10 Ciri-ciri Poster yang Baik dan Informatif

Ciri-ciri poster yang baik yang bisa ditiru (Foto:123rf.com)
Ciri-ciri poster yang baik yang bisa ditiru (Foto:123rf.com)

Poster menjadi media yang efektif untuk memberi dan menyebarkan informasi kepada publik. Bukan hanya pengumuman yang bersifat umum, poster juga banyak digunakan untuk memberi informasi edukatif juga promosi produk.

Hanya saja, tidak semua poster bisa efektif dan informatif. Sebab, poster selain bisa menarik perhatian juga harus bisa menyampaikan informasi yang diinginkan dengan jelas. Untuk itulah, kamu perlu tahu ciri-ciri poster yang baik.

Ingat, membuat poster harus dengan baik alias tidak sembarangan. Jika tidak dibuat dengan baik, bisa-bisa poster yang kamu buat tidak tepat sasaran. Alih-alih mencapai tujuan, kamu tidak mendapat hasil yang diinginkan.

Misalnya, toko furniture memasang poster di sekolah, maka tidak akan tetap sasaran. Sebaliknya, toko alat tulis kemungkinan besar akan lebih ramai setelah memasang poster potongan harga di sekolah.

Agar biaya, waktu, dan tenaga pembuatan poster membawa manfaat bagi usahamu, simak penjelasan di bawah ini, supaya kamu bisa tahu ciri-ciri poster yang baik seperti apa.  Tapi, sebelumnya, berkenalan dulu dengan apa itu poster.

Definisi Poster

Pengertian poster
Pengertian dan definisi poster

Poster adalah karya desain grafis berisi gambar dan huruf yang diaplikasikan di selembar kertas. Dengan warna menarik, dilengkapi gambar dan tulisan, poster bertujuan menarik perhatian terhadap informasi di dalamnya.

Dari definisi tersebut, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi oleh poster:

1. Mengandung gambar
2. Mengandung tulisan
3. Memiliki pilihan warna mencolok
4. Memiliki pesan
5. Bersifat mengajak

Poster juga memiliki keunggulan sebagai sarana untuk penyebaran informasi dan promosi. Beberapa di antaranya yaitu:

- Bersifat serbaguna

Kamu bisa menggunakan poster untuk untuk mengenalkan dan mempromosikan produk, memberi pengumuman, menyebarkan informasi, memberi edukasi, dan mengajak mengikuti kegiatan sosial atau event tertentu.

- Berbiaya terjangkau

Poster adalah sarana promosi yang terjangkau. Pengerjaannya juga relatif cepat. Apalagi dengan poster digital, maka proses penyebaran poster menjadi lebih murah dan mudah.

- Efek jangkau luas

Poster biasanya ditempelkan atau ditempatkan di tempat yang strategis, sehingga dapat menarik perhatian publik. Jika kamu menyebarkannya secara digital, daya jangkaunya menjadi lebih luas. Kamu bisa membagikannya lewat media sosial, media pesan, atau toko online. 

Ciri-ciri Poster yang Baik

Ciri-ciri poster yang baik
Ciri-ciri poster yang baik

Pada dasarnya, poster harus memenuhi unsur-unsurnya. Namun, ini saja tidak cukup. Poster harus menarik perhatian dan memiliki kekuatan visual dalam penyajiannya. Sebagian orang memerlukan warna yang kuat untuk menarik perhatian. Tapi, ada poster dengan warna soft yang juga menarik perhatian.

Kamu mungkin bingung menentukan bagaimana cara membuat poster yang benar. Untuk mengetahui caranya, kamu perlu tahu dulu ciri-ciri poster yang baik.

1. Memiliki tujuan yang jelas

Ciri-ciri poster yang baik adalah memiliki topik dan tujuan yang jelas. Karena itu, kamu juga harus menentukan dulu topik sebelum membuat poster. Umumnya, poster memiliki tujuan untuk mengajak. Misalnya, mengajak masyarakat untuk mengunjungi toko, mengajak remaja mengikuti kelas memasak, atau mengajak warga memilih calon di pemilihan ketua RT yang akan datang.  

2. Mengetahui jenis poster yang dipilih

Ada sejumlah jenis poster yang bisa kamu gunakan. Setiap jenis poster memiliki fungsinya masing-masing.  

- Poster niaga: Poster yang dibuat untuk kegiatan perdagangan, misalnya mempromosikan produk, menawarkan barang atau jasa, atau potongan harga.
- Poster kegiatan: Poster yang memberikan informasi akan adanya kegiatan yang akan digelar
- Poster pendidikan: Poster yang dibuat tanpa tujuan komersil dan bertujuan memberikan informasi berupa pengetahuan kepada pembacanya.
- Poster layanan masyarakat: Poster dengan tujuan memberikan informasi terkait pelayanan masyarakat.
- Poster propaganda: Poster yang bertujuan mengobarkan semangat pembacanya.
- Poster kampanye: Poster yang bertujuan mencari simpati untuk seseorang dari publik.
- Poster dicari: Poster untuk mencari mencari seseorang atau sesuatu yang hilang dengan harapan dapat ditemukan, atau poster lowongan kerja mencari karyawan baru.

3. Memuat gambar yang menarik

Umumnya, poster didominasi oleh gambar karena mudah menarik perhatian. Gunakan gambar yang sesuai dengan topik poster. Kamu bisa menggunakan beberapa gambar kecil menarik disertai keterangan penjelasan atau memasukkan gambar yang besar dan terletak di tengah poster.  

4. Memuat bahasa yang singkat, padat, dan jelas

Penggunaan kata-kata di poster haruslah dibatasi, cukup informasi yang penting saja. Karena terbatas, gunakanlah kata yang efektif dan menggugah pembacanya. Selain itu, gunakan kata yang tidak mengandung kekerasan, menyinggung ras atau agama, serta bahasa yang baik dan benar.

5. Memilih warna yang menarik

Pemilihan warna untuk desain poster tidak bisa disepelekan. Kamu bisa memilih warna yang kontras untuk menarik perhatian. Tetapi, komposisi warna keseluruhan tetaplah harus seimbang dan enak dipandang. Upayakan hanya menggunakan maksimal lima warna agar pembaca tetap dapat fokus kepada isi pesan poster.

6. Ada unsur prioritas

Agar pembaca bisa memahami dengan cepat informas yang kamu sampaikan, kamu harus menentukan apa yang mau paling ditonjolkan di poster. Misalnya, kamu menyampaikan pesan untuk tidak membuang sampah di laut, maka kamu perlu menonjolkan gambar hewan laut terjerat sampah. Gambar ini akan lebih menggugah orang yang melihat poster bahkan sebelum membaca pesannya.

7. Membuat desain yang seimbang

Di dalam poster, kamu sudah tahu bahwa ada warna yang kontras, gambar, dan tulisan. Namun, dalam sebuah bidang juga perlu diperhatikan mengenai negative space atau ruang kosong. Ruang kosong ini memberi keseimbangan pada poster agar pembacanya secara cepat bisa menangkap gambar dan tulisan di dalamnya.

8. Memiliki ukuran yang menarik perhatian

Pemilihan ukuran poster akan mempengaruhi daya tariknya. Jika kamu menempatkan poster di dekat poster lainnya, poster kamu tidak akan menarik perhatian dengan cepat. Agar poster bisa menarik perhatian, kamu bisa membuat poster dengan ukuran sedikit lebih besar dibanding yang lain.  Jika dinding terbilang luas dan kosong, kamu bisa membuat poster ukuran biasa dan menempatkan beberapa poster di sisi dinding.

9. Dipasang di tempat strategis yang mudah dilihat

Poster biasanya dipasang di tempat umum yang strategis seperti sekolah, kantor, mall, dan tempat keramaian lainnya. Tempelkan poster di papan khusus pengumuman atau di tempat yang banyak dilewati banyak orang.

10.  Mudah dibagikan

Di zaman digital, salah satu ciri-ciri poster yang baik adalah mudah dibagikan. Kamu bisa menggunakan poster digital, sehingga mudah disimpan di media elektronik seperti ponsel dan komputer, serta mudah untuk dibagikan antar perangkat.

Kesimpulan

Agar poster yang kamu buat menarik perhatian dan mencapai tujuannya, kamu perlu membuat poster yang baik. Ciri-ciri poster yang baik misalnya, memiliki topik yang jelas, memuat bahasa yang sopan dan padat, memuat gambar yang menarik, dan ditempelkan di tempat yang strategis.

Jika kamu belum bisa membuat poster, tidak perlu khawatir. Sekarang, banyak aplikasi di ponsel yang memudahkan kamu membuat poster digital. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan membagikannya kepada calon customer kamu. Selamat mencoba.

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store