7 Contoh Banner Warung Makan Kekinian yang Pas untuk Usaha Kamu

Contoh banner warung makan kekinian yang menarik (Foto:123rf.com)
Contoh banner warung makan kekinian yang menarik (Foto:123rf.com)

Punya warung makan kekinian yang viral mungkin menjadi salah satu impian kamu. Bagaimana tidak, kamu sudah memikirkan baik-baik konsep makanan yang belum pernah ada dengan rasa yang berani diadu. Kamu juga mungkin sudah memilih lokasi dengan sebaik-baiknya agar mudah diakses pengunjung. Namun, untuk menarik pengunjung, kamu perlu mempertimbangkah satu hal lagi yaitu promosi. Tanpa promosi, orang-orang akan sulit mengenal warung makan kekinian milikmu.

Ada banyak media promosi. Kamu bisa mulai mencobanya dengan membuat banner untuk warung makan kekinian milikmu. Dengan menempatkan banner di depan warung, kamu bisa menarik perhatian orang yang sedang lewat. Banner juga menjadi penanda bagi konsumen yang memang sengaja datang ke warung milikmu.

Banner adalah salah satu media promosi dengan biaya pembuatan terjangkau. Apa sih banner dan apa fungsinya untuk warung makan kekinian milikmu? Simak tulisan ini sampai akhir. Kamu juga bisa mendapat inspirasi contoh banner warung makan kekinian milikmu.

Apa itu banner?

Pengertian banner
Pengertian banner

Banner adalah media promosi cetak yang berbentuk memanjang ke bawah. Isi dari banner adalah informasi singkat berupa tulisan dan gambar dengan tujuan memperkenalkan atau menawarkan produk tertentu.

Banner biasanya dipakai pada etalase toko, etalase warung, pameran, dan juga ruang penjualan. Banner biasanya diletakkan di muka warung agar orang tertarik melihatnya. Dengan begitu, orang ingin lebih tahu mengenai makanan yang ditawarkan dan tertarik menyambangi warung milikmu.

Dulu, banner hanya terbuat dari kain yang dibentangkan ke bawah. Tapi kini, bahan baku banner sudah beragam antara lain dari sejenis bahan plastik yang berdaya tahan baik jika diletakkan di luar warung.

Jenis banner dan ukurannya

Beberapa jenis banner yang sering kamu temu antara lain:

- X-banner

X-banner adalah banner dengan kerangka berbentuk X di belakangnya. Ukuran standar X-banner yaitu: 25 x 40 cm, 60 x 120 cm, 60 x 160 cm, dan 80 x 180 cm. Tetapi, ukuran yang paling sering digunakan yaitu 60 x 160 cm. Kelebihan X-banner adalah bahan sangat ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Kekurangan banner ini adalah karena bobotnya ringan dan bisa jatuh karena tertiup angin kencang.

- Y- banner

Y-banner juga bisa menjadi salah satu banner untuk warung kekinian milikmu. Banner ini disebut Y-banner karena rangkanya berbentuk huruf Y. Seperti X-banner, Y-banner juga menjadi media promosi yang praktis karena ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Banner ini lebih cocok digunakan untuk warung makan atau booth makanan kekinian di dalam ruangan.

- Roll banner

Roll banner memiliki kerangka lebih kuat dibanding X-banner dan Y-banner. Kelebihan banner ini yaitu bisa digulung setelah selesai digunakan. Dengan begitu, pemakaiannya lebih praktis dan lebih awet pakai. Ukuran untuk roll banner yang sering digunakan yaitu 60 x 160 cm, 80 x 200 cm, 85 x 200 cm, 120 x 200 cm, dan 150 x 200 cm.

Fungsi banner untuk warung makan kekinian

Meskipun makanan yang disajikan warung kamu lezat, tanpa promosi, warung kamu jadi tidak mendapat perhatian konsumen sebesar seharusnya. Beberapa fungsi banner yang bisa membantu warung makan kekinian kamu dikenal yaitu:

- Sebagai media informasi
Banner merupakan media informasi yang efektif karena memuat tulisan dan gambar yang mudah dimengerti oleh orang yang melihatnya.

- Sebagai media promosi
Banner merupakan media promosi yang efektif karena memuat informasi yang padat dan jelas, serta ditempatkan di lokasi strategis sehingga mudah dilihat oleh banyak orang.

- Sebagai identitas
Banner juga menjadi identitas warung makan kekinian milikmu. Dengan begitu, pengunjung lebih mudah mengunjungi warung milikmu.

Contoh banner warung makan kekinian

1. Banner warung makan premium

Contoh banner makanan (Foto: Pinterest)
Contoh banner makanan (Foto: Pinterest)

Warna hitam sebagai latar banner bisa membawa kesan premium. Warna ini cocok ketika kamu ingin menonjolkan gambar. Dengan begitu, menu yang kamu tawarkan terlihat lebih menggugah selera. Batasi informasi menu lain yang ingin dicantumkan juga. Kamu bisa menambahkan tiga sampai empat menu lainnya, dilengkapi dengan gambar yang menarik.   

2. Banner warung makan dengan menu makanan

Contoh banner makanan dengan menu (Foto: Pinterest)
Contoh banner makanan dengan menu (Foto: Pinterest)

Warung makan kekinian juga cocok menggunakan banner yang menampilkan juga menu makan dan harganya. Mengingat, banyak orang belum tahu menu makanan yang kamu tawarkan. Banner seperti ini cukup disukai pengunjung karena memberikan informasi yang cukup lengkap.

Kamu bisa menempatkan menu andalan warung kamu untuk gambar utamanya. Sedangkan gambar menu lainnya ditempatkan dengan porsi yang sama di bawahnya. Tetapi ingat, beri informasi secara ringkas dan jangan terlalu penuh, agar pengunjung mudah membacanya.

3. Banner promosi

Contoh banner promosi (Foto:Pinterest)
Contoh banner promosi (Foto:Pinterest)

Untuk menu makanan kekinian yang belum banyak dikenal orang, kamu bisa membuat banner dengan informasi promosi. Adanya promosi bisa menarik perhatian lebih cepat. Letakkan informasi promosi ini di bagian atas gambar banner dan dengan warna berbeda agar mudah menarik perhatian. Beberapa promosi yang bisa kamu cantumkan adalah Buy 1 Get 1, promosi Sale, Diskon 50%, dsb.

4. Banner dengan warna cerah

Contoh banner dengan warna cerah
Contoh banner dengan warna cerah (Foto: Pinterest)

Banner dengan warna cerah bisa menarik perhatian banyak orang dengan cepat. Warna cerah juga menggambarkan vibe yang dinamis, fresh, dan gesit. Banner warna cerah ini cocok juga dipakai untuk warung makan kekinian yang biasanya menampilkan menu baru yang belum banyak dikenal orang atau suasana tempat makan yang menyenangkan.

5. Banner dengan dominasi gambar menu andalan

Contoh banner dengan menu andalan
Contoh banner dengan menu andalan (Foto:Pinterest)

Gambar adalah salah satu informasi dalam banner yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Tidak salah kalau kamu ingin menampilkan gambar makanan cukup besar, atau hampir memenuhi semua ruang di banner. Kelebihan banner seperti ini adalah memudahkan orang yang melihatnya memutuskan pembelian. Misalnya kamu menampilkan menu hamburger, maka pengunjung yang ingin menu ini kemungkinan besar menyambangi warung makan kamu karena informasi di banner.  

6. Banner warung makan kekinian simple

Contoh banner warung makan kekinian (Foto: Pinterest)
Contoh banner warung makan kekinian (Foto: Pinterest)

Banner warung makan kekinian juga bisa dibuat simple dan sederhana. Kamu bisa mencantumkan nama warung kamu, menu dan harga secara ringkas. Namun, pembuatan banner ini bisa kamu gunakan jika menu makanan yang ditawarkan cukup dikenal banyak orang. Jika kamu menyuguhkan menu masakan yang kurang dikenal masyarakat, sebaiknya jangan dulu menggunakan banner dengan informasi yang terlalu sedikit.

7. Dua banner sekaligus

Contoh banner
Contoh banner (Foto:Pinterest)

Untuk mencari perhatian pasar lebih kuat, kamu bisa membuat dua banner sekaligus. Banner pertama lebih didominasi gambar makanan dan nama warung makan kamu. Pada banner kedua, kamu bisa memberikan informasi lebih lengkap seperti menu makanan dan harga makanannya. Letakkan dua banner ini secara berdekatan untuk menarik perhatian banyak orang.

Banner digital untuk warung kekinian

Banner umumnya dicetak dan diletakkan di depan warung atau toko kamu. Tapi, di era teknologi, kamu juga bisa membuat banner di media digital. Banner digital adalah banner yang kamu simpan di media elektronik dan dapat dibagikan ke berbagai perangkat lainnya lewat media sosial atau peralatan antar-perangkat. Namun, banner digital tak bisa menggantikan banner cetak yang kamu tempatkan langsung di depan warung kamu. Banner digital berfungsi sebagai pelengkap media promosi kamu agar menjangkau masyarakat lebih luas.

Kesimpulan

Banner merupakan salah satu media promosi yang efektif untuk memperkenalkan warung makan kekinian milikmu. Apalagi jika warung makan milikmu menyuguhkan menu masakan yang masih belum banyak dikenal orang. Maka, promosi adalah wajib kamu lakukan untuk mengembangkan usaha.

Kelebihan banner dalam promosi adalah efektif memberi informasi kepada banyak orang. Selain itu, biaya pembuatannya terjangkau, serta praktis dibawa ke mana-mana. Biasanya, warung makan kekinian juga ikut berpartisipasi dalam berbagai event untuk memperkenalkan diri. Nah, banner yang bobotnya ringan dan mudah dibawa ke mana-mana, menjadi media promosi yang tepat.

Ada banyak jenis banner yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Kamu bisa melihat sejumlah contoh banner yang cocok untuk warung kekinian milikmu. Selamat mencoba

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store