Download sekarang
  • Media promosi

  • Pembukuan usaha

  • Info bisnis

  • Buku hutang

6 Aplikasi Buat Poster di HP yang Gampang Digunakan

Aplikasi buat poster yang mudah digunakan (Foto:123rf.com)
Aplikasi buat poster yang mudah digunakan (Foto:123rf.com)

Media promosi berbentuk poster kini bisa dibuat oleh siapa saja. Sekarang, sudah banyak aplikasi membuat poster di hp yang mudah digunakan, dan juga gratis.  

Dulu, pembuatan poster hanya bisa dilakukan orang-orang tertentu saja dengan keahlian Photoshop atau CorelDraw yang mumpuni. Biaya pembuatan poster pun cukup mahal, karena menggunakan kertas khusus poster dan dicetak dengan tinta berwarna. Eksposure poster offline juga terbatas, tergantung di mana poster ditempelkan. Semakin banyak poster dicetak dan ditempel, semakin besar biaya promosi yang harus dikeluarkan pemilik usaha.

Untunglah, kini teknologi memudahkan berbagi informasi, termasuk poster promosi. Bukan hanya itu, membuat poster pun makin mudah. Kamu bisa membuat poster di smartphone dengan cara mengunduh aplikasi membuat poster.

Aplikasi ini umumnya sudah menyediakan template, jenis tulisan, dan fitur kemudahan membagikan poster ke sosial media. Kamu tidak perlu skill edit mumpuni untuk membuat poster. Kerennya lagi, banyak aplikasi ini yang mengizinkan kamu membuat poster dengan gratis.

Contoh aplikasi buat poster

Aplikasi pembuat poster
Aplikasi pembuat poster

Aplikasi membuat poster ini harus menjadi salah satu andalan kamu dalam memasarkan produk. Apalagi, jika kamu punya bujet promosi yang pas-pasan. Kalau kamu memerlukan fitur yang lebih canggih, kamu bisa mengupgrade ke fasilitas premium atau berbayar.

1. Canva

Canva
Canva

Canva adalah salah satu aplikasi membuat poster di hape yang banyak direkomendasikan saat ini. Bahkan, tugas sekolah saat ini banyak membutuhkan Canva, sehingga aplikasi ini terbukti cukup friendly digunakan oleh pelajar sekalipun. Canva menjadi populer karena tidak hanya bisa digunakan di web, tetapi juga ponsel Android. Sudah lebih dari 100 juta pengguna mengunduh aplikasi Canva di Android.  

Beberapa kelebihan Canva adalah memiliki template yang banyak, sehingga penggunanya tinggal mengedit informasi yang perlu dimasukkan. Selain itu, Canva memiliki tampilan muka yang lengkap, tetapi masih termasuk mudah dipahami oleh awam sekalipun.

Di Canva, kamu bukan hanya bisa membuat poster, tetapi juga mengedit foto, mengedit background, mengedit video, membuat logo, membuat dokumen PDF, dan banyak lagi yang menguntungkan bagi pebisnis kecil. Yang tidak kalah penting, hasil editan poster dari Canva bisa diunduh dan dibagikan dalam berbagai jenis format.

Jika kamu membutuhkan fitur lebih banyak, kamu bisa mengupgrade ke Canva Pro. Di layanan premium tersebut, kamu bisa berbagi dengan rekan profesimu, mengedit dengan layanan premium, bahkan menyediakan jadwal memposting konten agar lebih mudah menggaet audiens.

Cara membuat poster di Canva:

- Membuka aplikasi Canva. Jangan lupa untuk registrasi dulu
- Memilih desain poster
- Mencari template untuk poster. Sesuaikan template dengan event di poster kamu, semisal poster konser musik, event festival, dan sebagainya
- Edit template yang kau pilih. Kamu bisa mengedit background dan mengisi poster dengan tulisan
- Unduh poster. Kamu bisa membagikan poster ini lewat kontak dan sosial media yang kamu punya.

2. Flyers, Poster Maker, Design (dari Apps You Love)

Aplikasi Flyers, Poster Maker, Design ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Memiliki bobot hanya sekitar 17 MB, aplikasi ini mendapat bintang senilai 4,8. Aplikasi ini memudahkan kamu membuat poster, flyer, dan banner.

Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan dalam membuat poster dan flyer:

- Memilih template desain. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 5.000 template.
- Mengedit template desain sesuai dengan keinginanmu
- Mengedit background dan menambahkan sticker
- Memotong gambar dalam berbagai bentuk
- Menyediakan berbagai bentuk tulisan
- Kamu bisa membuat layer baru di atas tampilan sebelumnya
- Undo dan Redo
- Autosave
- Simpan gambar atau bagikan di sosial media

3. Desygner

Desygner
Desygner

Desygner juga merupakan aplikasi membuat poster gratis yang sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna. Bukan hanya poster, Desygner merupakan aplikasi yang bis membantu kamu dalam membuat konten visual. Kamu bisa memulainya dari tampilan kosong dan mengkreasikan ide kamu, atau memilih ribuan template yang disediakan, sehingga kamu mudah mengeditnya.

Beberapa template yang disediakan Desygner antara lain untuk tampilan di media sosial, presentasi, dan materi marketing, seperti flyer, poster, kartu nama, menu, daftar harga, udangan.

Cara membuat poster di Desygner:

- Membuat poster dengan memilih template poster gratis. Pilihlah yang sesuai dengan pesan yang akan kamu sampaikan.
- Masukkan kata-kata atau pesan di atas template
- Kamu juga bisa mengubah warna tulisan untuk lebih menarik perhatian
- Masukkan foto atau gambar untuk memperkuat pesan dari poster. Kamu juga bisa menggunakan gambar yang kamu pilih sebagai background dari poster.
- Kamu juga bisa memilih icon untuk menambah seru postermu
- Unduh poster yang kamu buat, upload di sosial media, atau bagikan langsung kepada kontak terdekatmu.

Jika kamu membutuhkan fasilitas lebih, kamu juga bisa meningkatkan layanan ke Desygner Pro+ yang memungkinkan kamu atau perusahaan mengakses konten dan fitur premium. Desygner memastikan, semua template dan fasilitas konten yang disediakan memiliki kualitas baik serta bebas dari pelanggaran copyright. Jadi, kamu bisa dengan leluasa mengunduh hasil poster yang kamu buat, mencetak, serta membagikannya ke banyak orang.

4. Poster Maker (dari Photo Cool Apps)

Poster maker
Poster maker

Aplikasi pembuat poster di hp ini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Aplikasi ini memiliki rating cukup bagus, hingga 4,8. Poster Maker akan membantu kamu membuat poster promosi, iklan, pengumuman, hingga mengedit foto kegiatan bisnismu menjadi lebih cakep.

Kamu bisa mengedit background, tekstur, efek, dan menambahkan stiker untuk menarik perhatian. Cara membuat poster di Poster Maker yaitu:

- Pilih background untuk keperluan postermu. Kamu bisa memilihnya dari koleksi Photo Maker, atau memilih latar belakang warna saja, atau memasukkan foto dari galeri hp untuk dijadikan background.

- Tambahkan tulisan dengan berbagai bentuk pilihan desain tulisan
- Tambahkan stiker yang menarik
- Kamu bisa menambahkan lagi gambar dari galeri kamu untuk memperkaya gambar
- Simpan di ponsel atau bagikan ke sosial media yang kamu punya

5. Poster Maker, Flyer Maker (dari Photo Studio & Picture Editor Lab)

Aplikasi Poster Maker, Flyer Maker baru diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Tetapi, aplikasi membuat poster ini memiliki rating hingga 4,8 di antara pengguna Android. Aplikasi ini dinilai menarik karena mudah digunakan saat membuat poster atau leaflet. Selain itu, memiliki banyak stiker yang menarik dan fitur grafis yang lengkap.

Poster Maker, Flyer Maker juga menyediakan lebih dari 5.000 template yang bisa kamu pilih. Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat poster untuk berbagai keperluan, mulai dari poster di sosial media, poster untuk periklanan (advertising), hingga poster untuk event festival. Aplikasi Poster Maker, Flyer Maker menjanjikan kamu tidak perlu skill mumpuni dalam desain dan hasil yang ditampilkan tanpa watermark aplikasi.

Cara membuat posternya pun mudah:

- Buka aplikasi Poster Maker
- Pilihlah template yang sesuai dengan keinginan
- Sesuaikan template dengan desain yang kamu inginkan
- Gunakan elemen desain poster untuk merealisasikan kreativitasmu
- simpan, bagikan, atau diedit ulang

6. Aplikasi membuat poster dari BukuMitra (dari Bukalapak)

Aplikasi Bukumitra
Aplikasi Bukumitra

Aplikasi lainnya yang bisa kamu pertimbangkan dalam membuat poster usaha adalah Buku Mitra dari Bukalapak. Buku Mitra bukan cuma membantu pebisnis kecil menengah membuat pembukuan usaha, tetapi juga menyediakan media promosi. Salah satu media promosi yang ditawarkan adalah membuat poster dari Buku Mitra.

Ada berbagai poster yang bisa kamu buat dengan mudah karena Buku Mitra sudah menyediakan templatenya. Ada berbagai template yang bisa kamu pilih sesuai jenis usahamu. Misalnya, ada template poster agen PPOB bagi kamu yang menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik, PDAM, atau cicilan lainnya.

Cara membuat poster di Buku Mitra:

- Pilih salah satu template. Misalnya, memilih poster untuk layanan antar gas, galon, dan lainnya
- Simpan gambar dengan memilih menu download gambar
- Edit gambar, dengan cara memasukkan teks
- Kamu juga bisa menambah stiker dari ponselmu untuk membuat tampilan poster lebih menarik
- Simpan gambar dan bagikan kepada konsumen sekitarmu.

Kesimpulan

Membuat poster digital saat ini lebih gampang. Kamu bisa membuatnya dengan aplikasi membuat poster yang sudah banyak tersedia. Jangan khawatir tidak memiliki kemampuan desain yang mumpuni karena aplikasi ini sudah menyediakan ribuan template yang memudahkan kamu membuat poster.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur lain yang dapat membuat tampilan poster lebih menarik lagi. Dan yang paling penting, aplikasi ini juga memudahkan kamu menyimpan poster yang sudah dibuat atau membagikannya ke media sosial.

Yuk, mudahkan pembukuan usahamu dengan BukuMitra!

Download di Google Play Store