Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

Cara Membuat Katalog Produk yang Menarik

Cara Membuat Katalog Produk yang Menarik (Foto:123rf.com)
Cara Membuat Katalog Produk yang Menarik (Foto:123rf.com)

Katalog produk memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pemasaran. Kamu bisa dengan mudah memberikan informasi kepada pelanggan tentang barang dan layanan yang diberikan. Cara membuat katalog produk pun terbilang cukup mudah. Kamu pun bisa berkreasi di dalam pembuatannya.

Kreasi dalam katalog dibutuhkan untuk menarik pelanggan supaya mau membeli produk tersebut. Bukan hanya itu, katalog produk pun dapat membantu kamu menjelaskan segala informasi tentang suatu produk.

Katalog produk pun bisa ditempatkan di mana-mana. Kamu yang memiliki toko fisik bisa mencetak katalog produk tersebut untuk diberikan kepada pelanggan yang datang tanpa perlu memberikan barangnya. Di sisi lain, kamu pun bisa membuat katalog digital yang terbilang lebih praktis. Katalog ini bisa kamu unggah di toko online, media sosial, atau sebar melalui email dan pesan singkat.

Isi Dalam Katalog Produk

Isi Dalam Katalog Produk
Isi Dalam Katalog Produk (Foto:123rf.com)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tampilan katalog produk harus menarik. Namun, menarik saja tidak cukup. Kamu pun harus membuat katalog produk cukup informatif untuk calon pelanggan. Ini informasi yang harus dimasukkan ke dalam katalog produk:

1. Foto produk

Bagian ini jadi paling krusial dalam strategi pemasaran. Kamu harus menampilkan foto bagus, jelas, dan mewakili produk tersebut. Pasalnya, kamu tidak bisa menaruh banyak foto produk di dalam katalog. Beberapa katalog malah hanya punya satu foto untuk setiap produknya.

2. Informasi produk

Untuk kamu yang berbisnis barang elektronik, sudah pasti wajib memasukkan spesifikasi dan fiturnya. Jika memasarkan produk retail, cobalah deskripsikan bahan yang digunakan serta ukuran dan dimensi dari produk tersebut. Informasi ini yang akan dicari oleh calon pelanggan sebelum mereka membeli produknya.

3. Harga

Informasi yang tidak kalah penting adalah daftar harga. Kamu harus melampirkan harga untuk setiap produknya. Dari situ, pelanggan akan menilai produk tersebut apa sudah layak beli. Berikan juga informasi yang jelas tentang pajak dan ongkos kirim yang akan ditambahkan dalam harga tersebut.

4. Kontak

Mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi akan menguntungkan untuk kamu nantinya. Bisa saja pelanggan tersebut belum langsung membeli setelah melihat katalognya. Namun, mereka bisa kembali bertanya dengan mudah melalui nomor kontak tersebut. Jangan lupa mencantumkan media sosial yang kamu miliki dalam katalog produk, ya.

Tool untuk Membuat Katalog Produk

Sekarang sudah banyak tools dan aplikasi yang membantu kamu membuat katalog produk. Setiap tool punya kelebihannya masing-masing. Kamu cukup memilih tool atau aplikasi yang dirasa mudah untuk menggunakannya. Berikut beberapa tools dan aplikasi untuk bikin katalog produk:

1. Ms. Word

2. Ms. Excel

3. Adobe Photoshop

4. CorelDraw

5. Canva

6. Quick Sell

7. Brochure Maker

8. Zoho

Sejumlah tool bahkan sudah memberikan template katalog yang menarik. Kamu tinggal mengikuti template yang ada untuk membuat katalog produk bisnismu sendiri.

Baca artikel ini juga: 

Cara Membuat Banner di HP secara Online Tanpa Repot

Cara Membuat Poster di HP dengan Mudah

5 Ide Usaha Modal Kecil dan Tips Mengembangkannya

Cara Membuat Katalog Produk

Cara Membuat Katalog Produk
Cara Membuat Katalog Produk (Foto:123rf.com)

Siapkan waktu khusus untuk membuat katalog produk. Pasalnya, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan sampai katalog produk bisa dipublikasikan. Berikut cara bikin katalog produk yang tepat.

1. Mengumpulkan produk yang dipasarkan

Sebelum membuat katalog, kamu perlu mengumpulkan seluruh produk yang ingin dipasarkan. Kategorikan produk-produk tersebut sesuai dengan preferensi kamu. Kamu bisa mengatur produk berdasarkan harganya atau jenisnya. Apa pun itu, pastikan langkah tersebut membuat kamu mudah.

2. Lakukan foto produk

Lebih baik lagi jika foto yang nanti dimasukkan ke dalam produk adalah foto yang kamu ambil sendiri. Buatlah foto yang baik dengan menampilkan produknya. Tidak perlu menggunakan kamera profesional, kok. Sekarang sudah banyak smartphone yang bisa menghasilkan foto yang cakap.

3. Cari referensi katalog produk

Sebelum mulai membuat, kamu bisa mencari referensi katalog di internet. Referensi tersebut bisa kamu jadikan acuan saat membuat katalog nanti. Cari referensi sebanyak-banyaknya untuk memberikan kamu ide yang kreatif.

4. Memilih tools

Pemilih tool ini juga harus bisa membantu kamu dalam pengerjaan pembuatan katalog. Jika memang kurang mahir menggunakan aplikasi desain profesional, kamu bisa memilih aplikasi Microsoft Word atau Excel, kok. Kamu bisa memanfaatkan template yang diberikan oleh tool tersebut. Malah, banyak yang bisa dibilang sudah sangat bagus.

5. Simpan dalam format PDF

Format PDF akan memudahkan kamu jika harus mencetak katalog produk. Format ini pun mudah dikirim melalui email, aplikasi pesan singkat, maupun media sosial. Namun, pastikan kamu memberikan watermark pada beberapa bagian supaya konten kamu tidak dipakai oleh orang lain.

Itulah cara bikin katalog produk yang mudah. Katalog produk ini harus selalu kamu update dalam tempo tertentu. Pembaruan ini bisa menambahkan atau mengurangi produk, bisa juga mengubah harga jualnya. Perbarui katalog minimal enam bulan sekali. Selamat berbisnis!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store