Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

10 Cara Promosi Produk yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

Cara promosi produk yang tepat sasaran (Foto:123rf.com)
Cara promosi produk yang tepat sasaran (Foto:123rf.com)

Setiap usaha ingin omzet penjualannya terus bertambah. Untuk itu, kamu perlu cara promosi produk yang baik. Tetapi, bagaimana caranya?

Cara promosi produk yang kamu pilih akan menentukan seberapa efektif promosi yang kamu lakukan untuk mendatangkan pembeli.  Untuk mengetahuinya, kamu perlu tahu dulu apa itu promosi dan apa tujuannya. Ini penting karena akan mempengaruhi cara promosi produk yang kamu pilih.

Promosi yaitu tindakan yang dilakukan perusahaan atau penjual untuk menginformasikan produk agar konsumen membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Ada tiga tujuan promosi, yaitu menginformasikan (to inform), untuk membujuk (to persuade), dan mengingatkan (remind) pembeli akan barang barang atau jasa yang kamu tawarkan, sehingga mendorong pembelian.

Untuk mencari tahu bagaimana cara promosi produk yang baik, baca terus sampai habis ya.

Tips mempersiapkan promosi produk yang baik

Tips mempersiapkan promosi produk
Tips mempersiapkan promosi produk

Sebelum memilih cara promosi produk, kamu perlu mempersiapkan dulu apa yang perlu kamu tawarkan kepada konsumen.  

1. Menentukan target promosi

Cara promosi produk akan ditentukan dari target konsumen kamu. Misalnya, konsumen yang belum mengenal produk kamu tidak akan tertarik dengan promosi produk berupa reward untuk pelanggan. Sebaliknya, pelanggan lama bisa lebih setia menggunakan produk kamu ketika ada program reward untuk mereka.

2. Membuat konsep sesuai tujuan

 Konsep mengenai cara promosi produk juga perlu dipikirkan baik-baik. Tanpa konsep yang jelas, kamu akan memilih cara promosi yang tidak efektif kepada konsumen. Misalnya kamu berniat menginformasikan ada diskon kepada konsumen, maka kamu tidak perlu berbelit-belit menyampaikannya kepada konsumen karena kata diskon sendiri sudah memiliki kekuatan yang cukup besar untuk menarik perhatian konsumen.   

3. Menentukan jangka waktu promosi

Menentukan jangka promosi perlu kamu pertimbangkan masak-masak sebelum memilih cara promosi produk. Jika kamu ingin menginformasikan adanya potongan harga, maka kamu harus mempersiapkan jangka waktu promosi yang tidak terlalu panjang. Tetapi di sisi lain, harus gencar mempromosikan lewat semua media promosi yang memungkinkan.

4. Menentukan jenis promo

Ada banyak jenis promo yang bisa kamu berikan kepada konsumen. Misalnya promo buy 1 get 1, promo berupa diskon, promo cashback, promo ongkos kirim, paket bundling, flash sale, dan masih banyak lagi. Atau kamu bisa juga melakukan promosi sekadar untuk memperkenalkan produk baru.

5. Memilih media promosi

Pertimbangkan cara promosi produk di tiga media promosi ini.

·         Promosi dengan fisik, seperti bertemu langsung dengan konsumen, berbicara langsung lewat telepon atau SMS interaktif.

·         Media konvensional, seperti iklan di media elektronik, iklan di media cetak, membuat flyer, brosur, poster, baliho dengan cara dicetak

·         Media digital, seperti membuat website, mengirim email, lewat media sosial Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter, grup Whatsapp, iklan di e-commerce, serta memasang ads di website dan Youtube.  

6. Menentukan bujet yang disiapkan

Nah, ini yang tidak kalah penting. Bujet yang kamu siapkan akan mempengaruhi cara promosi produk yang bisa kamu lakukan. Jika kamu berbujet terbatas, akan sangat berat jika harus mengeluarkan uang untuk beriklan di televisi atau membuat baliho di pinggir jalan, meskipun konsumen yang dijangkau lebih luas. Tapi, tenang saja, saat ini promosi dengan media digital memungkinkan kamu melakukan promosi dengan bujet terbatas. 

Cara promosi produk yang ampuh

Cara promosi produk yang ampuh
Cara promosi produk yang ampuh

Setelah kamu mempersiapkan promosi, saatnya menentukan cara promosi produk yang kamu lakukan. Berikut sejumlah cara promosi produk

1. Menawarkan diskon

Menawarkan diskon adalah cara promosi produk yang paling sering dilakukan. Diskon adalah penawaran menarik bagi konsumen. Selain itu, kamu bisa memberikan penawaran menarik lainnya, seperti membagikan kupon promo, promo buy 1 get 1, bebas ongkos kirim, atau mengadakan program cashback. Penawaran menarik ini bisa mengundang pembelian konsumen karena merasa membeli di tempat kamu lebih menguntungkan.   

2. Membuat konten yang menarik di media sosial

Konten adalah isi dari promosi kamu. Kamu bisa membuat promosi dengan poster digital, foto, video, atau infografis yang secara langsung menginformasikan tujuan promosi kamu. Tema konten kamu bisa how to, tips, hiburan, konten edukatif yang disisipi oleh produk kamu.

3.  Melakukan flash sale

Flash sale adalah cara promosi produk untuk menginformasikan produk dijual dengan harga lebih murah, tetapi dengan waktu yang cepat. Keterbatasan waktu membuat konsumen khawatir kehilangan peluang membeli harga lebih murah, sehingga mendorong membuat keputusan membeli.

4. Memberikan sample gratis

Memberikan sample produk atau tester adalah cara promosi produk agar konsumen bisa langsung merasakan pengalaman menggunakan produk kamu. Kamu bisa membagi-bagikan secara langsung kepada konsumen atau dibundling dengan produk lama kamu. Kamu juga bekerja sama dengan merchant lain untuk memberikan sample gratis tersebut.

5. Memberikan hadiah atau giveaway

Giveaway mungkin adalah yang paling ditunggu-tunggu konsumen, selain pemberian diskon. Siapa sih yang tidak suka barang gratis? Apalagi jika untuk mendapatkannya juga asik. Misalnya, kamu bisa mengadakan kuis untuk menentukan pemenang giveaway tersebut.

6. Menggandeng influencer

Dengan berkembangnya pengguna media sosial, menggandeng influencer untuk mempromosikan produk kamu bisa kamu pertimbangkan. Influencer memiliki pengikut atau follower di media sosial cukup banyak, sehingga target pasar yang bisa dijangkau lebih luas. Tanyakan dengan jelas kepada influencer tersebut syarat untuk menggunakan jasanya. Banyak influencer cukup berbaik hati dengan hanya memberikan produk sample kepada mereka tanpa meminta bayaran.

7. Gunakan fitur push di toko online atau e-commerce

Jika kamu mencari barang di toko online atau e-commerce, pasti kamu mencari dari paling atas barulah ke belakang atau ke halaman selanjutnya. Nah, agar produk kamu bisa muncul di atas dan menjadi prioritas pencarian, ada fitur push di toko online. Kamu bisa menggunakan fitur ini, tetapi ingat ada biayanya. Cari tahu berapa besaran biaya untuk mendorong produk kamu ke atas (push) di e-commerce tempat kamu menjadi merchant. Jika ada bujet lebih, kamu bisa menggunakannya.  

8. Manfaatkan fitur ads di media sosial

Ketika kamu sedang scrolling media sosial, seringkali muncul di beranda kamu iklan suatu produk. Nah, kamu juga bisa menggunakan cara promosi produk dengan fitur ads ini. Cari tahu juga besaran untuk mendapatkan fitur ini.

9. Memberi reward kepada konsumen

Reward adalah penghargaan yang kamu berikan kepada pelanggan. Cara promosi ini bisa menjaga loyalitas pelanggan. Misalnya, memberikan diskon tambahan untuk pembelian selanjutnya. Promo ini akan mendorong pelanggan membeli kembali di toko kamu di masa mendatang.

8. Ikut serta dalam event

Untuk lebih mudah menggaet pengunjung, kamu bisa ikut event. Saat ini, event tidak hanya digelar offline tetapi juga online. Beberapa event yang bisa kamu ikuti misalnya pameran UMKM Pekan Raya, Festival UMKM, Inacraft. Kamu juga membuka gerai di event lain yang sedang berlangsung misalnya di konser musik, di acara kampus-kampus, atau acara komunitas.

Kesimpulan

Ada banyak cara promosi produk yang bisa kamu lakukan. Berbagai cara ini bisa kamu pilih sesuai bujet dan tujuan promosi kamu. Lakukan promosi secara berkala. Kamu tidak perlu selalu mengorbankan margin penjualan saat memberi promo. Terkadang, promosi juga dilakukan untuk memperkenalkan produk, memberitahu cara kerja, dan mengingatkan konsumen akan produk tersebut. Yang penting lainnya, tetap jaga hubungan baik dengan konsumen agar merasa tetap nyaman berbelanja dari kamu. Selamat mencoba!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store