari serta kuota internet. Kamu bisa memanfaatkan Whatsapp, instagram, facebook, tik tok, twitter, dan masih banyak aplikasi media sosial lainnya untuk melakukan promosi.

Biaya yang murah menjadikan promosi lewat media digital ini menjadi pilihan banyak pelaku usaha, baik yang kecil sampai yang besar, baik yang baru membuka usaha maupun yang sudah makan asam-garam bisnis. Alhasil, persaingan promosi produk di media digital pun menjadi semakin tinggi.

Karena itu, konten dari promosi haruslah dibuat semenarik mungkin bagi konsumen yang sudah mendapat serbuan promosi dari berbagai sisi. Sertai konten dengan kalimat-kalimat promosi yang baik, agar setiap promosi yang dilakukan efektif mengena kepada konsumen.  

Bagaimana cara membuat kalimat promosi yang baik?

Cara membuat kalimat promosi
Cara membuat kalimat promosi

Dalam membuat kalimat promosi, kamu perlu memasukkan unsur AIDA, yaitu attention, interest, desire, and action. Jadi, kalimat yang kamu buat perlu menarik perhatian, menarik minat, menumbuhkan keinginan, serta dorong konsumen untuk melakukan aksi (pembelian, datang ke outlet, klik promo, dsb).

Berikut cara membuat kalimat promosi yang baik:

- Tidak terlalu panjang dan bertele-tele, yaitu 5-8 kata per kalimat.

- Jujur mengenai produk, promo dan diskon, serta keunggulan produk

- Menggunakan kata-kata yang positif

- Menggunakan kalimat aktif

- Menggunakan kata-kata yang disukai konsumen, seperti dikson, sale, bahan premium, murah.

- Mengandung unsur terdesak seperti: terbatas, hanya hari ini, hanya tiga hari, kehabisan, kapan lagi, dan sebagainya.

- Menggunakan kata-kata yang mendorong seperti: buruan, cepetan, beli sekarang juga, datangi sekarang juga, dan sebagainya.

Contoh kalimat promosi:

- Promosi tawaran diskon:

1. Khusus weekend! beli paket skincare diskon sampai 50%. Buruan klik sekarang!

2. Diskon gede-gedean di bulan Ramadan. Kunjungi segera official strore kami!

3. Lebaran Sale, apa aja diskonnya sampai 70%!

4. Ikuti sekarang toko, dapatkan diskon Rp 5.000!

5. Cashback menarik sampai Rp 100.000 setiap pembelian di toko kami!

- Promosi tawaran gratisan:

1. Buy 1 gratis 1 hari ini! Masukkan keranjang belanja sekarang juga!

2. Gratis pouch cantik untuk pembelian di atas Rp 200.000, dapatkan sekarang!

3. Beli paket A sekarang, dapatkan free tester produk terbaruk kami!

4. Ikut belanja 3.3, dapatkan gratis ongkir ke seluruh Jabodetabek!

5. Belanja sebelum jam 15.00, free voucher untuk pembelian berikutnya!

- Promosi keunggulan produk:

1. Bahan premium tapi murah? Ada, kok. Kunjungi langsung official store kami!

2.  Produk 100% ori, jangan ragu membeli!

3. Kokoh dan elegan, dapatkan segera barang impianmu di toko kami!

4. Dapatkan produk kami terbaru, multifungsi, serbaguna, dan tahan lama!

5. Belanja di toko kami, produknya enggak kaleng-kaleng!

- Promosi tawaran yang mendesak:

1. Belanja Rp 200.000 dapat tas belanja cantik, buruan sebelum kehabisan!

2. Hanya hari ini! Beli produk paket A, B, C, gratis 1 minuman segar!

3. Clearing sale! Buruan beli sebelum kehabisan!

4. Belanja heboh clearing sale! Klik sekarang, stok terbatas!

5. Diskon produk A limited edition! Buruan, jumlah terbatas!

Kesimpulan

Berbagai kalimat promosi yang menarik dan efektif menarik pembeli menjadi kunci keberhasilan menjalankan bisnis online. Ketika promosi elektronik semakin mahal dan promosi digital semakin tinggi persaingannya, kalimat promosi memiliki peran penting dalam menggaet perhatian pembeli. Perhatikan kalimat-kalimat langsung dan menarik agar penjualanmu semakin sukses. Selamat mencoba!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store