Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Contoh Banner Warung Agar Jualan Makin Laris

Contoh banner warung yang bagus (Foto:123rf.com)
Contoh banner warung yang bagus (Foto:123rf.com)

Kamu mungkin ingin memasang banner di depan warung, tetapi, belum tahu mau seperti apa. Nah, yang kamu perlukan yaitu contoh banner warung. Siapa tahu kamu dapat ide untuk membuat banner yang cocok untuk warung kamu.

Keinginan kamu untuk membuat banner di depan warung udah benar. Soalnya, banner adalah sarana promosi yang praktis dan terbilang terjangkau. Jadi, cocok untuk warung apapun, warung makan, warung pulsa, warung sembako, warung kopi. Apalagi, kalau warung kamu diapit oleh banyak usaha lain. Kamu perlu sarana promosi agar orang-orang tahu mengenai warung kamu.

Sarana promosi yang praktis memang bukan banner saja. Ada juga yang lebih populer digunakan, yaitu spanduk. Tapi, banner ada kelebihannya, yang membuat sarana promosi ini lebih cocok di warung kamu.  

Bagaimana cara membuat banner yang baik untuk warung? Bagaimana contoh banner warung? Kamu pasti ingin tahu lebih banyak.

Tapi sebelum itu, yuk, berkenalan dulu dengan banner. Apa saja fungsi dan jenisnya Banner seperti apa yang cocok untuk warung kamu? Supaya kamu bisa lebih yakin memutuskan untuk menggunakan banner untuk warung kamu.  

Apa itu banner?

Banner adalah sarana promosi dengan bentuk kain terbentang memanjang ke bawah. Biasanya, banner memiliki penyangga di belakangnya agar dapat berdiri dengan baik. Ini yang menjadikan banner berbeda dari spanduk, di mana spanduk adalah kain terbentang ke samping.

Lewat contoh banner untuk warung makan, kamu bisa melihat ada beberapa informasi yang penting dimasukkan dalam banner, seperti logo, nama warung, gambar yang mencerminkan barang dagangan, dan teks/tulisan untuk menyampaikan pesan. Jangan lupa, mencantumkan nomor kontak, alamat, dan akun media sosial di banner.

Contoh banner warung

Contoh banner warung makan

Contoh banner warung makan
Contoh banner warung makan

Sebenarnya ada banyak contoh banner warung makan yang bisa kamu temui di internet, kamu juga bisa berselancar di Pinterest untuk mendapatkan contoh banner yang menarik. Klik link ini untuk tahu salah satunya. 

Contoh banner untuk warung kopi

Contoh banner warung kopi
Contoh banner warung kopi

Jenis banner yang cocok untuk warung

  • X- Banner

Ini adalah standing banner yang paling sering ditemukan di warung. Jenis ini disebut X-banner karena penyangganya berbentuk seperti huruf X.

Kelebihan rangka X adalah ringan dan mudah dipindahkan. Penempatannya fleksibel, bisa di dalam dan luar ruangan. Hanya saja, jika ingin menempatkan di luar ruangan, perhatikan kondisi angin. Karena ringan, X-banner dikhawatirkan mudah tersapu angin. Jika sampai harus digunakan di luar ruangan dengan cuaca kurang baik, siasati dengan menaruh beban cukup berat di balik banner.

Ukuran yang sering digunakan untuk X-banner adalah 60 x 160 cm. Dimensi lain yang sering digunakan yaitu 25 x 40 cm dan 80 x 180 cm, disesuaikan dengan kebutuhan.

Ada juga X-banner mini yang biasanya digunakan di dalam ruangan atau ditempatkan di atas meja display. Ukuran mini X-banner ini biasanya di 25 x 40 cm.

  • Y-Banner

Y-banner hampir sama dengan X-banner. Hanya saja, kerangka penyangga banner berbentuk huruf Y. Bagian bawah banner dilengkapi dengan kaki datar agar dapat berdiri tegak. Meski menyerupai X-banner, Y-banner tidak lebih populer dibanding X-banner.

  • Roll banner

Roll banner memiliki kerangka yang memungkinkan banner berbentuk gulungan ditarik ke bawah. Roll banner biasanya memiliki  penyangga di bagian atas dan bagian bawahnya, sehingga lebih kokoh untuk luar ruangan.

  • Giant banner atau banner raksasa

Seperti namanya, giant banner memiliki ukuran lebih besar dibanding banner umumnya. Tujuannya adalah menarik perhatian saat luar ruangan cukup luas. Banner ini berukuran sekitar 3 x 3 meter atau bisa lebih besar lagi. Banner raksasa biasanya ditempatkan di dinding bangunan besar, atau di luar mal dan perkantoran. Karena bentuknya besar dan di luar ruangan, pemilihan bahan banner tidak bisa sembarangan. Bahan flexi yang berkualitas dan percetakan yang baik diperlukan agar gambar dan tulisan terlihat jelas, tidak luntur, dan tahan di luar ruangan.

Tips membuat banner untuk warung

Setelah kamu tahu jenis dan contoh banner untuk warung, kamu perlu tahu apa yang saja yang diperlukan untuk menghasilkan banner indoor dan outdoor yang baik.  

1. Pastikan tujuan kamu membuat banner

Untuk membuat banner, yang perlu kamu lakukan adalah memastikan apa tujuan kamu. Ini akan mempengaruhi teks atau gambar yang lebih kamu tonjolkan di banner tersebut. Ada beberapa tujuan yang bisa kamu sampaikan lewat banner warung.

- Meningkatkan kesadaran orang sekitar terhadap warung kamu
- Menunjukkan adanya produk atau menu baru di warung
- Memberi informasi sedang ada diskon atau potongan harga
- Mempromosikan rencana warung kamu selanjutnya

2. Memilih tempat untuk banner

Setelah menyusun desain banner, kamu perlu mempertimbangkan lokasi penempatan banner. Apakah kamu mau meletakkannya di dalam atau luar ruangan. Pertimbangan ini penting agar banner bisa mendapatkan perhatian dari oleh orang-orang sekitarnya.

Jika kamu ingin banner tersebut menarik perhatian, maka kamu juga perlu mempertimbangkan pemilihan warna dan desainnya. Jika kamu membuat banner berwarna merah, sementara bagian depan warung kamu juga berwarna merah, banner kamu bisa kehilangan daya tariknya.

Pemilihan tempat ini juga akan mempengaruhi jenis banner yang kamu gunakan. Jika ingin menempatkan di luar ruangan, kamu perlu banner yang cukup tahan banting sering terkena matahari dan angin.

3. Mempertimbangkan pemilihan warna

Warna memang jadi unsur penting jika kamu ingin banner kamu terlihat menonjol di keramaian. Warna juga secara tidak langsung mempengaruhi psikologi orang yang melihatnya. Tetapi, pemilihan warna baiknya mengikuti branding kamu. Selain itu, pastikan kamu memilih tempat percetakan banner yang baik agar warna yang dihasilkan di atas banner, sesuai dengan warna yang kamu order.

4. Gunakan gambar resolusi tinggi atau high resolution

Salah satu kesalahan saat mencetak gambar di bahan yang membentang adalah mencetak gambar resolusi rendah. Ketika kamu melihatnya di komputer, gambar-gambar tersebut seperti tidak ada bedanya. Tetapi, setelah dicetak di atas permukaan lebih luas seperti banner, gambarnya bisa pecah dan blur. Jadi, pastikan kamu memilih gambar dengan resolusi yang tinggi.

5. Pilih jenis huruf yang mudah dibaca dari jauh

Pastikan kamu juga memilih huruf yang mudah terbaca untuk banner warung kamu. Banner setidaknya harus bisa dibaca dari tempat pejalan kaki atau bahkan lebih jauh lagi. Karena itu, memilih jenis tulisan dan ukurannya jadi penting dalam membuat banner. Untuk banner, kamu bisa gunakan jenis tulisan yang sederhana, besar, dan kalau perlu dipertebal.

6. Teks ringkas

Pastikan kalimat atau kata yang kamu tuliskan di banner warung kamu singkat, ringkas, dan jelas. Pastikan, orang mendapatkan pesan sesegera mungkin setelah melihat banner warung kamu. Terutama jika kamu menempatkan banner di kerumunan. Kemungkinan orang hanya melihat sekilas banner kamu. Kamu bisa menggunakan rumus 3 x 5. Jadi, pastikan teks yang ada di banner kamu maksimal 15 kata. Kamu bisa menyusunnya 5 baris ke bawah, di mana setiap baris terdiri dari 3 kata. Atau 3 baris ke bawah, dengan setiap baris terdiri dari 5 kata.

7. Ada bagian yang lebih ditonjolkan

Untuk banner, kamu bisa memilih bagian yang lebih ditekankan dibanding bagian lain. Bagian yang ditonjolkan itu bisa logo, brand, atau kata-kata. Misalnya, ketika ingin menyampaikan di warung kopi kamu sedang ada promo, maka kamu bisa memperbesar tulisan “promo” untuk mendapatkan perhatian lebih cepat dibanding bagian lain di banner. Cara untuk memberi penekanan antara lain:

- Membuat bagian kontras. Misalnya jika kamu menempatkan teks berwarna putih, bedakan tulisan “promo” dengan warna lain yang kontras dengan lainnya. Kamu juga bisa menempatkan gambar atau tulisan tersebut sedikit terpisah dengan bagian lainnya agar terlihat lebih menonjol.  

-  Memberi penanda untuk teks. Penanda ini bisa dengan mempertebal tulisan “promo”, memberi warna berbeda, atau memberi garis bawah. Orang-orang akan lebih dulu membaca bagian yang ditekankan ini sebelum ke keseluruhan banner.

- Diperbesar. Cara lain untuk menekankan bagian tertentu adalah dengan cara diperbesar. Kamu bisa memperbesar gambar atau teks tertentu. Gambar atau teks yang diperbesar juga akan menarik perhatian lebih cepat ketimbang yang kecil.

8. Menggunakan material yang berkualitas

Penempatan banner di dalam atau luar ruangan perlu menjadi perhatian. Ini akan mempengaruhi pemilihan kualitas banner keseluruhan. Jika kamu ingin menempatkan di dalam ruangan, mungkin pemilihan kualitas banner tidak begitu menjadi masalah. Tetapi, jika ingin menempatkan di luar ruangan, maka beberapa hal perlu diperhatikan lebih cermat.

Misalnya, pastikan banner bisa dilewati angin, sehingga tidak jatuh saat terkena angin. Pilih bahan banner dan tinta yang baik agar tidak luntur atau pudar saat terkena matahari. Selain itu, pilih percetakan yang baik agar bisa menghasilkan banner sesuai dengan permintaanmu.

Kesimpulan

Demikian contoh banner warung dan tips cara membuatnya. Banner merupakan sarana promosi yang praktis untuk memperkenalkan warung kamu kepada orang sekitar. Pikirkan masak-masak desain banner yang mau kamu bikin dan rencana penempatannya. Dengan demikian, banner kamu bisa menarik perhatian orang-orang. Maju terus warungnya!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store