Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

2 Cara Membuat Kartu Nama di Word yang Mudah

Cara membuat kartu nama di word (Foto:123rf.com)
Cara membuat kartu nama di word (Foto:123rf.com)

Aplikasi Microsoft Word tidak hanya bisa digunakan untuk menulis saja. Aplikasi ini juga cukup ampuh untuk mengerjakan hal lain, seperti membuat kartu nama. Benarkah? Iya benar, bahkan perangkat lunak ini memiliki banyak template, tidak hanya kartu nama, namun juga yang lain seperti template proposal dan dokumen bisnis yang lain. Agar kamu makin pintar, ini cara membuat kartu nama di Word yang perlu kamu ketahui. 

Manfaat Kartu Nama?

Di masa digital ini, perkenalan langsung tetaplah dibutuhkan. Jika kamu seorang pebisnis, bertemu langsung dengan calon konsumen atau mitra kerja sama akan memberikan keleluasaan untuk menjelaskan profil diri, perusahaan, bahkan produk.

Untuk mempermudah pengenalan, kamu bisa menggunakan kartu nama. Di dalam kertas kecil berukuran sekitar 9 cm x 5 cm ini, kamu bisa memasukkan informasi penting mengenai diri kamu.

Jika kamu belum punya, kamu bisa membuat kartu nama sendiri. Tenang saja, pembuatannya terbilang simpel. Kamu bisa membuatnya di Microsoft Word.

Dua cara membuat kartu nama di Word.

- Dengan menggunakan templates

- Dengan membuat kartu nama secara manual

Bagaimana cara membuatnya? Simak terus artikel ini, ya, untuk cara membuat kartu nama di Word yang mudah kamu ikuti.

Cara Membuat Kartu Nama di Word

Cara membuat kartu nama di word yang mudah
Cara membuat kartu nama di word yang mudah

Microsoft Word sudah menyediakan lembar bentang atau templates untuk kartu nama. Ini memudahkan kamu untuk membuat kartu nama karena sudah tersedia dengan ukuran, warna, dan susunan informasi yang perlu diisi. Kamu hanya perlu mengisi informasi yang dibutuhkan. Begini cara membuat kartu nama dengan fasilitas templates di Word:

1. Buka lembaran baru di Word. Klik file, lalu New.

2. Masukkan kata “business cards” atau “name cards” di kolom pencarian. Pastikan komputer atau laptop kamu terkoneksi dengan internet untuk mendapatkan pencarian Word secara online.

3. Word akan menampilkan berbagai pilihan template kartu nama, dengan warna yang menarik.

4. Pertimbangkan kartu nama sesuai dengan profil atau brand perusahaan atau produk.

5. Pilihlah kartu nama, lalu klik Create

6. Isilah kartu nama dengan informasi yang penting dicantumkan, seperti nama, jabatan, perusahaan, alamat perusahaan, nomor kontak yang bisa dihubungi, website, dan email.

Contoh kartu nama dengan templates di Word:

Membuat Kartu Nama di Word Secara Manual

Jika kamu tidak bisa menemukan templates di Microsoft Word, jangan khawatir. Kamu bisa membuat kartu nama dengan cara manual. Caranya pun tidak sulit. Kamu bisa mengikut langkah di bawah ini untuk membuat kartu nama dengan Word secara manual.

1. Buka lembaran baru Word, dengan klik File lalu New

2. Membuat layout kartu nama di halaman Word

Kamu bisa membuat layout kartu nama dengan memasukkan tabel. Caranya: Insert >> Table

Kamu bisa memasukkan tabel 1x1. Hasilnya adalah:

membuat kartu nama manual di word
membuat kartu nama manual di word

 

3. Membuat ukuran kartu nama.

Sebenarnya, tidak ada ukuran kartu nama yang saklek. Hanya saja, ada standar ukuran kartu nama yang digunakan di negara masing-masing. Di Indonesia, standar kartu nama yang digunakan adalah 9 cm x 5,5 cm.

Untuk membuat kartu nama dengan ukuran 9 cm x 5,5 cm caranya:

- klik kanan tabel, lalu pilih table properties

- Masukkan ukuran kolom (column) 9 cm, dan baris (row) 5,5 cm

- Tabel akan menjadi berukuran 9 cm x 5,5 c

Cara membuat kartu nama di Word manual
Cara membuat kartu nama di Word manual
 

4. Informasi di kartu nama

Berikut informasi yang harus dicantumkan dalam kartu nama:

Nama perusahaan dan logo

Nama perusahaan dan logo harus dicantumkan di bagian paling atas. Masukkan nama bisnis atau perusahaan kamu dengan huruf cukup besar di tengah tabel. Semisal dengan ukuran huruf 21, dan dicetak tebal (bold).

Nama lengkap dan jabatan

Nama lengkap dan jabatan sangat penting dicantumkan dalam kartu nama. Kamu bisa meletakkannya di barisan awal setelah nama perusahaan. Kamu bisa mencetak nama kamu dengan tebal.

Informasi kontak

Sertakan juga nomor kontak yang bisa dihubungi di kartu nama, semisal nomor telepon kantor dan email. Kamu juga mencantumkan nomor handphone pribadi, jika tidak keberatan. Sedikit tips untuk email, sebaiknya kamu membuat email resmi perusahaan yang namanya sama dengan website perusahaan. Email resmi perusahaan akan memberikan kesan lebih formal.

Website

Jangan lupa mencantumkan juga website perusahaan. Kepemilikan website juga membuat kesan perusahaan lebih formal.

Media sosial

Media sosial menjadi salah satu media untuk promosi yang efektif. Bahkan, banyak orang menghubungi pihak lain atau perusahaan lain lewat pesan langsung (direct message) dan kolom komentar pihak perusahaan. Media sosial juga bisa menjadi wadah memperkenalkan produk dan event bisnis.

Setelah membuat tabel kartu nama, kamu bisa menyalin tabel ini ke seluruh lembaran kertas agar lebih mudah dicetak. Kamu juga bisa memberikannya ke bagian percetakan untuk dicetak beberapa kali sesuai keinginanmu.

Contoh kartu nama dengan Word:

5. Memilih Warna Kartu Nama

Langkah selanjutnya dalam membuat kartu nama di Word adalah memilih warna. Meski terkesan mudah, memilih warna susah-susah gampang. Pemilihan warna kartu nama pun harus disesuaikan dengan citra yang mau kamu bangun. Ini akan memudahkan kamu membangun kesan kepada seseorang mengenai perusahaanmu.

Biasanya, kartu nama memiliki warna yang umum dan lembut. Misalnya putih, abu-abu, hitam, atau biru dan hijau yang lembut. Logo perusahaan biasanya sudah mencerminkan warna perusahaanmu, sehingga warna dasar kartu tidaklah perlu terlalu mencolok.

Tetapi, kamu juga bisa membuat warna kartu nama menjadi lebih ceria atau menarik perhatian. Misalnya, dengan memilih warna terang, atau dengan tema lingkungan, atau warna yang lebih kasual. Ini pun membantu seseorang membangun kesan terhadap kamu dan perusahaan, serta lebih mudah diingat.

Dalam memilih warna kartu nama, kamu bisa membuatnya berdasarkan:

- Teori warna: Bagaimana mengkombinasikan warna agar sesuai satu sama lain di atas kartu nama

- Teori psikologi: Bagaimana warna mencerminkan perusahaan dan memberikan kesan yang sesuai kepada penerima kartu nama. 

Membuat Kartu Nama dengan Aplikasi Buku Mitra

Jika membuat kartu nama dengan Word masih cukup sulit, ada acara yang lebih mudah yaitu lewat Aplikasi Buku Mitra dari Bukalapak.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu komputer untuk membuat kartu nama. Cukup dengan ponsel. Kamu juga tidak perlu membuat ukuran manual sesuai kartu nama standar Indonesia karena sudah disesuaikan dengan ukuran 9 x 5,5 cm.

Kamu juga tidak perlu menyusun susunan informasi di dalam kartu nama karena Aplikasi Buku Mitra sudah menyusunkan tempatnya. Kamu hanya perlu mengisi informasi:

- Nama usaha

- Nama kamu

- Alamat tempat usaha

- Telepon yang dapat dihubungi

- Media sosial, jika ada

- serta jenis barang yang dijual

Jika sudah membuatnya, kamu bisa menyimpan gambar ini dengan cara mengunduhnya (download) lalu menyimpannya di ponsel. Kamu juga bisa membagikannya secara digital atau mencetaknya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Membuat kartu nama di Word bukanlah hal sulit. Kamu bisa memperlebar bisnis kamu dengan bantuan kartu nama.  Bahkan, kartu nama memiliki banyak fungsi yang lain seperti mempermudah perkenalan diri, bertukar informasi, dan memperluas networking.

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan Microsoft Word. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa memiliki kartu nama. Kamu bisa membuatnya dengan mudah dengan Aplikasi Buku Mitra dari Bukalapak. Kamu juga mudah membagikannya kepada calon pelanggan atau mitra kerja sama. Dengan begitu, kamu bisa memperluas bisnis lebih gesit. Selamat mencoba!

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store