Cara Membuat Spanduk yang Mudah di HP dan Microsoft Word

Cara membuat spanduk yang mudah di HP dan Microsoft Word (Foto:123rf.com)
Cara membuat spanduk yang mudah di HP dan Microsoft Word (Foto:123rf.com)

Spanduk adalah media promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk kamu kepada khalayak sekitar. Untuk itu, kamu perlu memikirkan masak-masak cara membuat spanduk agar spanduk menarik dan informasi yang ada di dalamnya mudah dipahami oleh orang-orang yang membacanya.  

Untuk membuat spanduk, kamu bisa langsung mendatangi jasa percetakan terdekat. Namun, tidak ada salahnya membuat konsep spanduk sesuai keinginanmu terlebih dahulu. Ini bisa mempercepat proses pembuatan spanduk di jasa percetakan. Serta, kamu mendapatkan spanduk yang benar-benar pas dengan keinginanmu.

Cara membuat spanduk bisa dilakukan dengan sederhana. Kamu bisa membuatnya dulu di Microsoft Word. Jika kamu tidak memiliki laptop atau komputer, kamu juga bisa menggunakan ponsel atau handphone. Saat ini, banyak aplikasi yang menawarkan layanan pembuatan spanduk dengan mudah di handphone. Hasil dari pembuatan spanduk ini nantinya bisa diserahkan kepada jasa percetakan untuk dicetak atau kamu bagikan secara digital.

Sebelum mencari tahu cara membuat spanduk, yuk berkenalan dulu dengan apa itu spanduk dan apa saja fungsinya. Lalu, kamu bisa mempersiapkan beberapa hal dalam mempersiapkan spanduk.

Pengertian Spanduk dan Fungsinya

Pengertian spanduk dan fungsinya
Pengertian spanduk dan fungsinya

Spanduk merupakan media promosi berbentuk kain terbentang persegi. Spanduk merupakan media ikan berisi gambar atau tulisan, atau kombinasi dari keduanya. Baik gambar dan tulisan dicantumkan dengan ringkas, padat, dan jelas. Jangan bertele-tele dalam memberi informasi di spanduk, agar informasi mudah dimengerti oleh orang yang melihatnya.  

Jika kamu membuat spanduk sebagai media pemberi informasi, kamu mungkin belum tahu bahwa spanduk memiliki fungsi lebih banyak dibanding itu. Beberapa fungsis spanduk antara lain:

- Sebagai media informasi dan memperkenalkan uaha
- Sebagai media promosi
- Meningkatkan daya tarik usaha
- Sebagai identitas usaha kamu
- Sebagai dekorasi
- Sebagai petunjuk arah

Persiapan Membuat Spanduk

Sebelum membuat spanduk di Microsoft Word atau aplikasi hp, kamu perlu menyiapkan dulu beberapa hal berikut.

1. Membuat konsep dari spanduk

Membuat konsep spanduk adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Apakah kamu mau membuat spanduk yang berisi tulisan saja atau dikombinasikan dengan gambar. Kamu ingin membuat spanduk komersial atau spanduk pemberitahuan informasi? Semua ini harus kamu pertimbangkan dulu sebelum membuat spanduk.

2. Memilih ukuran spanduk yang sesuai

Kamu perlu menyesuaikan dulu ukuran spanduk dengan tempat usaha milikmu. Jangan sampai, spanduk terlalu besar hingga menutupi tempat usaha. jangan juga terlalu kecil agar dapat dilihat dengan jelas oleh orang yang melewatinya. Semakin besar spanduknya, semakin banyak informasi yang bisa dicantumkan dalam spanduk. Beberapa ukuran spanduk yang biasa digunakan yaitu:
- 2 x 1 meter
- 160 cm x 50 cm
- 3 x 1,5 meter
- 4,5 x 2 meter

3. Memilih perpaduan warna yang menarik

Langkah lainnya adalah memilih perpaduan warna untuk spanduk. Tanpa disadari, warna turut berpengaruh kepada orang yang lewat. Kamu bisa menggunakan warna cerah untuk menarik perhatian. Gunakan antara tiga sampai lima warna. Sesuaikan juga warna latar belakang spanduk dengan warna tulisan di spanduk.

4. Memilih huruf yang mudah dibaca

Memilih jenis huruf juga penting diperhatikan. Pastikan ukuran huruf cukup besar agar terlihat oleh orang yang sedang lewat daerah tersebut. Pilihlah huruf yang sederhana dan mudah dibaca. Masukkan informasi tulisan secara ringkas, padat, dan jelas.

5. Mengumpulkan gambar yang akan digunakan

Seringnya, gambar di spanduk merupakan pelengkap dari informasi tulisan. Namun, kamu tetap perlu mencari gambar yang relevan dengan informasi yang akan disampaikan. Siapkan foto produk dengan resolusi yang tinggi agar bisa dipasang di spanduk.

Cara Membuat spanduk dengan Microsoft Word

Cara membuat spanduk
Cara membuat spanduk

Setelah menyiapkan konsep dan foto, kamu bisa memulai membuat desain spanduk. Berikut langkah membuat spanduk dengan Ms Word:

1. Membuka software Ms. Word

2. Sesuaikan bentuk tampilan kertas di Ms Word

- Pilih layout, pilih “landscape
- Pilih layout, lalu “size” (ukuran), lalu pilih ukuran kertas yaitu lebar (width) 45 cm dan tinggi (height) 15 cm.

3. Membuat template

Pilih Format, lalu “shape” untuk membuat template spanduk. Kamu bisa memilih shape persegi atau garis lengkung untuk membuat desain spanduk. Setiap bentuk yang dibuat dapat diisi dengan warna.

4. Membuat tulisan

Untuk membuat tulisan, kamu bisa memilih Insert, lalu “Word Art”. Kamu bisa memilih bentuk tulisan yang menarik. Untuk spanduk, pilihlah bentuk tulisan yang sederhana agar mudah terbaca.

5. Memasukkan gambar

Untuk memasukkan gambar, kamu bisa memilih menu Insert, lalu “Insert pictures”. Nah, kamu bisa memperkecil dan menyesuaikan posisi gambar di bentangan spanduk. Umumnya, gambar di spanduk bukan yang utama, melainkan tulisan. Karena itu, letakkan gambar di bagian pinggir spanduk agar tidak mengganggu informasi tulisan.

Agar foto tidak bertabrakan dengan tulisan, kamu bisa memilih menu Format, lalu pilih posisi “wrap text”.

Cara Membuat Spanduk dengan HP

Kamu juga bisa membuat spanduk dengan perangkat hp saja. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Canva. Ini adalah Canva adalah salah satu aplikasi membuat poster di HP yang banyak direkomendasikan saat ini. Beberapa kelebihan Canva adalah memiliki template yang banyak, sehingga penggunanya tinggal mengedit informasi yang perlu dimasukkan. Selain itu, Canva memiliki tampilan muka yang lengkap, tetapi masih termasuk mudah dipahami oleh awam.

Cara membuat spanduk di Canva

1. Membuka aplikasi Canva, lalu registrasi terlebih dulu

2. Pilihlah desain atau template untuk spanduk (banner).
Ada beberapa desain banner yang disediakan di Canva. Sesuaikan template dengan informasi yang mau kamu bagikan di spanduk.

3. Pilih ukuran spanduk
Untuk membuat spanduk, kamu perlu mengganti opsi ukuran dari piksel menjadi centimeter. Tujuannya adalah memperbesar resolusi sehingga tidak akan pecah jika diperbesar. Ukuran spanduk terbesar di Canva adalah 201 x 87 cm, yang artinya bisa untuk spanduk ukuran 2 x 1. Namun, gambar dari Canva masih tidak pecah jika kamu perbesar dua kali lagi.

4. Edit template
Selanjutnya kamu bisa mengedit template. Kombinasikan antara tulisan dan gambar di spanduk. Pilih text untuk memasukkan tulisan. Pilih photo jika ingin memasukkan gambar ke spanduk. Atau kamu bisa memasukkan element, sebagai tambahan ikon di spanduk.

5. Sesuaikan warna spanduk
Setelah memasukkan tulisan dan gambar kamu bisa menyesuaikan warna latar, tulisan, dan gambar. Ada warna latar spanduk, kamu bisa memilih warna gradasi maupun warna solid. Jika perlu, pemilihan warna disesuaikan dengan logo perusahaan.

6. Pilih audio jika ingin menyediakan informasi suara
Namun, informasi suara ini tidak akan berfungsi jika kamu ingin membuat hasil cetak dari Canva. Informasi suara atau lagu yang dipilih baru bisa didengarkan jika spanduk dibagikan secara digital.

7. Unduh spanduk dan bagikan
Setelah membuatnya, kamu bisa mengunduh atau download hasil spanduk tersebut format PNG dan JPEG. Kamu bisa membagikan spanduk digital ini lewat kontak dan sosial media yang kamu punya. Jika ingin dicetak, kamu bisa membagikan gambar ini kepada jasa percetakan.

Kesimpulan

Spanduk merupakan media promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk dan jasa yang kamu tawarkan. Agar sesuai dengan keinginan dan usaha, kamu bisa membuat konsep spanduk sendiri terlebih dahulu. Kamu bisa membuatnya di laptop dan ponsel. Setelah memiliki konsep yang sesuai, kamu bisa mengirimkan gambar tersebut kepada jasa percetakan untuk mencetak spandukmu. Kamu juga bisa mengirim spandukmu lewat media digital. 

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store