Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Cara Membuat Poster Digital yang Mudah dan Murah

Cara membuat poster digital (Foto:123rf.com)
Cara membuat poster digital (Foto:123rf.com)

Poster digital kini menjadi media promosi yang diutamakan oleh pelaku usaha. Bagaimana tidak, hampir semua orang Indonesia sudah memiliki ponsel pintar atau smartphone. Ponsel dapat membantu penyebaran poster digital, sehingga dapat menjangkau audiens lebih luas.

Membuat poster digital pun tidak sesulit dulu. Dulu, membuat poster digital diperlukan komputer dan kemampuan membuat poster di Photoshop atau CorelDraw. Saat ini, dengan kemampuan desain setingkat awam, kamu sudah bisa membuat poster yang diinginkan.

Hanya dengan bermodalkan smartphone, kini banyak orang sudah bisa membuat poster digital. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi membuat poster di smartphone yang mudah digunakan. Penyebarannya pun mudah, lewat media sosial yang dimiliki hampir semua pemilik ponsel. Karena itu, penyebaran ponsel digital

Karena itu, poster digital juga bisa digunakan untuk keperluan pemasaran bisnis, misalnya untuk memperkenalkan produk, memberi informasi promo, acara, atau kegiatan lainnya dengan biaya rendah.  

 Mau juga membuat sarana pemasaran yang cakep dan mudah dengan poster digital? Baca terus artikel ini ya supaya kamu tahu cara membuat poster digital yang mudah, bahkan gratis.

Apa itu Poster Digital?

Pengertian poster digital
Pengertian poster digital

Poster adalah karya desain grafis berisi gambar dan tulisan simpel dengan fungsi memberikan informasi. Ciri khas dari poster adalah memiliki visual mencolok sehingga menarik perhatian terhadap informasi yang dicantumkan dalam poster tersebut.

Poster digital juga memiliki fungsi memberikan informasi. Bedanya ada pada media penyimpanan dan penyebaran poster.  Poster digital merupakan poster yang dibuat manual lalu dipindah (scan) atau difoto agar berwujud digital. Bisa juga karya desain grafis yang sudah dibuat di komputer dan disimpan atau disebarkan lewat media digital.  

Tujuan digitalisasi ini adalah mempercepat, mempermudah dan mengurangi biaya pencetakan.  Jika poster cetak mempertimbangkan mengenai ukuran, sedangkan poster digital mempertimbangkan ukuran dan resolusi gambar.

Penyebaran poster digital juga bisa lebih masif, dengan disebarkan langsung lewat media sosial atau antar perangkat elektronik.

Jadi, jika disimpulkan, unsur sebuah poster digital antara lain:

  • Mengandung gambar
  •  Mengandung tulisan
  • Memiliki pilihan warna mencolok
  • Memiliki pesan
  • Bersifat mengajak
  • Berwujud digital 
  • Dapat disimpan dan dibagi hasilnya lewat media sosial, whatsapp, aplikasi lain, dan antar perangkat elektronik.

 

Kegunaan Poster Digital

Poster digital memiliki fungsi seperti poster, yaitu memberikan informasi dengan gambar dan tulisan. Hanya saja media penyimpanan dan penyebarannya lewat digital. Selain itu, poster ini tidak perlu dicetak. Ini membuat membuat dan menyebarkan poster digital berbiaya murah.

Poster digital cocok dipakai oleh pelaku usaha UMKM yang mempunyai bujet promosi pas-pasan. Kamu bisa melihat banyak manfaat poster untuk pelaku usaha kecil dan menengah.

  • Bersifat serbaguna

Poster digital bersifat serbaguna. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai tujuan, mulai dari mengenalkan dan mempromosikan produk kamu, mengedukasi, atau mengajak mengikuti kegiatan sosial atau event tertentu.

  • Terjangkau

Membuat poster digital juga tidak membutuhkan dana besar. Kamu bisa membuatnya dengan cara manual lalu difoto atau dipindai (scan) untuk mendapatkan wujud digital. Kamu juga bisa membuatnya dengan aplikasi pembuatan poster di ponsel yang gratis.

  • Efek jangkau luas

Poster yang dibagikan lewat jalur digital dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki akses perangkat digital. Kamu bisa membagikannya lewat media sosial, media pesan, atau memajangnya di toko online kepunyaanmu.

Cara Membuat Poster Digital

Cara membuat poster digital
Cara membuat poster digital

Dari penjelasan sebelumnya kamu bisa melihat ada sejumlah cara membuat poster digital. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan perlengkapan yang kamu miliki. Jika kamu hanya punya ponsel, kamu bisa membuatnya di ponsel.

Setidaknya, ada tiga cara membuat poster digital:  

1. Dengan cara manual lalu di-scan atau difoto

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat poster: pensil gambar, pulpen, kertas, kuas lukis, cat lukis, krayon atau pensil berwarna.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat poster menjadi digital: smartphone untuk memfoto poster atau scanner untuk memindai poster.

Cara membuat:

- Buat poster dengan cara manual. Kamu bisa menggambar, memberi wana, melukis, sesuai dengan skill yang kamu punya
- Foto poster dan simpan di galeri ponsel
- Atau scan poster dan simpan di galeri komputer atau ponsel
- Bagikan lewat media sosial atau antar alat elektronik

2. Dibuat di komputer

Jika kamu memiliki komputer atau laptop, kamu bisa membuat poster dengan banyak aplikasi. Jika cukup jago mendesain dan punya banyak ide kreatif, kamu bisa menggunakan aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw. Jika kamu menganggap kemampuan desain kamu masih kurang, jangan khawatir, sekarang banyak aplikasi pembuatan poster yang mudah digunakan, sehingga awam pun bisa membuat poster yang keren.

Cara membuat poster dengan aplikasi Photoshop

- Buka aplikasi pembuat desain grafis seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw
- Buat poster sesuai kreativitas kamu
- Simpan lalu bagikan lewat media sosial atau antar alat elektronik

Cara membuat poster dengan aplikasi Canva

- Buka aplikasi pembuat poster seperti Canva
- Cari menu create design, lalu pilihlah poster
- Pilih template poster yang sesuai dengan tujuan poster kamu
- Edit template poster dengan menambahkan background, tulisan, atau stiker
- Download desain poster agar tersimpan di komputer
- Bagikan lewat media sosial atau antar alat elektronik

3. Dibuat di ponsel pintar atau smartphone

- Unduh aplikasi pembuat poster seperti Canva, Desygner, Poster Maker
- Buka aplikasi pembuat poster
- Pilih template poster
- Edit template poster dengan menambahkan background, tulisan, atau stiker
- Simpan lalu bagikan lewat media sosial atau antar alat elektronik

Tips Mendesain Poster Digital

1. Memilih warna

Poster biasanya memiliki warna yang menarik agar mudah dibedakan dan menarik perhatian. Karena itu, kamu mungkin jarang melihat poster berlatar warna putih. Sesuaikan warna poster dengan tema dari acara yang akan kamu buat.

2. Isi poster

Isi poster antara lain gambar atau tulisan yang dibuat secara singkat, padat, dan jelas. Jangan memasukkan semua informasi agar pesan dari poster mudah dipahami. Kamu bisa menempatkan bagian yang bisa menarik perhatian di bagian tengah atau dengan ukuran lebih besar. Misalnya, ketika membuat poster untuk acara pentas seni, kamu bisa menempatkan foto artis yang kamu undang di bagian tengah untuk menarik perhatian.

3. Membuat desain poster

Jangan buat desain poster terlalu ramai. Jangan juga menggunakan huruf yang terlalu kecil. Ini agar masyarakat yang melihat poster tersebut, mudah menangkap isi poster. Kamu juga bisa membuat desain yang minimalis selama informasi yang diberikan juga cukup jelas.

4. Ukuran poster

Ketika membuat poster digital, kamu juga harus mempertimbangkan mengenai ukuran dan resolusi warna. Ukuran poster akan bergantung pada lokasi pemasangannya. Sehingga, kamu harus mempertimbangkan membuat poster vertikal atau horizontal. Kamu juga bisa membuat beberapa versi ukuran poster untuk memudahkan penyebarannya.

Kesimpulan

Demikian cara membuat poster digital. Kamu bisa membuatnya terlebih dahulu secara manual lalu diproses agar menjadi produk digital, atau langsung membuatnya di komputer dan ponsel. Saat ini, membuat poster digital di ponsel dengan aplikasi adalah cara yang cukup mudah. Selain itu, template dan gambar yang disediakan pun cukup banyak sehingga bisa membuat poster kamu tetap menarik meski dengan skill desain yang minim.

Penggunaan poster untuk bisnis juga banyak fungsinya. Poster bisa kamu gunakan untuk promosi produk, jasa, atau event. Karena membuat poster kini bisa lebih mudah dan murah, jangan lewatkan promosi dengan media ini. Selamat mencoba!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store